Ini Dia Manfaat Daun Selada Yang Mungkin Belum Anda Ketahui!

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun selada ternyata tak hanya sebatas sebagai lalapan yang lezat untuk di santap. Di luar itu masih banyak khasiat selada yang baik untuk kesehatan, yang mungkin sebelumnya belum anda ketahui. Untuk mengetahui informasi lengkap seputar nutrisi dan khasiat daun selada, maka jangan sampai anda lewatkan untuk menyimak informasi  berikut ini.


Daun selada adalah salah satu jenis sayuran yang sering kali di jadikan sebagai sayuran pendamping makanan berat, lalapan hingga hanya di jadikan sebagai hiasan untuk makanan. Namun, selain anda sering melihat atau menyantapnya, apakah anda juga sudah mengenal berbagai khasiat yang terdapat di dalamnya? Ya, sayuran segar ini ternyata menawarkan berbagai nutrisi penting di dalamnya lho.

Kandungan nutrisi daun selada

Daun selada di ketahui merupakan sumber vitamin A dan vitamin K yang sangat tinggi. Bahkan secangkir daun selada  mampu memenuhi 82% kebutuhan vitamin A harian serta 60% kebutuhan vitamin K harian anda. Adapun selain dari pada itu, selada juga mengandung berbagai senyawa nutrisi lainnya seperti vitamin C, vitamin B6, lutein, zat besi, kalium, kalsium, folat, alkaloid, kolin, betakaroten dan juga serat.

Meski sarat akan berbagai nutisi namun anda juga tak perlu khawatir dengan kandugan lemak dan kalori yang terdapat di dalamnya. Bahkan dalam secangkir selada hanya terkandung delapan kalori dan nol lemak. Sehingga, dengan mengonsumsi selada dapat membuat anda kenyang lebih lama tanpa harus takut gemuk.

Berbagai khasiat dan manfaat daun selada bagi kesehatan


Semua sayuran pastinya memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan anda, terutama pada selada. Untuk itu, jangan sampai anda melewatkan berbagai manfaat dari daun selada berikut ini.

1. meningkatkan kekebalan tubuh

Berbagai kandungan vitamin yang terdapat di dalam daun selada memiliki fungsi untuk menjaga sel-sel imun dalam melawan virus dan juga bakteri penyebab penyakit. Adapun kandungan vitam,in A yang terkandung di dalam daun selada di ketahui  mampu meredakan infeksi, peradangan hingga keruksakan sel.  Maka dari pada itu, dengan mengonsumsi daun selada secara rutin, maka dapat mencegah berbagaipenyakit umum yang di sebabakan oleh virus dan diare seperti halnya influenza dan juga diare.

2. Menyehatkan jantung

Seperti pada ulasan sebelumnya bahwa daun selada mengandung folat yang cukup tinggi. Di dalam tubuh folat memiliki fungsi untuk untuk mengololah asam amino yang bernama homosistein dalam darah. Adapun jika kadar himostein dalam darah terlalu tinggi maka dapat beresiko menimbulkan masalah pada jantung hingga pembuluh darah. Adapun berbagai kondisi tersebut dapat meningkatkan resiko kesehatan seperti stroke, penyakit jantung koroner.

Selain dari pada itu kandungan vitamin A dan C, yang mana keduanya berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh untuk melawan radikal bebas dan sel-sel jahat yang dapat berujung pada penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan mata

Mungkin anda tak asing  mendengar vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Hal tersebut juga berlaku dengan vitamin A yang terkandung dalam daun selada. Kekurangan vitamin A sendiri dapat meningkatkan resiko glaukoma, katarak hingga proses penurunan daya penglihatan akibat proses penuaan. Untuk itu, ulai sekarang jangan sampai anda lewatkan untuk mengonsumsi sayuran selada untuk menyehatkan mata anda meski usia terus bertambah.

4. Mencegah pengeroposan tulang

Jika anda ingin memiliki tulang yang kuat dan terhindar dari masalah pengoposan tulang sejak dini, sebaiknya anda mulai sekarang rajin mengonsumsi sayuran hijau yang satu ini. Selada sendiri di ketahui mengandung vitamin K dan juga kalsium yang cukup tinggi di dalamnya

5. Mencegah terjadinya komplikasi kehamilan

Tak ketinggalan, manfaat daun selada untuk ibu hamil juga perlu untuk di pertimbangkan. Pasalnya, sebagaimana yang telah di sebutkan sebelumnya, bahwa daun selada sendiri merupakan sumber folat yang cukup tinggi. Senyawa folat sendiri mampu menekan resiko terjadinya kecacatan pada janin. Selada juga kaya akan vitamin K yang mampu mencegah pendarahan setelah persalinan. Hal tersebut lantaran vitamin K sendiri mempentuk darah sang ibu dan janin tidak terlalu encer.

6. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Seseorang yang mengalami kekurangan nutrisi vitamin A di ketahui dapat membuat warna kulit menjadi tidak rata atau belang. Sedangkan, kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan seseorang memiliki kulit yang cepat kendur, keriput dan juga kusam. Namun dengan mengonsumsi daun selada yang di ketahui kaya akan vitamin A dan C, dapat membantu merawat kulit anda menjadi lebih sehat, kencang serta lembut. Kandungan yang tinggi dalam daun selada juga mampu menjaga kelembaban kulit anda secara alami sehingga tidak kering bahkan bersisik.

7. Menjaga tingkat kesuburan

Vitamin C yang trdapat di dalam daun selada juga di ketahui dapat memberikan kesuburan baik bagi sistem reproduki pria maupun wanita. Bahkan lebih dari itu, lalapan ini juga bisa pula menjaga kesuburan tersebut. Maka dengan begitu, dengan mengonsumsi dauan selada secara teratur mampu menjaga sistem reprduksi anda secara optimal.

8. Mengatasi hipotensi

Bagi anda yang kini tengah mengalami kekurangan darah, daun selada bisa menjadi salah satu alternatifnya. Hal tersebut terbukti karena kandungan zat besi yang di milikinya cukup tinggi seperti halnya yang di temui dalam sayur bayam. Sehingga hal ini dapat di jadikan penambah darah, bagi orang yang memiliki masalah pada kekurangan darah yang di akibatkan oleh rendahnya zat besi yang di konsumsi.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat daun selada lainnya bagi kesehatan. Diantaranya dapat Membantu masa pertumbuhan, mengobati anemia, menetralkan racun di dalam tubuh, mengobati diabetes, menormalkan gula darah, menangkal radikal bebas, memulihkan otot dan syaraf, menurunkan kolesterol, mencegah rambut rontok, menyehatkan fungsi hati hingga mencegah kanker.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 03 Oktober 2017 14:21:15

Related Post :
Ibu Hamil
Tips Berpuasa saat Hamil…

Tentunya menjalankan puasa saat…

Tips
Cara Menghilangkan Gatal Di…

Cara menghilangkan gatal di…

Daun
Manfaat Daun Ungu Untuk…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi…

Makanan yang baik dikonsumsi…

Manfaat
Ini Manfaat Spirulina Untuk…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Ibu Hamil
Waspadai Bahaya Batuk Pada…

Waspadai berbagai resiko dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Hanjuang Bagi Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Adas Dan Buahnya Bagi Kesehatan Tubuh

Informasi lengkap seputar khasiat manfaat…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Wortel Untuk Kesehatan

Kegunaan dan manfaat daun wortel…

Kirim Pertanyaan
Top