Kenali ! Ini Penyebab Nyeri Lutut Pada Usia Muda

Share dan Tag Temanmu di :

Nyeri lutut adalah salah satu keluhan yang paling umum terjadi. Bahkan tidak hanya di alami oleh orang yang sudah tua atau lansia saja, tapi juga bisa alami oleh orang yang berusia muda. Penyebabnya pun berbeda-beda, tidak semua penderita nyeri lutut pada usia muda sama penyebabnya.


Selain nyeri lutut, penderita juga terkadang disertai dengan gejala lainnya yaitu lutut mengalami pembengkakan, terasa kaku pada lutut bahkan tidak dapat diluruskan, mengalami warna kemerahan pada permukaan kulit di area lutut, terdengar bunyi gemeretak di bagian lutut, demam dan bentuk lutut mengalami perubahan.

Penyebab Nyeri Lutut Pada Usia Muda

Nyeri lutut pada usia muda tidak hanya disebabkan karena kelainan fisik pada lutut saja. Tapi ada berbagai faktor lainnya menjadi penyebab nyeri lutut di usia muda diantaranya:

Cedera

Faktor penyebab nyeri lutut pada usia muda yaitu cedera. Cedera paling sering dialamia dalah ketika sedang berolahraga, bisa juga cedera akibat melakukan gerakan secara tiba-tiba dan kecelakaan lalu lintas.

Tendinitis

Kondisi yang dapat menyebabkan lutut terasa sakit pada usia muda adalah tendinitis. Selain nyeri di lutut, di daerah lutut berwarna kemerahan juga termasuk gejala dari tendinitis. Sedangkan faktor yang dapat meningkatkan resiko tendinitis adalah tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga atau melakukan pemasannya kurang.

Osgood Schlatter

Selain tendinitis, kondisi lainnya yang dapat menyebabkan nyeri lutut di usia muda adalah penyakit osgood schlatter. Tidak hanya itu, gejala penyakit osgood schlatter lainnya yaitu terdapat benjolan di bawah lutut.

Sindrom parapatellar

Salah satu kondisi yang dapat menyebabkan nyeri lutut pada usia muda yaitu sindrom parapatellar. Masalah kesehatan ini sering di alami anak-anak. Bila anak anda mengalami sindrom parapatellar, maka jangan melakukan aktivitas fisik bersepeda, memanjat dan masih banyak lagi. Karena jika anak anda melakukan aktivitas fisik, maka akan memperparah gejala sindrom parapatellar misalnya terasa nyeri di kedua lutut.

Juvenile arthritis

Salah satu penyakit yang ditandai dengan gejala nyeri lutut adalah juvenile arthritis. Penyakit ini adalah jenis penyakit arthritis yang biasanya di alami anak-anak. Rasa nyeri pada lutut yang merupakan gejala penyakit ini biasanya rasa nyeri tersebut akan terasa di pagi hari ketika bangun tidur.

Kondisi lainnya yang dapat menyebabkan nyeri lutut pada usia muda yaitu penyakit perthes, dislokasi patella dan chondromalacia patella. agar rasa nyeri di lutut tidak semakin parah, maka hindari dahulu aktivitas yang berat. Kalau bisa istirahatkan.

Sedangkan faktor yang dapat meningkatkan risiko nyeri lutut pada seseorang adalah orang yang memiliki berat badan berlebihan, orang yang melakukan olahraga sepak bola, olahraga basket dan orang yang pernah mengalami cedera pada lutut.

Tips mengurangi rasa nyeri di bagian lutut:

  • Istirahat dan berhenti melakukan aktivitas bila lutut terasa nyeri.
  • Kompres dingin selama 15-20 menit. Caranya bungkus es batu dengan handuk kemudian kompreskan pada lutut yang terasa sakit.  
  • Kompres hangat selama 15-20 menit. Caranya celupkan handuk kecil pada air hangat dan peras kemudian simpan handuk tersebut pada lutut yang terasa nyeri.

Itulah alasan mengapa di usia muda sering merasa sakit lutut. Bila anda sudah melakukan berbagai cara tersebut tapi tetap lutut masih terasa nyeri, maka sebaiknya periksakan diri anda pada dokter. Dan bila anda diberi obat yang diresepkan oleh dokter, maka konsumsi obat tersebut.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 04 Oktober 2017 13:22:36

Related Post :
Kesehatan
Minuman Sehat Untuk Menghancurkan…

Berikut adalah daftar minuman…

Kesehatan
Perawatan Luka Diabetes Terbaru…

Tata cara perawatan luka…

Penyakit
Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang…

Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang…

Penyakit
Faktor Penyebab Sakit Telinga…

Berbagai faktor penyebab sakit…

Penyakit
Mengenal Bahaya Kolesterol Tinggi…

Kolesterol merupakan senyawa lemak…

Kesehatan
Ini Dia Jenis-jenis Jamur…

Berbagai jenis jamur yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Daftar Makanan Agar Cepat Hamil Yang Terbukti Ampuh

Daftar makanan agar cepat hamil…

Kesehatan
Kesehatan
Awas! Makan Ayam Broiler Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

Daging ayam termasuk makanan yang…

Kirim Pertanyaan
Top