Nyeri Dada Saat Batuk? Mungkin Ini Penyebabnya

Share dan Tag Temanmu di :

Batuk adalah salah satu keluhan yang dapat membuat penderitanya menjadi tidak nyaman, terlebih lagi bila batuk disertai dengan nyeri dada. Tentu akan membuat penderitanya lebih merasa tidak nyaman. Berbagai penyebab nyeri dada saat batuk, namun tidak semua yang menderita keluhan ini mengetahui penyebabnya.


Penyebab Nyeri Dada Saat Batuk

Penyebab nyeri dada saat batuk adalah adanya gesekan selaput lendir di dalam saluran pernapasan dan kontraksi otot pernapasan. Selain itu juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya:

Gagal jantung

Kondisi yang dapat menyebabkan nyeri dada saat batuk adalah gagal ginjal. Selain nyeri dada, gejala lainnya yang muncul pada penderita penyakit ini yaitu sesak napas, sepanjang waktu tubuh mudah lelah dan mengalami pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki.

Gagal ginjal adalah salah satu jenus penyakit jantung yang harus diwaspadai. Untuk menangani penyakit ini adalah mengkonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh pihak medis, dan operasi.

Tuberkulosis

Hati-hati! jangan sepelekan nyeri dada saat batuk karena bisa jadi itu tanda dan gejala tuberkulosis atau TBC. Selain batuk yang disertai dengan nyeri dada, gejala lainnya yaitu keringat di malam hari, menurunnya berat badan, tubuh melemah, hilangnya nafsu makan dan demam.

Untuk menangani tuberkulosis, penderita penyakit ini biasanya diberikan jenis antibiotik tertentu oleh pihak medis. Bahkan antibiotik tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan untuk pencegahan tuberkulosis adalah lakukan vaksin BCG.

Alergi

Selain penyakit gagal jantung, kondisi lainnya yang dapat menyebabkan nyeri dada saat batuk adalah alergi. Selain itu, gejala lainnya dari alergi adalah sesak napas, bersin-bersin, mata terasa gatal, mata merah, hidung berair dan ruam di permukaan kulit. Untuk mengurangi gejala alergi, konsumsi obat yang diberikan oleh dokter baik obat yang langsung dikonsumsi maupun obat semprot.

Asma bronkial

Selain tuberkulosis, penyakit yang ditandai dengan gejala nyeri dada saat batuk adalah asma bronkial.Oleh karena itu, jangan sepelekan batuk disertai nyeri dada karena bisa jadi itu gejala penyakit serius.

Selain batuk disertai dengan nyeri dada, gejala asma bronkial lainnya adalah sesak di dada, mengi dan tidak nyaman di bagian dada. Nah, untuk menangani gejala asma bronkial, maka konsumsi obat asma  yang diresepkan oleh dokter bila anda memeriksakan diri pada dokter. Bagi anda yang mengalami batuk disertai nyeri dada dan belum memeriksakan diri anda pada dokter, maka segera periksakan pada dokter.

Radang tenggorokan

Radang tenggorokan adalah salah satu maslaah kesehatan yang paling umum terjadi. Terkadang penyakit ini dapat mengganggu penderitanya, karena penderita penyakit ini mengalami gejala nyeri dada saat batuk. Selain batuk disertai dengan nyero dada, gejala lainnya radang tenggorokan yaitu nyeri saat menelan serta susah menelan, hidung berair, terasa gatal di tenggorokan, amandel bengkak, dan sakit kepala.

Untuk menangani radang tenggorokan sebenarnya tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan karena gejalanya akan hilang dengan sendirinya. Anda hanya cukup minum air putih yang banyak.

Pneumonia

Kondisi lainnya yang bisa menyebabkan nyeri dada saat batuk adalah pneumonia. Penyakit ini disebut juga dengan paru-paru basah. Selain batuk disertai dengan nyeri dada, gejala lain dari pneumonia adalah demam, menggigil, napas pendek, mual dan muntah. Untuk mengurangi rasa nyeri di dada, minumlah obat yang telah diberikan oleh dokter bila memang anda sudah memeriksakan diri anda pada dokter. Bila belum memeriksakan diri anda pada dokter padahal anda masih batuk-batuk dan disertai dengan dada terasa sakit, maka periksakan segera pada dokter.

Itulah berbagai penyebab nyeri dada saat batuk yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, jangan dianggap sepele bila anda mengalami batuk disertai dengan nyeri dada, apalagi keluhan tersebut anda rasakan berminggu-minggu maka segera periksakan pada dokter.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Kamis, 05 Oktober 2017 11:38:32

Related Post :
Obat Kimia
Haloperidol Obat Untuk Masalah…

Haloperidol Obat Untuk Masalah…

Penyakit
Ketahui Penyakit Tumor Otak…

Sangat penting mengetahui penyakit…

Kesehatan
Diagnosis Kurap Dan Pengobatannya

Dokter biasanya mendiagnosis kurap…

Obat Kimia
Nama Obat Disfungsi Ereksi…

Nama Obat Disfungsi Ereksi…

Kesehatan
Mengenal Gejala Periodontitis Dan…

Tahukah anda apa itu…

Tips
Tips Mudah Atasi Mata…

Tidak hanya menggunakan obat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Luar Biasa! Meski Tanpa 7 Organ Ini Manusia Tetap Bisa Hidup

Manusia termasuk makhluk hidup kuat…

Kesehatan
Kulit Kepala Berkerak Seperti Ketombe? Ini Penyebabnya

Kulit kepala berkerak seperti ketombe?…

Kirim Pertanyaan
Top