Hindari Makanan Ini saat Alami Gangguan Pencernaan

Share dan Tag Temanmu di :

Gangguan pencernaan merupakan masalah kesehatan yang mempengaruhi salah satu atau beberapa organ yang terdapat pada sistem pencernaan secara bersamaan. Gangguan pencernaan tentu akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan serba salah dalam memilih makanan atau minuman yang akan dikonsumsi.


Penderita gangguan pencernaan memang dituntut untuk cermat dalam memilih makanan. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin keluhan akan semakin buruk. Maka dari itu, agar gangguan pencernaan tidak semakin parah, sebaiknya hindari makanan ini saat alami gangguan pencernaan !

  • Makanan berlemak

Makanan yang mengandung lemak, seperti gorengan dapat merangsang kontraksi pada saluran pencernaan. Akibatnya, pengosongan lambung menjadi lebih lambat dan Anda akan semakin sulit buang air besar. Di satu sisi, makanan jenis ini juga dapat meningkatakn kontraksi pada saluran cerna, dan membuat diare semakin parah. 

  • Makanan pedas

Makanan pedas tentu harus dihindari oleh mereka yang mengalami gangguan pencernaan seperti mual, muntah atau diare. Makanan ini dapat membuat keluhan yang dialami semakin parah, terlebih lagi jika Anda memiliki riwayat penyakit maag. Karena makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada lapisan lambung. 

  • Makanan asam

Makanan yang terlalu asam, seperti jeruk, lemon, mangga muda, teramsuk minuman bersoda dapat mengiritasi lapisan lambung dan memicu naiknya asam lambung. Maka dari itu, saat Anda mengalami gangguan pencernaan sebaiknya hindari mengonsumsi makanan ini. 

  • Susu dan produk olahannya

Bagi Anda yang mengalami intoleransi laktosa, mengonsumsi susu dan produk olahannya dapat menimbulkan gejala kembung, perut begah dan diare. Maka dari itu, bagi Anda yang mengalami gangguan pencernaan jenis ini, sebaiknya beralih ke susu kedelai atau susu almond. 

  • Keripik dan cemilan ringan

Cemilan ringan memang sangat nikmat ketika dikonsumsi. Namun, jenis makanan ini sering kali mengandung pengawet dan garam yang tinggi. Akibatnya, cemilan dapat membuat perut terasa tidak nyaman dan begah. Selain itu, kandungan serat yang rendah pada makanan ini juga dapat membuat Anda sulit buang air besar. 

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari ketika mengalami gangguan pencernaan. Selain itu, ubahkan pola makan Anda menjadi lebih sehat untuk mencegah timbulnya gangguan pencernaan sehingga pencernaan tetap sehat. 

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 05 Oktober 2017 14:16:39

Related Post :
Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Informasi tentang rabun dekat…

Tips
Cara Mengatasi Darah Tinggi…

Tips dan cara alami…

Tips
Tips Cara Memilih Bedak…

Anda perlu cerdas dalam…

Kesehatan
Anda Termasuk Penggemar Seblak…

Meskipun seblak memiliki rasa…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Menakjubkan…

Berbagai kandungan gizi teh…

Manfaat
Manfaat Buah Pare Untuk…

Manfaat Buah Pare Untuk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Waspadai! Ini Gejala Emfisema Dan Komplikasinya

Mengenal gejala emfisema sejak dini…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top