Jangan Panik! Inilah Cara Tepat Mengatasi Air Ketuban Pecah Dini

Share dan Tag Temanmu di :

Mengatasi air ketuban pecah dini -, Ketuban pecah dini adalah kondisi dimana pecahnya ketuban sebelum waktu persalinan berlangsung. Kondisi ini pada umumnya terjadi pada usia kandungan di bawah 37 minggu dengan angka presentase 10% dari seluruh kehamilan. Jika tidak di tangani dengan tepat, kondisi ini dapat menimbulkan permasalahan kesehatan baik bagi sang ibu maupun sang anak.


Seperti yang telah di informasikan pada kesempatan sebelumnya, bahwasannya penyebab ketuban pecah dini dapat di sebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa di antaranya seperti akibat pecahnya selaput akibat mulut rahim yang lemah, infeksi rahim, kurangnya perawatan kehamilan, infeksi menular seksual, terjadinya kelahiran prematur sebelumnya, mengalami pendarahan pada vagina, melakukan kebiasaan buruk selama kehamilan seperti merokok dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara tepat mengatasi air ketuban pecah dini yang sebaiknya segera di lakukan

Ketuban pecah dini sejatinya memerlukan penangan yang serius di karenakan kondisi tersebut dapat mengancam kesehatan sang ibu maupun sang janin. Penanganan medis ini juga akan menentukan kesehatan sang janin yang berada di dalam rahim.

Saat ketuban pecah, kesehatan janin dilihat dari ketersediaan air ketuban yang di milikinya, apakah masih jernih dan keadaan janin baik sehingga kehamilan masih bisa di pertahankan sampai menjelang masa persalinan.

Adapun langkah lanjutan yang biasanya di ambil saat kehamilan kurang dari 38 minggu, maka sang ibu perlu mendapatkan perawatan medis dengan obat yang penanganan yang mendukung untuk kelangsungan kesehatan janin.

Adapun pada ibu hamil yang telah memasuki usia kandungan lebih dari pada 38 minggu, maka akan di lakukan tindakan pemeriksaan kesehatan sang janin untuk segera memasuki persalinan. Begitu pula dengan sang ibu hamil, akan di berikan penanganan yang bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi yang terjadi dari kondisi ketuban pecah dini.

Bahkan jika kondisi ketuban pecah dini ini tidak mendapatkan perhatian, maka berbagai komplikasi pun dapat timbul, seperti halnya kompresi tali pusar, kelahiran caesar, serta infeksi postpartum (setelah melahirkan).

Gejala ketuban pecah dini

Gejala yang umumnya dari ketuban pecah dini adalah semburan cairan dari area kewanitaan dan tidak menimbulkan rasa sakit sebelumnya. Pada saat tersebut, sebaiknya anda periksakan kondisi kehamilan anda pada ahli medis.

Adapun pemeriksaan yang mungkin di lakukan oleh dokter diantaranya adalah pemeriksaan leher rahim (mungkin menunjukkan cairan bocor dari pembukaan serviks) hingga pemeriksaan menggunakan USG.

Cara mencegah ketuban pecah dini

Kehamilan pada dasarnya memang sangat rentan terhadap berbagai  gangguan kesehatan yang mempengaruhi kesehatan sang ibu maupun janin. Dan berikut adalah beberapa langkah, yang bisa menhindarkan anda  dari resiko ketuban pecah.

  • Menghindari berbagai goncangan, terutama pada saat kehamilan anak pertama.
  • Menghindari melakukan hubungan seksual, jika anda telah mengalami gejala ketuban pecah dini atau memang memiliki mulut rahim yang lemah.
  • Beristirahat yang cukup dan hindari pekerjaan yang berat.
  • Mengonsumsi vitamin C untuk kebutuhan harian anda.

Sekian informasi yang dapatkami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar cara tepat mengatasi air ketuban pecah dini. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan juga menjadi bentuk kehati-hatian untuk kehamilan bunda ya! Happy pregnant mom!

By Nida Saripah - Ibu Hamil Kamis, 05 Oktober 2017 15:31:56

Related Post :
Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Akar…

informasi tentang akar alang-alang,…

Penyakit
Gejala Penyebab Dan Cara…

Mengetahui penyebab dan gejala…

Obat Kimia
Pilihan Obat Rematik yang…

Pilihan obat rematik yang…

Manfaat
Kebaikan Manfaat Daun Katuk…

Selain terkenal sebagai bahan…

Ibu Dan Anak
Pertolongan Pertama Saat Anak…

Pertolongan pertama saat mengalami…

Penyakit
Ciri-ciri Kanker Payudara Pada…

Ciri-ciri kanker payudara pada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Cara Mengatasi Gatal Perut Selama Kehamilan

Keluhan yang paling umum selama…

Ibu Hamil
Ibu Hamil
Hernia Inguinalis Cenderung Terjadi Pada Perempuan Hamil

Hernia inguinalis cenderung terjadi pada…

Kirim Pertanyaan
Top