Ini Penanganan Sinusitis Ringan Di Rumah Yang Alami Dan Efektif

Share dan Tag Temanmu di :

Penanganan sinusitis ringan ternyata tak selalu meliputi obat-obatan yang di resepkan oleh dokter. Terapi sinusitis juga nyatanya bisa di lakukan di rumah, termasuk dengan menerapkan pola hidup sehat dan juga menggunakan obat sinusitis alami.


Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada dinding sinus atau rongga kecil yang berisi udara yang berada di belakang tupang pipi dan dahi. Infeksi virus di sebut-sebut sebagai faktor utama yang menjadi penyebab sinusitis ini.

Pada umumnya, penderita radang sinus tidak perlu memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala sinusitis yang ringan. Hal tersebut lantaran, beberapa gejala tersebut biasa akan hilang dengan sendirinya sekitar 2-3 minggu lamanya.

Rasa sakit yang terjadi pada sinus sendiri terjadi akibat infeksi yang kemudian menyebabakan selaput lendir dalam hidung dan sinus meradang. Dan pada saat itu, selaput lendiri akan membengkak yang selanjutnya menghalangi pembuangan cairan dari sinus ke hidung dan juga tenggorokan. Dan tak jarang kondisi tersebut menyebabakan mikroorganisme pun dapat berkembang pada sinus.

Terapi pengobatan sinusitis yang dapat di lakukan di rumah

Beberapa penanganan sederhana di rumah berikut di percaya mampu mengurangi gejala dan rasa sakit yang di akibatkan oleh sinusitis. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mencukupi kebutuhan cairan

Jika kini anda sedang di rundung masalah sinusitis, ada baiknya anda perbanyak mengonsumsi air putih atau jus buah-buahan. Asupan cairan sendiri mampu mengencerkan lendir dan membantu mengeluarkannya. Namun sebaiknya hindari mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan juga kafein karena dapat menimbulkan dehidrasi. Bahkan alkohol sendiri di ketahui dapat memperparah pembengkakan sinus.

  • Melakukan pencucian hidung

Pengobatan sinusitis yang  satu ini di sebut juga dengan irigasi nasal. Hal ini dapat membantu menjaga sinus dalam keadaan bersih. Untuk memulainya anda bisa membuat larutan garam yang terdisi dasri 1 liter air hangat  suam-suam kuku dan satu sendok teh garam. Beberapa orag juga menambahkan setengah sendok teh baking soda untuk meminimalisasi rasa garam.

Setelah itu kemudian dimasukan ke dalam  neti pot (anda bisa membelinya di apotek) atau menggunakan teko kecil di rumah. Namun, sebelum itu, pastikan neti pot atau teko kecil yang akan di gunakan dalam keadaan bersih. Setelah itu, bersandarlah ke westafel, miringkan kepala anda dan tuangkan larutan garam tadi ke salah satu lubang hidung. Dan biarkan larutan tersebut  mengalir keluar melalui lubang hidung lainnya. Dan pada kondisi tersebut gunakan mulut untuk bernapas.

  • Memakai kompres hangat

Selain membersihkan hidung dengan larutan air garam, anda juga bisa memakai kompres hangat untuk pengobatan radang sinusitis di rumah. Caranya gunakan handuk kecil yang telah di rendam air hangat sebelumnya, lalu letakan di sekitar hidung hingga kering. Bernafaslah dengan normal untuk menghirup uap air yang di hasilkan dari air rebusan.

  • Menghirup udara yang lembab

Untuk cara penanganan yang satu ini, anda bisa memasang alat pelembab ruangan dsi kamar atau tempat yang paling sering anda gunakan untuk menghabiskan waktu sehari-hari. Udara yang kering sendiri bisa menyebabkan iritasi pada sinus. Sementara menghirup udara lembab dapat membantu mengurangi kondisi hidung tersumbat.

  • Teknik uap air

Dalam terapi pengobatan sinus yang satu ini,  anda bisa memasukan air panas ke dalam baskom berukuran kecil dan tambahkan garam ke dalamnya. Jangan lupa juga untuk memfokuskan uap tersebut di bawah hidung. Sambil melakukannya anda bisa memakai handuk supaya uap air garam tersebut tidak ke lain arah selain hidung anda.

Teknik uap air garam ini di kenal cukup efektif untuk melegakan hidung yang kerap tersumbat akibat sinusitis. Sehingga anda bisa mengusir ketidak nyamanan tersebut dengan menggunakan uap air garam ini sebagai solusi alami dan aman yang bisa di lakukan di rumah.

  • Mengonsumsi sup ayam

Cara pengoabatan sinusistis ini dikenal sebagai meredakan sinustis dengan cara yang lezat. Sejumlah penelitianpun menyebutkan, bahwasannya sup ayam di ketahui dapat mengurangi peradangan yang berhubungan dengan kondisi sinus atau pilek. Hal tersebut kemungkinan masih berkaitan dengan kandungan antioksidan dan juga antiperadangan dalam bahan-bahan sup.

  • Mengonsumsi jus nanas

Di dalam buah dan batang naman terdapat sebuah enzim yang bernama Enzim bromelain, yang mana enzim tersebut kemungkinan dapat mengurangi peradangan, termasuk sinusitis di dalamnya. Meski begitu, sebaiknya anda mengonsumsi buah ini dalam porsi yang pas dan tidak berlebihan, karena dapat menimbulkan resiko diare hingga sakit perut. Selain nanah masih terdapat jenis buah-buiahan lainnya masih termasuk ke dalam makanan sehat untuk penderita sinusitis, karena perannya yang dapat meningktakan daya tahan tubuh.

  • Istirahat yang cukup

Hal ini bertujuan untuk mempercepat pemulihan dan membantu tubuh untuk memerangi peradangan. Adapun waktu istirahat yang di anjurkan adalah pada malam hari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar penanganan sinusitis ringan yang bisa anda lakukan di rumah, semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa membantu pemulihan penyakit sinusitis yang mana tak ada salahnya juga di terapkan pada penanganan sinusitis akut dan kronis.

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 06 Oktober 2017 13:49:08

Related Post :
Obat Kimia
Mengetahui Jenis Obat-Obatan untuk…

Selain menghindari suhu dingin,…

Kesehatan
Kebaikan Konsumsi Makanan Yang…

Beragam kebaikan yang akan…

Penyakit
Waspadai Wabah Penyakit Yang…

Waspadai wabah penyakit yang…

Ibu Hamil
Penyebab Dan Gejala Kehamilan…

Adanya kehamilan terjadi karena…

Kesehatan
Bahaya Sering Minum Minuman…

Bahaya sering minum minuman…

Tips
Cara Sederhana untuk Mencegah…

Menjalankan pola hidup sehat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Hiponatremia Dan Pencegahannya

Hiponatremia merupakan sebuah istilah medis…

Penyakit
Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh dan Cara Mengobatinya

Penyebab batuk tak kunjung sembuh…

Penyakit
Komplikasi Konjungtivitis yang Harus Diwaspadai

Pada kasus konjungtivitis alergi yang…

Kirim Pertanyaan
Top