Lakukan Hal Berikut Agar Tetap Sehat Meski Sering Kehujanan

Share dan Tag Temanmu di :

Saat ini kita telah memasuki musim hujan. Tentu saja hal ini bisa menjadi masalah bagi mereka yang memiliki lebih banyak aktivitas yang dilakukan di luar ruangan. Sehingga kehujanan merupakan hal biasa yang sering dialami setiap harinya. Meskipun faktanya air hujan tidak dapat membuat Anda sakit, namun perubahan suhu yang dialami saat kehujanan dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun, sehingga Anda lebih rentan terhadap penyakit. 


Maka dari itu, sangat pentin untuk menjaga keseahtan selama musim hujan agar tubuh tetap fit. Mengatur pola makan, istirahatn yang cukup, dan olahraga teratur merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Namun, hal tersebut tidak cukup. Untuk itu, lakukan hal berikut agar tetap sehat meski sering kehujanan !!

  • Pakaian yang sesuai

Setelah kehujanan untuk waktu yang lama, segera gunakan pakaian hangat. Hal ini akan bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari kedinginan dan mengembalikan suhu tubuh seperti semula. 

Ketika musim hujan, hindarilah menggunakan pakaian yang terlalu tipis dan minim. Bahkan, untuk melengkapi perlindungan diri, gunakanlah topi dan syal agar suhu tubuh tetap terjaga. 

  • Ganti baju

Jika Anda kehujanan, segeralah ganti baju yang basah karena air hujan. Membiarkan baju yang basah menempel, bahkan hingga kering di badan dapat mengacaukan suhu tubuh. Selain itu, pakaian basah akan menjadi tempat paling nyaman untuk bakteri dan tungau berkembang. Akibatnya, tubuh mungkin akan dipenuhi dengan virus penyebab penyakit. Jika sudah demikian, maka risiko sakit setelah kehujanan akan semakin meningkat. 

  • Minum teh hangat

Segelas teh jahe hangat merupakan minuman yang paling pas untuk dinikmati setelah kehujanan. Jahe akan memberikan efek hangat pada tubuh yang sebelumnya kehujanan. 

Selain minum teh, konsumsilah makanan yang hanya dibuat di rumah. Walaupun semangkuk bakso akan sangat nikmat dikonsumsi, namun sebaiknya Anda menghindarinya saat musim hujan. Pasalnya Anda tidak akan mengetahui virus apa saja yang telah mengontaminasi makanan yang dijual di ruangan terbuka atau pinggir jalan tersebut. 

  • Cuci tangan 

Ada banyak barang dan tempat di sekitar yang menyimpan bakteri dan virus penyebab penyakit. Dan ketika Anda beraktivitas, sedikit banyak Anda pasti sudah memindahkan bakteri tersebut ke telapak tangan. Misalnya ketika Anda memegang meja atau kursi, mendorong pintu, bahkan membenarkan tali sepatu. Maka dari itu, cucilah tangan Anda sesering mungkin. Terlebih sebelum melakukan aktivitas yang berpotensi memindahkan virus ke tangan ke tubuh, seperti makan, mengikat rambut, dan mngusap wajah.

  • Jangan sentuh wajah

Jika Anda tidak yakin dengan kebersihan tangan Anda, maka usahakan untuk tidak menyentuh wajah. Virus penyebab penyakit dapat sangat mudah berpindah dari tangan melalui mata, hidung, bahkan mulut. Sebagai gantinya, jika Anda benar-benar perlu memegah wajah, maka gunakanlah tisu atau kain yang bersih. Seperti untuk mengelap keringat atau sekedar menggaruk mata yang gatal.

  • Jauhkan diri dari nyamuk

Sebisa mungkin hndari kehadiran nyamun di dalam rumah Anda. Ketika musim hujan, nyamuk malaria akan berkembangbiak lebih cepat dan semakin agresif dalam menyerang. Maka dari itu, selalu bersihkanr umah bahkan hingga ke tempat-tempat yang tersembunyi dan gelap. Juga hindari genangan atau tampungan air, karena ini bisa menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. 

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 09 Oktober 2017 15:26:29

Related Post :
Ibu Dan Anak
Ternyata Ini Alasan Mengapa…

Mungkin tidak banyak yang…

Kesehatan
Segera Tinggalkan! Ini Bahaya…

Segera tinggalkan! ini bahaya…

Alami
Cara Alami Mengatasi Siklus…

Wanita yang mengalami pendarahan…

Manfaat
Berbagai Manfaat Lari Pagi…

Sama seperti olahraga yang…

Kesehatan
Fakta Happy Five Pil…

Happy five merupakan jenis…

Penyakit
Cara Mengidentifikasi Penyakit Migrain

Penyakit migrain seringkali tidak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    0 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Tes Untuk Mendiagnosa HIV Dalam Tubuh

Jika Anda mempunyai risiko untuk…

Kesehatan
Cara Mengatasi Menopause Dini Pada Wanita

Cara mengatasi menopause dini pada…

Kesehatan
Makanan Pencegah Kanker Serviks Paling Efektif

Makanan pencegah kanker serviks paling…

Kirim Pertanyaan
Top