Manfaat Daun Bangun Bangun Untuk ASI Dan Kesehatan Menyeluruh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun bangun bangun mungkin tidak asing lagi bagi sebagian bunda, terutama yang berdomisili di Sumatera Utara. Hal tersebut lantaran tanaman yang daunnya di manfaatkan sebagai sop atau sayuran ini, di kenal mampu meningkatkan produksi ASI di kalangan masyarakat Toba Sumatera Utara. Bahkan konon khasiat dari daun bangun-bangun ini di anggap lebih ampuh dari pada manfaat daun katuk.


Bahkan selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat daun bangun bangun bagi kesehatan yang juga tak kalah luar biasa. Namun sayang, tak sedikit juga orang yang belum tahu akan bentuk bahkan khasiat dari tanaman ini.  Adapun bagi anda yang ingin mengetahui kegunaan dari tanaman ini selengkapnya, jangan sampai anda melewatkan untuk menyimak informasi berikut.

Mengenal bentuk dan klasifikasi daun bangun-bangun

Tanaman bangun-bangun memiliki nama latin Coleus amboinicus Lour adalah tanaman tropis bangsa sonales, yang mana daunnya memiliki aroma tertentu sehingga sering kali di sebut dengan tanaman aromatik. Selain dari pada itu, karena daunnya yang berbentuk oval, agak tebal dan sedikit kasar juga tak jarang orang-orang yang awam akan tanaman ini sering kali mereka menyamakannya dengan manfaat daun mint.


Tanaman ini pada umumnya banyak di temukan di India, Ceylon, Afrika selatan dan bahkan kini dapat di jumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia, terutama di Sumatera Utara. Karena bunganya memiliki bentuk yang tajam dan mengandung minyak atsiri, lantas tak jarang sedikit orang yang memanggil tanaman ini dengan sebutan Coleus aromaticus.

Di Indonesia sendiri, tanaman ini memiliki sebutana nama berbeda-beda di setiap daerahnya. Seperti torbangun di Sumatera Utara, Anjeran atau anceran di Sunda, daun kucing di Jawa, daun kambing dan majha nereng di Madura, nama iwak di Bali dan juga kunu etu di Timor.

Dan bagi anda yang belum pernah melihat atau mengenal tanaman yang satu ini, berikut adalah ciri-ciri tanaman bangun-bangun selengkapnya:

  • Tanaman: Batang kayu lunak, beruas-ruas, berbentuk bulat dengan diameter pangkal  kurang lebih 15 mm, engah 10 mm dan ujung 5 mm.
  • Daun: Tunggal, helainnya bundar telur, dengan panjang 3,5-6 cm, pingguirnya agak berombak dengan pajang tangkai 1,5-3 cm dan juga tulang daun yang menyirip.
  • Cara budidaya: Stek dan cepat berakar di dalam tanah yang gembur.

Kandungan dan nutrisi daun bangun bangun

Setelah di lakukan berbagai uji penelitian, menurut para ahli diketahui di dalam 100 gr daun bangun-bangun terkandung lebih banyak kalsium, zat besi dan betakaroten di bandingkan dengan daun katuk. Selain dari pada itu, di dalamnya juga terkandung minyak atsiri 0,043% (pada daun segar) atau 0,2% (pada daun kering). Kandungan daun bangun-bangun lainnya adalah vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitaim E, niasin, karvakol, asam lemak oksalat dan juga serat.

Berbagai senyawa tersebut di percaya memiliki potensi terhadap berbagai macam aktivitas biologik, seperti antioksidan, direutik, analgesik, antikankert antitumo, antivertigo dan masih banyak lagi yang lainnya.

Khasiat dan manfaat daun bangun bangun untuk memperlancar ASi serta menjaga kesehatan

Seperti yang telah di sampaikan sebelumnya, bahwasannya manfaat dari daun bangun-bangun, sebagai pelancar ASI tidak di ragukan lagi. Bahkan daun ini secara turun temurun di percaya dapat melancarkan ASI di kalangan masyarakat Toba. Sehingga di Sumatera Utara, daun ini sering kali di olah sebagai makanan pendamping nasi layaknya sayuran.


Adapun pada tahun 2006, Penelitian seputar daun bangun-bangun di lakukan oleh Damanik dkk. Dan dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa zat gizi yang terkandung dalam daun bangun bangun yang di olah menjadi sayur sup di antaranya adalah lemak, protein, karbohidrat, air dan juga mineral.

Dan berdasarkan penelitian tersebut, pada saat minggu ke dua, seorang ibu yang telah mengonsumsi sop daun bangun-bangun mengalami peningkatan kualitas dan kuantitas ASI. Bahkan selain dari pada itu, daun bangun-bangun juga mampu meningkatkan kesehatan wanita setelah melahirkan, berperan sebagai urine cleancing agent hingga menggantikan energi yang hilang selama proses melahirkan.

Selain mampu meningkatkan volume ASI, kegunaan dari daun bangun-bangun juga di percaya sangat baik untuk kesehatan lainnya, seperti:

  • Membantu mengobati penyakit malaria
  • Membantu mengobati penyakit batu ginjal
  • Membantu pengobatan heropati
  • Membantu meringankan gejala asam kronik
  • Membantu mengatasi kejang demam
  • Membantu mengatasi dan mencegah cacingan
  • Membantu mengobati penyakit bronkitis
  • Bersifat sebagai antitumor
  • Membantu mengatasi pendarahan
  • Membantu meningkatkan kesehatan tubuh
  • Membantu mengobati sakit gigi
  • Dan menyehatkan kulit

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar manfaat daun bangun bangun untuk ASI dan kesehatan secaran menyeluruh. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan juga menambah pengetahuan anda di dunia herbal ya!

By Nida Saripah - Daun Selasa, 10 Oktober 2017 11:07:08

Related Post :
Tips
Cara Paling Ampuh Mengatasi…

Gejala orang yang keracunan…

Kesehatan
Fakta Seputar Daun Kelor…

Bukan mitos! Ini fakta…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahaya Dibalik…

Penggunaan cat kuku memang…

Alami
Begini Cara Ampuh Menghilangkan…

Begini cara mudah dan…

Ibu Dan Anak
Inilah Manfaat Ajaib Madu…

Beragam manfaat dan khasiat…

Alami
Begini Cara Mengobati Mata…

Cara mengobati mata gatal…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Manfaat Daun Sendok Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Ketahui kandungan, khasiat dan manfaat…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Kedondong Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun kedondong…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top