Ketahui Penyebab Haid Tidak Lancar Dan Cara Mengatasinya

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab haid tidak lancar ternyata dapat di sebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa wanita yang memiliki masalah tersebut pastinya selalau bertanya-bertanya bahkan cemas jikalau ada permasalahan serius dalam organ reproduksinya. Dan untuk menjawab segala pertanyaan dan kemasan tersebut, anda sebaiknya menyimak ulasan singkat berikut.


Haid atau menstruasi adalah proses terjadinya peluruhan dinding rahim yang keluar menjadi darah, dan pada umumnya terjadi selama 3-15 hari. Sejatinya, siklus haid wanita terjadi selama 28-35 hari dan terjadi sebanyak 11-13 kali menstruasi selama 1 tahun. Namun setiap wanita mengalami siklus haid yang berbeda-beda, bisa lebih pendek maupun lebih lama.

Namun ada kalanya menstruasi atau haid juga tidak lancar. Haid yang tidak lancar atau tidak teratur sendiri adalah kondisi dimana siklus haid menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak sama sekali. Lebih tepatnya, haid di katakan tidak lancar apabila siklus haid kurang dari 21 hari atau malah lebih dari pada 35 hari.

Selain dari pada itu, haid di ketagorikan tidak lancar juga apabila lamanya menstruasi berubah-ubah setiap bulannya, Seperti volume darah yang tidak sama, kadang banyak atau kadang sedikit, di sertai dengan rasa rasa sakit atau nyeri juga menjadi dasar menstruasi tidak lancar.

Pada dasarnya, menstruasi yang tidak lancar biasanya terjadi pada beberapa tahun pertama anda mulai menstruasi. Dan ketidak seimbangan hormon biasanya menjadi pemicu dari kondisi ini. Dan hal tersebut yang menjadi penyebab haid tidak lancar di usia remaja.

Namun, apabila masalah menstruasi tidak lancar ini terjadi bukan di tahun pertama anda mengalami menstruasi, seperti setelah menikah, setelah mengalami keguguran atau[un setelah melahirkan, maka masalah menstruasi tersebut bisa jadi tergolong ke dalam beberapa tipe menstruasi tidak teratur, seperti halnya:

  • Mentrorhagia : Menstruasi yang tidak teratur, namun menstruasi rutin terjadi.
  • Oligomenorrhea : Kondisi dimana siklus haid terjadi lebih dari 35 hari, sehingga dalam kurun waktu setahun, menstruasi hanya terjadi 6-8 kali
  • Amenorrhea: Kondisi ketika m.enstruais anda berhenti selama 35 hari.
  • Menometrorrhagia : Pendarahan menstruasi yang berlangsung lebih lama dengan volume darah lebih banyak namun rutin terjadi.

Berbagai penyebab haid tidak lancar dan cara mengatasinya

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, bahwasannya haid yang tidak lancar atau tidak teratur pada umumnya biasa terjadi pada saat seseorang masih berada di tahun-tahun awal masa menstruasi atau masa pubertas. Selain itu, haid tidak lancar juga pada umumnya saat wanita menjelang masa menopause.

Namun, apabila anda tidak berada dalam masa pubertas atau mendekati masa menopause, maka pemicu haid tidak lancar dan teratur bisa di sebabkan oleh kondisi medis lain. Lalu, apa saja penyebab haid tidak lancar? berikut adalah rincian selengkapnya.

1. Kehamilan

Apabila menstruasi anda terhenti atau terhambat, cobalah untuk pemeriksaan untuk memastikan apakah anda hamil. Tim medis biasanya akan merekomendasikan tes kehamilan dan USG.

2. Memakai alat kontrasepsi

Pada beberapa wanita, menggunakan alat kontrasepsi IUD (spiral) atau pil KB memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek diantara siklus menstruasi. Bahkan pada penggunaan IUD, menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari pada biasanya atau sakit perut pada saat menstruasi. Bahkan kemungkinan adanya sedikit darah yang keluar pada awal penggunaan KB juga mungkin terjadi dan akan berhenti selama beberapa bulan pertama.

3. Pola hidup yang buruk

Jika anda melakukan olahraga yang berlebihan dan berat badan anda menjadi turun secara drastis, hal tersebut dapat menyebabkan mnstruasi tidak lancar dan juga tidak teratur. Begitu pula dengan berat badan yang berlebih atau terkena obesitas. Bahkan taka hanya berat badan, sters juga bisa mempengaruhi siklus haid anda.

4. Sindrom ovarium polikistik

Adalah kumpulan gejala yang di sebabkan oleh adanya kista kecil di dalam indung telur. Keberadaan kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang. Seperti testosteron yang meningkat melebihi batas normal yang mana seharusnya wanita hanya boleh memiliki sedikit hormon testosteron. Ketidaknormalan juga terjadi pada saat pelepasan sel telur. Ini akan menyebabkan anda tidak akan mengalami mensrtruasi atau mengalami menstruasi, namun darah yang keluar akan sedikit.

5. Tiroid

Pada bagian leher anda terdapat kelenjar tiroid yang mana memproduksi horon yang  dapat mengatur metabolisme tubuh, Jika kelenjar ini bermasalah atau gangguan, tekadarang juga dapat memperngaruhi siklus haid anda. Untuk masalah ini, anda bisa langsung mengkonsultasikannya dengan dokter karena biasanya dokter akan melakukan tes darah untuk melihat bagaimana level hormon tirois anda

Nah, itulah berbagai pemicu haid tidak lancar. Adapun untuk mengatasinya, anda bisa menyesuaikan dengan penyebabnya. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur atau tidak lancar.

  • Mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat.
  • Mengganti alat kontrasepsi.
  • Melakukan pengobatan tiroid secara alami.
  • Anda bisa melakukan pengobatan sindrom ovarium polikkistik, seperti pengobatan diabetes atau pengembalian hormon. Selain dari pada itu, tuunkan juga berat badan dengan cara yang sehat jika anda menenderita sindrom ovarium polikistik dengan berat badan yang berlebih.
  • Melakukan konseling apabila anda mengalami stres yang menyebbakan berat badan anda menurun secara drastis.
  • Apabila saat ini anda memiliki rencana untuk memliki momongan maka cobalah hormon siontetik untuk memicu ovulasi kembali normal.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyebab haid tiidak lancar pada wanita. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat terlebih bagi anda yang kini tengah mengalami masalah haid yang tidak teratur.

By Nida Saripah - Kewanitaan Selasa, 10 Oktober 2017 15:35:37

Related Post :
Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Daging…

Dibalik rasanya yang nikmat,…

Kesehatan
Faktor Yang Bisa Memicu…

Ada banyak faktor yang…

Tips
Mudah Lelah Saat Hamil?…

Banyak sekali penyebab mudah…

Daun
Kandungan Dan Manfaat Daun…

Kandungan dan manfaat daun…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Langka Hemofilia…

Meskipun terlihat memesona ketika…

Ibu Dan Anak
Mengenal Penyakit Trisomi 13…

Adam Fabumi akhir-akhir ini…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…

  • darah haid menggumpal tanda penyakit apa ?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    darah haid saya menggumpal sebesar ibu jari kurang lebih itu pertanda penyakit apa ya ? saya takut tidak bisa punya anak


Kewanitaan
Jenis-Jenis Keputihan Tidak Normal yang Harus Diwaspadai

Keputihan merupakan kondisi yang sangat…

Kewanitaan
Mewaspadai Risiko Penyakit Kanker Vagina pada Wanita

Sama halnya seperti organ lainnya,…

Kewanitaan
Haid Tidak Lancar Selepas Melahirkan

Mungkin diantara kaum hawa banyak…

Kirim Pertanyaan
Top