Anda Termasuk Penggemar Seblak ? Waspadai Hal Ini !

Share dan Tag Temanmu di :

Seblak merupakan olahan dari kerupuk yang memiliki rasa yang cukup nikmat. Maka dari itu, tidak heran jika makanan ini menjadi favorit banyak orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

Seblak terbuat dari bahan dasar kerupuk. Jika biasanya kerupuk digoreng, namun dalam pembuatan seblak ini kerupuk diolah dengan cara direbus. Menurut Guru Besar Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor, Hardinsyah, cara mengolah kerupuk dengan cara direbus pada seblak mirip dengan kerupuk kulit. 


Hardinsyah menjelaskan bahwa bahan dasar kerupuk berupa tepung tapioka kemudian ditambah bumbu seperti gula, garam, dan bawang putih serta udang atau ikan. Namun, ada pula yang menambahkan bleng atau boraks agar lebih kenyal dan awet. Padahal, penggunaan bahan tersebut tidak disarankan. Inilah hal yang harus diwaspadai penggemar seblak

Bleng merupakan nama pasar untuk bahan kima yang disebut dengan Boreaks aatu Natrium Tetraborat. Penggunaan boraks pada pangan dilarang sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 033 Tahun 2012 tentang Bahan Tambahan Pangan. 

Bahkan, baru-baru ini viral kisah tentang anak yang mengalami radang usus buntu akibat mengonsumsi kerupuk kenyal dalam seblak. Hadinsyah menyarankan kepada pemerintah setempat atau dinas kesehatan terkait untuk mencari tahu dimana anak tersebut biasa membeli seblak. 

Pasalnya, sebagaimana dijelaskan oleh Dr Ari Fahrial Syam, Sp PD, seblak yang umumnya terbuat dari kerupuk biasanya mudah hancur karena kerupun umumnya hancur dalam air, kecuali jika kerupuk tersebut mengandung zat tambahan tertentu seperti pengawet. Ini bisa menimbulkan masalah di pencernaan dan menyebabkan infeksi. Jadi, seblak itu seharusnya aman dan tidak mungkin memicu timbulnya pembengkakan. 

Ia juga menjelaskan, pada kasus usus buntu, pasien mengalami penurunan daya tahan tubuh dan peradangan. Hal tersebut yang membuat usus membengkak. Maka dari itu, Ia mengimbau masyarakat agar selalu mengonsumsi makanan higienis. Hal ini dilakukan agar terhindar dari infeksi dan tidak menyebabkan sakit perut.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 11 Oktober 2017 10:23:07

Related Post :
Kulit
Jangan Minder Lagi! Lakukan…

Jangan minder lagi! lakukan…

Kesehatan
Haid 2 Kali Dalam…

Beragam penyebab haid 2…

Kesehatan
Risiko Penyakit dari Golongan…

Selain sebagai pelengkap dokumen…

Tips
Tips Pengolahan Daging Kurban…

Tips Pengolahan daging kurban…

Tips
Begini Cara Melindungi Anak…

Begini cara melindungi anak…

Ibu Hamil
Ini Perbedaan Kontraksi Asli…

Penting untuk mengenali perbedaan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Pantangan Dan Makanan Sehat Untuk Penderita Epilepsi

Berikut adalah berbagai pantangan dan…

Kesehatan
Sumber Makanan Tinggi Lemak yang Baik Dikonsumsi

Lemak sering dijadikan sebagai penyebab…

Kesehatan
Kenali Berbagai Penyebab Perut Terasa Panas

Perut terasa panas adalah salah…

Kirim Pertanyaan
Top