Waspada! Bahan Kimia Ini Sering Ditambahkan pada Makanan

Share dan Tag Temanmu di :

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Makanan yang diperlukan biasanya diperolah dari hasil bertani atau berkebun yang meliputi sumber hewan dan tumbuhan. Pada umumnya, bahan makanan mengandung beberapa unsur aatu senyawa seperti air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, enzim, pigmen, dan lain-lain. 

Sebelum dikonsumsi, bahan makanan biasanya harus diolah terlebih dahulu hingga menjadi sebuah hidangan yang bisa dikonsumsi. Bahkan, kini telah banyak perusahaan-perusahaan yang mulai memproduksi makanan siap saji untuk memudahkan para konsumen. Namun, disamping itu, ada saja ulah produsen yang menambahkan beberapa bahan kimia ke dalam makanan. Padahal, penggunaan bahan kimia ini dilarang dan berpotensi memicu risiko gangguan kesehatan. 


Berikut ini beberapa bahan kimia yang sering ditambahkan pada makanan yang patut diwaspadai, diantaranya :

  • Propyl gallate

Propyl gallate umumnya digunakan untuk melindungi produk berminyak dari terjadinya oksidasi. Zat ini bisa ditemukan pada produk mayones, daging yang dikeringkan, dan permen karet. Namun, beberapa pakar di bidang ilmiah menganggap bahwa propyl gallate cukup berbahaya dan dapat memengaruhi hormon manusia yang berujung pada gangguan perkembangan, reproduksi, ataupun neurologis. 

  • Tartrazin

Pewarna makanan merupakan salah satu kandungan zat kimia yang sering ditemukan pada makanan. Beberapa jenis pewarna makanan umum ditemukan pada permen, minuman, atau produk makanan lainnya. Namun, salah satu jenis bahan pewarna makanan yang dikenal dengan nama tartrazin dapat dihubungkan dengan beberapa kondisi kesehatan, termasuk hiperaktivitas pada anak dan pertumbuhan sel ganas pada uji klinis di hewan. 

  • Tert-Butylhidrokuinon (TBHK)

Zat TBHK ini merupakan salah satu bentuk kimia dari butan dan merupakan zat pengawet yang digunakan pada keripik kentang serta beberapa jenis makanan cepat saji lainnya. Bahan kimia berbahaya ini dapat memperpanjang waktu penyimpanan makanan, dan jika dikonsumsi dalam jumlah yang rendah akan diangga masih aman untuk dikonsumsi. 

Namun, sebaliknya, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, TBHK ditemukan dapat menyebabkan mual, muntah, rasa berdengung pada telinga, serta kaburnya pandangan. 

  • Butylated hydroxyanisole (BHA)

Sebelumnya zat BHA  digunakan untuk mengawetkan sereal, permen karet, dan keripik kentang. Namun, National Institute of health di Inggris menyampaikan hasil dari uji klinis pada hewan yangmenunjukkan bahwa zat ini dapat menyebabkan pertumbuhan tumor pada lambung bagian depan dari tikus dan hamster (manusia tidak memiliki bagian tubuh tersebut) serta pada hati dari ikan. 

Setelah mengetahui informasi ini, diharapkan agar Anda lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Dan pastikan bahwa makanan tersebut telah dinyatakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) aman untuk dikonsumsi dan bebas dari bahan kimia berbahaya.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 11 Oktober 2017 15:00:54

Related Post :
Daun
Luar Biasa! Inilah Manfaat…

Luar biasa!! inilah sederet…

Daun
Mengenal Khasiat dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Ibu Dan Anak
Ternyata Anak Juga Bisa…

Bukan hanya pada orang…

Ibu Dan Anak
Ciri-ciri Bayi Tidak Cocok…

Ciri-ciri bayi tidak cocok…

Kesehatan
Makanan yang dianjurkan untuk…

Selain mengonsumsi obat rematik,…

Ibu Hamil
Penyebab Kaki Bengkak Pada…

Penyebab kaki bengkak pada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Penyebab Pusing saat Berolahraga yang Perlu Diketahui

Pusing saat berolahraga bisa disebabkan…

Kesehatan
Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium yang Tidak Boleh Diabaikan

Tanda tubuh kekurangan kalsium yang…

Kesehatan
Obat dan Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Sebelum mengonsumsi obat, kita harus…

Kirim Pertanyaan
Top