Wajib Tahu! Ini Pantangan Makanan Bagi Penderita Sinusitis

Share dan Tag Temanmu di :

Pantangan makanan bagi penderita sinusitis sebaiknya mulai saat ini di hindari atau tidak di konsumsi oleh penderita sinus. Hal tersebut lantaran jenis makanan tersebut dapat mempengaruhi proses penyembuhan atau pengobatan yang mungkin kini tengah di jalani oleh penderita. Bahkan berbagai jenis makanan tersebut di percayai mampu memperparah kondisi sinusitis menjadi semakin parah.


Sinusitis sendiri merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat terjadinya peradangan pada bagian sinus parasanal (berada di rongga hidung, tepatnya antara pipi atas kiri kanan dan dahi). Peradangan yang terjadi pada akibat virus, kuman, bakteri, jamur ataupun cairan yang mengakibatkan infeksi.

Selain menggunakan obat sinusitis alami, beberapa faktor pun ternyata dapat mempengaruhi kondisi kesehatan penderita sinusitis. Salah satu diantaranya adalah makanan. Ya, makanan sendiri merupakan asupan nutrisi yang mana setiap hari di dapatkan oleh tubuh. Sehingga jika jenis makanan yang di konsonsumsi sehat dan sesuai dengan kondisi kesehatan penderita, maka dapat menghasilkan sinergi positif yakni dapat membantu pemulihan.

Namun sebaliknya,  jika makanan yang di konsumsi  adalah pantangan untuk penyakit sinusitis, maka hal tersebut di percayai mampu memperparah kondisi peradangan sinus itu sendiri.

Larangan dan pantangan makanan bagi penderita sinusitis yang harus dihindari


Seperti yang telah di sampaikan di atas, untuk membantu proses pengobatan dan penyembuhan  nyatanya dapat di dukung dengan mengonsumsi makanan sehat untuk penderita penyakit sinusitis dan juga harus menghindari berbagai makanan pantangan penderita sinus. Dan berikut adalah rincian lengkap seputar pantangan makanan dan minuman penderita sinsuitis.

1. Makanan bercitarasa pedas

Bagi anda yang kini tengah mengalami sinsuitis, sebaiknya mulai sekarang anda menghindari makanan pedas seperti cabai, merica dan pala. Karena dengan mengonsumsi makanan tersebut di ketahui akan semakin memperburuk kondisi peradangan dan infeksi yang terjadi pada sinus parasanal.

2. Makanan gorengan dan berminyak

Makanan yang di goreng atau berminyak juga merupakan salah satu dari larangan makanan bagi penderita sinusitis. Hal tersebut lantaran terlalu banyak mengonsumsi makanan  goreng dapat menambah keparahan peradangan yang terjadi pada rongga sinus parasanal.

3. Makanan dan minuman dingin

Jenis makanan yang satu ini juga di percaya mampu menambah efek parah pada peradangan yang terjadi. Bahkan makanan dan minuman yang dingin seperti es krim dan soft drink mampu memicu rasa nyeri dikepala serta di bagian tulang pipi yang nanatinya dapat mengakibatkan penumpukan lendir di rongga hidung.

4. Minuman beralkohol dan soda

Mulai saat ini sebaiknya anda juga mengurangi bahkan tidak mengonsumsi sama sekali minuman  seperti anggur, bir dan wine. Karena selain kurang baik untuk kesehatan, minuman ini juga ternyata memperburuk kondisi sinusitis yang tengah anda derita. Bahkan dengan mengonsumsi jenis minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi. Sedangkan bagi penderita sinus cairan sangat di butuhkan agar lendir dapat keluar.

5. Minuman yang mengandung kafein

Selain dari pada minuman yang beralkohol, anda juga wajib menghindari minuman yang mengandung kafein. Sama seperti halnya pada minuman yang beralkohol, minuman yang mengandung kafein juga dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Hal tersebut tentu dapat memperburuk lendir yang tidak dapat keluar karena mengental.

6. Susu dan olahannya

Meski susu sangat baik untuk kesehatan, namun bagi penderita sinusitis sebaiknya perlu di hindari. Terutama produk olahannya seperti yogurt, mentega dan keju, yang mana apabila di konsumsi dapat menyebabkan penebalan dahak dan membuat si penderita menjadi bertambah tidak nyaman.

Adapun selain daftar makanan di atas, penderita sinusitis juga sebaiknya menghindari berbagai  hal lainnya seperti makanan dan minuman yang dapat memicu alergi, penggunaan obat-obatan yang memicu alergi. makanan fermentasi seperti munstard dan mayones, jus buah yang mengandung pengawet, merokok dan berbagai jenis rempah yang memiliki aroma menyengat seperti lada dan merica.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar pantangan makanan bagi penderita sinusitis. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan khususnya bagi anda yang kini tengan mengidap sinusitis.

By Nida Saripah - Kesehatan Kamis, 12 Oktober 2017 08:58:45

Related Post :
Alami
Obat Sakit Pinggang Alami…

Obat sakit pinggang alami…

Kesehatan
Gejala Dan Diagnosis Jantung…

Jantung berdebar lebih cepat…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Gondongan…

Penyebab dan gejala gondongan…

Manfaat
Manfaat Soman Jamu Tetes…

Manfaat soman (Sozo Formula…

Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Makanan yang…

Membungkus makanan dengan koran…

Penyakit
Faktor Yang Dapat Meningkatkan…

Meski penyebab kanker rahim…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit perut saat haid apakah berbahaya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya sering kali sakit perut atau kram saat haid berlangsung mulai dari pertama kali saya mengalami menstruasi. Namun biasanya nyeri itu hanya berlangsung 1-2 hari pertama haid. Namun, beberapa bulan…

  • Buat Obat infeksi paru-paru

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah bisa buat obat infeksi paru-paru untuk anak-anak ?...

  • menyembuhkan suara serak

    1 Balasan

    Kesehatan

    apakah yang harus dilakukan bila suara serak dalam seminggu tidak dapat sembuh?

  • makanan untuk otak

    1 Balasan

    Kesehatan

    makanan apa yang cocok untuk mengisi nutrisi otak ? trima kasih

  • makanan apa saja yang sehat baik untuk kesehatan ginjal

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya mau tanya, harus mengkonsumsi makanan apa agar ginjal saya tetap sehat dan terhindar dari penyakit ginjal? ditunggu jawabannya terimakasih..


Kesehatan
Makanan Pemicu Radang Usus Buntu yang Harus Diwaspadai

Meskipun penyebab usus buntu tidak…

Kesehatan
Kesehatan
Perawatan Luka Diabetes Terbaru Dan Modern Di Rumah

Tata cara perawatan luka diabetes…

Kirim Pertanyaan
Top