Tidak Ingin Terkena Gastritis? Cegah Dengan Cara Ini

Share dan Tag Temanmu di :

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitupun dengan penyakit gastritis. Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit ini. Bahkan pencegahan tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang belum terkena penyakit gastritis saja. Tapi pencegahan juga bisa dilakukan oleh orang yang pernah terkena penyakit gastritis, supaya penyakit ini tidak kambuh kembali.


Gastritis adalah salah satu masalah kesehatan yang dapat menyerang siapa saja. Tapi ada beberapa orang beresiko tinggi terkena penyakit gastritis yaitu orang dengan tingkat stres lebih tinggi dan orang yang menderita gangguan sistem imunitas.

Cara Mencegah Penyakit Gastritis

Makan teratur

Cara mencegah penyakit gastritis adalah makan teratur. Bagi anda yang suka menunda-nunda makanan dan waktu makan anda tidak teratur, maka mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut karena makan tidak teratur dapat memunculkan beberapa penyakit lambung termasuk gastritis.

Makan dengan porsi lebih kecil namun sering

Selain makan teratur , makanlah dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan kalori anda. Jangan makan dengan porsi besar, tapi makanlah dengan posri yang kecil namun makan dalam waktu yang sering.

Kurangi konsumsi makanan yang pedas

Selain makan teratur, cara lainnya untuk mencegah penyakit gastritis adalah mengurangi konsumsi makanan yang pedas. Terlebih lagi bagi anda yang pernah menderita gastritis sebaiknya harus mengurangi jenis makanan ini bila penyakit gastritis anda tidak ingin kambuh lagi. Karena bila sering mengkonsumsi makanan pedas bahkan mengkonsuminya secara berlebihan maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan lambung. Selain itu, kurangi juga konsumsi makanan yang asam dan makanan yang digoreng.

Jangan minum minuman alkohol

Tidak ingin terkena penyakit gastritis? maka hindari untuk tidak mengkonsumsi minuman alkohol. Karena seperti yang telah kita ketahui bahwa bahaya mengkonsumsi minum alkohol bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan lambung. Selain itu, hindari juga minum minuman bersoda.

Jaga kebersihan lingkungan

Penyebab gastritis adalah infeksi bakteri dan bakteri ini sangat mudah menyebar. Penyebarannya dapat terjadi dari lingkungan, minuman dan makanan yang tidak bersih. Oleh karena itu, selalu jaga kebersihan lingkungan serta konsumsi makanan dan minuman. Selain itu, cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah makan.

Kurangi kafein

Suka minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh? maka mulai sekarang kurangi minum minuman yang berkafein. Karena bila minum minuman berkafein secara berlebihan maka dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memicu kambuhnya penyakit gastritis.

Konsumsi makanan yang mengandung serat

Mencegah gastritis juga bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan makanan lainnya yang bernutrisi. Oleh karena itu, bagi anda yang tidak suka makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, maka mulai sekarang konsumsi makanan tersebut.

Konsumsi yogurt  


Salah satu manfaat mengkonsumi yogurt secara  rutin adalah dapat menjaga kesehatan lambung dan usus. Sehingga bila anda ingin terhindar dari penyakit gastritis dan tidak ingin penyakit ini kambuh lagi maka konsumsi yogurt.

Itulah cara mencegah gastritis. Setelah mengetahui cara mencegahnya, maka diharapkan untuk melakukan langkah-langkah ini sebagai pencegahan penyakit gastritis.

By Rizka Ardiana - Penyakit Kamis, 12 Oktober 2017 10:35:57

Related Post :
Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita…

Makanan sehat untuk penderita…

Tips
Memiliki Pipi Tembem? Kecilkan…

Memiliki pipi tembem memang…

Kesehatan
Jangan Panik! Inilah Penyebab…

Jangan panik terlebih dahulu!…

Penyakit
Jenis-jenis Kanker Serta Gejala…

Informasi tentang jenis-jenis kanker…

Penyakit
Diagnosis Penyakit Hipoparatiroid Dan…

Diagnosis penyakit hipoparatiroid pada…

Kesehatan
Faktor Yang Dapat Meningkatkan…

Faktor yang dapat meningkatkan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mewaspadai Penyebab dan Gejala Penyakit TBC

Mewaspadai penyebab dan gejala penyakit…

Penyakit
Ketahui Gejala Penyebab dan Bahaya Infeksi Rahim

Ketahui gejala penyebab dan bahaya…

Penyakit
Faktor Penyebab Dan Gejala Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Berikut adalah berbagai faktor penyebab…

Kirim Pertanyaan
Top