Tidak Ingin Terkena Gastritis? Cegah Dengan Cara Ini

Share dan Tag Temanmu di :

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitupun dengan penyakit gastritis. Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit ini. Bahkan pencegahan tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang belum terkena penyakit gastritis saja. Tapi pencegahan juga bisa dilakukan oleh orang yang pernah terkena penyakit gastritis, supaya penyakit ini tidak kambuh kembali.


Gastritis adalah salah satu masalah kesehatan yang dapat menyerang siapa saja. Tapi ada beberapa orang beresiko tinggi terkena penyakit gastritis yaitu orang dengan tingkat stres lebih tinggi dan orang yang menderita gangguan sistem imunitas.

Cara Mencegah Penyakit Gastritis

Makan teratur

Cara mencegah penyakit gastritis adalah makan teratur. Bagi anda yang suka menunda-nunda makanan dan waktu makan anda tidak teratur, maka mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut karena makan tidak teratur dapat memunculkan beberapa penyakit lambung termasuk gastritis.

Makan dengan porsi lebih kecil namun sering

Selain makan teratur , makanlah dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan kalori anda. Jangan makan dengan porsi besar, tapi makanlah dengan posri yang kecil namun makan dalam waktu yang sering.

Kurangi konsumsi makanan yang pedas

Selain makan teratur, cara lainnya untuk mencegah penyakit gastritis adalah mengurangi konsumsi makanan yang pedas. Terlebih lagi bagi anda yang pernah menderita gastritis sebaiknya harus mengurangi jenis makanan ini bila penyakit gastritis anda tidak ingin kambuh lagi. Karena bila sering mengkonsumsi makanan pedas bahkan mengkonsuminya secara berlebihan maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan lambung. Selain itu, kurangi juga konsumsi makanan yang asam dan makanan yang digoreng.

Jangan minum minuman alkohol

Tidak ingin terkena penyakit gastritis? maka hindari untuk tidak mengkonsumsi minuman alkohol. Karena seperti yang telah kita ketahui bahwa bahaya mengkonsumsi minum alkohol bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan lambung. Selain itu, hindari juga minum minuman bersoda.

Jaga kebersihan lingkungan

Penyebab gastritis adalah infeksi bakteri dan bakteri ini sangat mudah menyebar. Penyebarannya dapat terjadi dari lingkungan, minuman dan makanan yang tidak bersih. Oleh karena itu, selalu jaga kebersihan lingkungan serta konsumsi makanan dan minuman. Selain itu, cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah makan.

Kurangi kafein

Suka minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh? maka mulai sekarang kurangi minum minuman yang berkafein. Karena bila minum minuman berkafein secara berlebihan maka dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memicu kambuhnya penyakit gastritis.

Konsumsi makanan yang mengandung serat

Mencegah gastritis juga bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan makanan lainnya yang bernutrisi. Oleh karena itu, bagi anda yang tidak suka makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, maka mulai sekarang konsumsi makanan tersebut.

Konsumsi yogurt  


Salah satu manfaat mengkonsumi yogurt secara  rutin adalah dapat menjaga kesehatan lambung dan usus. Sehingga bila anda ingin terhindar dari penyakit gastritis dan tidak ingin penyakit ini kambuh lagi maka konsumsi yogurt.

Itulah cara mencegah gastritis. Setelah mengetahui cara mencegahnya, maka diharapkan untuk melakukan langkah-langkah ini sebagai pencegahan penyakit gastritis.

By Rizka Ardiana - Penyakit Kamis, 12 Oktober 2017 10:35:57

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Obat Kimia
Obat Hydrochlorothiazide Untuk Meningkatkan…

Hydrochlorothiazide merupakan obat diuretik…

Manfaat
Kebaikan Mandi Air Hangat…

Kebaikan mandi air hangat…

Kesehatan
Mengetahui Kanker Nasofaring yang…

Baru-baru ini aktor Korea…

Obat Kimia
Rekomendasi Pengobatan Infeksi Kandung…

Setelah mengetahui apa itu…

Kesehatan
Menu Makanan Sahur Dan…

Menu makanan sahur dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • konsultasi

    0 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat

  • penggunaannya

    0 Balasan

    Penyakit

    Suami sy skrg ini pakai kolostomi bag kmd ada peradangan pd stoma shg hb turun jadi 6,5 krn ada darah yg keluar pd wkt bab di kantong. Apakah jelly gamat…

  • sakit liver karena hepatitis b

    1 Balasan

    Penyakit

    Hasil USG dari rumah sakit menunjukan sakit liver yang sudah tahapan sirosis, sudah melakukan pengobatan danrutin minum obat dari dokter, tetapi kenapa setiap malam perut masih mengalami sakit yang hebat…

  • Sariwan

    1 Balasan

    Penyakit

    Saya sudah mengalami sariwan 2 minggu yang begitu bengkak. Ada lagi tubuh tapi msih kecil

  • Penyakit ganglion pada usia 5 tahun

    1 Balasan

    Penyakit

    Berapa lama keberhasilan obat ini untuk anak usia 5 tahun?? Dan apakah anak usia 5 tahun bisa terkena ganglion??


Penyakit
Tanda Dan Gejala Hipogonadisme Pada Pria Dan Wanita

Tanda dan gejala hipogonadisme pada…

Penyakit
Mengenal Perbedaan Penyakit Liver Dengan Hepatitis

Penyakit liver dan hepatitis adalah…

Penyakit
Jenis-Jenis Tes Untuk Mendiagnosa Penyakit Asma

Untuk menguatkan diagnosis terhadap penyakit…

Kirim Pertanyaan
Top