Inilah Gejala Penyakit Kelamin Paling Bahaya Pada Wanita

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi semua orang menjaga kesehatan organ intim sangatlah penting terutama bagi wanita karena lebih rentan terkena penyakit kelamin dibanding pria. Penyebabnya sangat beragam mulai dari kebiasaan hidur yang kurang sehat, paparan virus, dan prilaku seksual yang tentu akan mengganggu kehidupan pribadi bagi wanita dan juga mengganggu kehidupan sosial.


Agar tidak terjangkit penyakit kelamin maka sebagai wanita harus menyadari penyebabnya. Selain wanita muda, ibu rumah tangga pun harus mengetahui penyebab penyakit kelamin sejak dini untuk bisa mendeteksi secepat mungkin.

Berikut ini ada beberapa gejala umum yang dirasakan penderita dan bisa menjadi jika wanita tersebut mengalami penyakit kelamin, antara lain :

  • Terasa gatal dan panas pada vagina

Gejala panas dan gatal diarea vagina tak selamanya disebabkan karena penyakit kelamin, bisa saja ditimbulkan karena iritasi dan infeksi ragi. Maka penderita perlu mendeteksi jika sensasi yang dirasakan diarea vagina tidak seperti biasanya.

Mengalami keputihan yang tidak biasa yang disebabkan karena beberapa infeksi yang berhubungan dengan bakteri vaginosis dan ragi yang menjadi penyebab keputihan menjadi salah satu gejala penyakit kelamin.

  • Rasa nyeri pada perut bawah dan panggul

Rasa nyeri pada panggul bisa dipicu karena berbagai kondisi salah satunya radang panggul bisa terjadi karena penyakit kelamin yang tidak segera diobati akan menyebabkan rasa nyeri pada area tersebut dan bakteri akan menyebar kearea rahim dan perut sehingga terjadi radang dan luka jaringan parut. Nyeri pada panggul akan menimbulkan rasa yang menyakitkan, pada beberapa kasus bisa berakibat fatal yang menimbulkan penyakit tuba fallopi.

  • Nyeri saat masa subur dan menstruasi

Rasa nyeri saat menstruasi, masa subur dan saat berhubungan intim menjadi salah satu tanda terkena penyakit kelamin salpingits yaitu radang yang terjadi pada saluran tuba yang dipicu oleh infeksi bakteri misalnya penyakit seksual yaitu clamidia dan gonore, yang pada saat peradangan terjadi maka akan menyebabkan kerusakan permanen pada sakuran tuba sehingga terjadi infertilitas pada wanita.

  • Benjolan pada anus

Harus diwaspadai jika mengalami benjolan pada anus karena suatu tanda dari penyakit kelamin donovanosis atau sering disebut granumola inguinale yang terjadi karena klebisella granulomatis yang penyebarannya bisa terjadi lewat vagina atau anal seks.

  • Pendarahan abnormal

Pendarahan yang tidak normal juga salah satu tanda penyakit kelamin dan masalah reproduksi lain seperti PMS yang harus anda waspadai dan harus segera diperiksa ke dokter agar mendapat penanganan yang baik.

  • Terjadi perubahan pada warna urin

Awal mula gejalanya bisa dilihat dari warna urine yang terjadi sensasi panas seperti terbakar dan timbul rasa sakit saat sedang buang air kecil. Selian itu, gejala tersebut bisa saja terjadi karena ISK ataupun batu ginjal sedangkan penyakit kelamin pada wanita umumnya akan menimbulkan gejala diantaranya clamidia, trikomoniasis, dan gonore.

  • Nyeri saat berhubungan intim

Rasa nyeri saat melakukan hubungan intim biasanya dialami oleh wanita karena ada penyakit kelamin yang tak terlihat oleh mata. Pertama kalinya rasa nyeri tersebut bisa timbul, adanya perubahan dari segi intensitas, lokasi dan bentuk rasa nyeri serta terjadi rasa nyeri saat berganti pasangan.

Memar atau kutil yang menjadi bukti jika anda mengalami penyakit kelamin seperti sipilis, molloscum contagiosum, herpes, dan sipilis. Jika anda melihat benjolan yang tak biasa atau memar dekat area genital maka anda perlu waspada karena dapat menyebarkan infeksi meskipun benjolan atau rasa nyeri itu telah hilang tetapi virusnya masih akan tetap ada dalam darah.

  • Nyeri otot, flu, dan demam

Nyeri otot sendi, flu, dan demam serta rasa gatal pada kulit yang terkena infeksi yaitu beberapa gejala yang timbul dari suatu jenis penyakit kelamin seperti herpes. Herpes ini bisa menular dan masuk lewat mulut, vagina, labia, dan bagian kulit yang luka.

  • Terjadi bisul

Bisul juga menjadi salah satu tanda penyakit kelamin wanita yang disebabkan karena adanya bakteri haemophilus duccereyl dengan timbul gejala bisul kecil pada alat kelamin dan terjadi sesudah 1 hingga 14 hari penderita yang terkena infeksi chancroid yang setelah bisul selanjutnya akan berubah menjadi luka.

Bagi wanita yang mengalami beberapa gejala penyakit diatas maka langkah yang paling tepat yaitu segera periksakan ke dokter sehingga bisa segera ditangani sebelum penyakit kelamin tersebut berkembang semakin parah.

By Ana Rediana - Penyakit Kamis, 12 Oktober 2017 15:40:44

Related Post :
Penyakit
Komplikasi Batu Empedu Dan…

Batu empedu merupakan kondisi…

Kesehatan
Mengejutkan ! Ternyata Begadang…

Mungkin banyak yang berpendapat…

Tips
Tips Mengatasi Biang Keringat…

Berikut adalah tips mengatasi…

Kesehatan
7 Bahaya Garam Bagi…

Suka konsumsi garam? hati-hati,…

Obat Kimia
Obat Pencegah Serangan Penyakit…

Obat Pencegah Serangan Penyakit…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Ubi…

Menurut penelitian, ubi ungu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • konsultasi

    0 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat

  • penggunaannya

    0 Balasan

    Penyakit

    Suami sy skrg ini pakai kolostomi bag kmd ada peradangan pd stoma shg hb turun jadi 6,5 krn ada darah yg keluar pd wkt bab di kantong. Apakah jelly gamat…

  • sakit liver karena hepatitis b

    1 Balasan

    Penyakit

    Hasil USG dari rumah sakit menunjukan sakit liver yang sudah tahapan sirosis, sudah melakukan pengobatan danrutin minum obat dari dokter, tetapi kenapa setiap malam perut masih mengalami sakit yang hebat…

  • Sariwan

    1 Balasan

    Penyakit

    Saya sudah mengalami sariwan 2 minggu yang begitu bengkak. Ada lagi tubuh tapi msih kecil

  • Penyakit ganglion pada usia 5 tahun

    1 Balasan

    Penyakit

    Berapa lama keberhasilan obat ini untuk anak usia 5 tahun?? Dan apakah anak usia 5 tahun bisa terkena ganglion??


Penyakit
Mengetahui Penyebab Ebola Penyakit Yang Mematikan

Mengetahui penyebab ebola penyakit yang…

Penyakit
Penyakit
Diagnosis Kanker Hati Dan Tahap Perkembangannya

Diagnosis kanker hati sangat perlu…

Kirim Pertanyaan
Top