Ternyata Senyum Juga Menyehatkan ! Ini Manfaatnya

Share dan Tag Temanmu di :

Dilansir dari Wikipedia, senyum merupakan ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar mata. Biasanya senyum dilakukan untuk menunjukkan kebahagiaan dan rasa senang. 

Senyum itu datang dari rasa kebahagiaan atau kesengajaan karena ada sesuatu yang membuat ia tersenyum, bertambah baik raut wajahnya atau menjadi lebih cantik daripada ketika ia biasa saja atau ketika marah. 


Selain itu, ternyata senyum juga memiliki manfaat yan menyehatkan. Jika Ada yang bilang bahwa sehat itu mahal, sepertinya ucapan tersebut harus diralat. Faktanya, sehat itu bisa didapatkan dengan mudah, yaitu hanya melalui senyuman. Berikut ini beberapa manfaat senyum yang perlu diketahui :

  • Meredakan stres

Senyum membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi dan menyingkirkan hormon stres. Selain itu, mereka yang secara alami sering tersenyum akan lebih cepat pulih dari depresi. Senyum juga memiliki tindakan seperpti layaknya morfin yang membantu meredakan stres dan mengurangi persepsi rasa sakit di otak. 

  • Meningkatkan konsentrasi

Stres dapat membatasi cara pandang dan mengurangi fokus seseorang. Sebuah senyuman bisa memulihkan kemampuan berkonsentrasi dan mempermudah untuk menyelesaikan berbagai tugas sekaligus di waktu bersamaan. 

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Ketika tersenyum, tubuh akan merasa lebih rileks sehingga daya tahan tubuh akan meningkat seiring dengan aktivitas tersenyum yang dilakukan. Bahkan, tersenyum juga dapat meningkatkan suasana hati menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. 

  • Meredakan rasa sakit

Banyak orang yang meyakini bahwa tersenyum dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa sakit di tubuh. Ternyata hal tersebut terbukti kebenarannya, sebab hormon endorfin yang dilepaskan saat tersebut dapat mengurangi rasa sakit. 

  • Terlihat awet muda

Senyum secara alami mengangkat otot-otot wajah. Selain itu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang tersenyum tampak lebih muda dari usia aslinya. 

  • Meningkatkan rasa percaya

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa seseorang bisa terlihat lebih dipercaya jika ia murah senyum. Kepercayaan merupakan faktor terpenting dalam membangun hubungan yang sehat dengan sesama. 

  • Melanggengkan hubungan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikolog Dacher Keltner, PhD, and Lee Anne Harker, PhD selama 30 tahun di University of California, Berkeley, membuktikan hal tersebut. Seperti dikutip dari Reader's Digest, keduanya membandingkan foto-foto para siswa dari buku tahunan yang telah lulus dua dekade sebelumnya. Hasilnya, mereka yang tersenyum tulus dengan emosi positif memiliki hubungan pernikahan yang lebih sehat di usia mereka saat ini. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 13 Oktober 2017 10:58:39

Related Post :
Kesehatan
Lakukan 4 Langkah Ini!…

Lakukan 4 langkah hal…

Kesehatan
Fakta Seputar Tidur Siang…

Tidur siang sering dianggap…

Kesehatan
Ini Penyebab Anyang-Anyangan Pada…

Ini penyebab anyang-anyangan pada…

Tips
Cara Membuat Masker Jeruk…

Anda sedang mencari masker…

Penyakit
Prosedur Diagnosis Penyakit Celiac…

Prosedur diagnosis penyakit celiac…

Kesehatan
Cara Tingkatkan Metabolisme Tubuh…

Bagi Anda yang merasa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan Jenis-Jenis Alergi

Mengenal gejala, penyebab dan jenis-jenis…

Kesehatan
Jenis Makanan Untuk Mengobati Sariawan Agar Cepat Sembuh

Jenis makanan untuk mengobati sariawan…

Kesehatan
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Kawat Gigi

Pemasangan kawat gigi pada saat…

Kirim Pertanyaan
Top