Khasiat dan Manfaat Ceker Ayam Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Daging ayam merupakan salah satu jenis daging yang banyak disukai. Hampir semua orang suka mengonsumsi aneka hidangan berbahan daging. Walaupun begitu, tidak sedikit dari mereka yang enggan untuk mengonsumsi ceker ayam, karena bagian ini dianggap menjijikan. 

Sesuai dengan namanya, ceker adalah bagian kaki ayam. Jika dilihat dari bentuknya, maka itu akan menggambarkan lingkungan ayam yang kotor dan mungkin bagian ayam tersebut banyak mengadnung kuman atau bakteri. Namun, di beberapa derah di Indonesia, ceker ayam banyak dibuat menjadi bagai jenis sajian makanan. Khususnya di daerah Jawa Barat sendiri, kini ceker banyak diolah menjadi seblak, atau lebih dikenal dengan seblak ceker. 


Namun, apakah Anda tahu bahwa ceker ayam ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat ceker ayam bagi kesehatan tubuh yang bisa didapatkan, diantaranya :

  • Kaya akan kolagen

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan, terungkap bahwa kaki ayam mengandung kolagen yang sangat tinggi. Kolagen merupakan salah satu bahan khusus yang diperlukan kulit untuk menjaga elastisitas. Kadar kolagen alami yang ada didalam ceker ayam sangat mirip dengan kolagen yang ditemukan pada sayuran berdaun hijau dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. 

  • Memperbaiki sistem kekebalan tubuh

Ceker ayam terkenal dengan semua kandungan nutrisi penting seperti agen pembentuk kolagen atau gelatin. Selain itu, ceker ayam juga mengandung berbagai mineral seperti seng, tembaga, magnesium, kalsium, dan fosfor. Semua mineral ini diperlukan tubuh untuk membangun kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit.

  • Membantu proses penyembuhan

Nutrisi yang ditemukan pada ceker ayam memiliki kandungan protein dan kalsium. Kadua nutrisi ini sangat penting untuk membantu regenerasi saraf, otot dan tulang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti di Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa potensi nutrisi ini dapat membantu menyembuhkan luka. 

  • Menjaga kerapuhan tulang

Ketika seseorang mulai menua, jumlah kalsium dalam tubuh dan sel menjadi lebih sulit beregenerasi. Dengan mengonsumsi ceker ayam secara teratur, maka Anda bisa mendapatkan sejumlah nutrisi seperti kalsium, protein, tulang rawan, dan kolagen. Nutrisi ini dapat membantu menguatkan sendi dan mencegah tulang rapuh ketika tubuh mulai menua. 

  • Menjaga kesehatan gusi

Gusi merupakan jaringan kuat yang digunakan untuk menunjang gigi. Beberapa jenis penyakit gusi disebabkan oleh masalah kesehatan gigi yang buruk. Namun, masalah ini juga bisa ditimbulkan dari dalam tubuh. 

Kurangnya vitamin dan nutrisi juga bisa menimbulkan masalah pada gusi. Ceker ayam adalah makanan yang kaya akan kandungan nutrisi, salah satunya jaringan ikat dan tulang rawan, yang bisa berubah menjadi gel karena mengandung kolagen, asam amino, dan beberapa zat gelatin. Maka dari itu, semua zat ini akan meningkatkan kesehatan gusi. 

Itulah beberapa manfaat ceker ayam yang bisa didapatkan jika kita mengonsumsinya secara rutin. Namun, bagi Anda yang kurang menyukai atau tidak biasa mengonsumsi ceker ayam, maka Anda bisa mengolahnya menjadi kaldu. Dengan begitu, maka Anda akan tetap bisa mendapatkan nutrisi dan manfaat dari ceker ayam bagi kesehatan tubuh.

By Sri Maryati - Manfaat Sabtu, 14 Oktober 2017 13:17:27

Related Post :
Penyakit
Waspadai Ciri-ciri Kanker Rahim…

Waspadai kanker rahim sejak…

diet
Mengenal Diet Nordik ala…

Ada banyak jenis diet…

Kesehatan
Makanan Yang Cepat Menyembuhkan…

Makanan yang dapat dikonsumsi…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Inilah kandungan gizi dan…

Kesehatan
Menyenangkan ! Origami Bisa…

Tidak hanya menyenangkan, ternyata…

Penyakit
Makanan Ini Bisa Jadi…

Makanan ini bisa jadi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Ini Dia Manfaat Konsumsi Kacang Pistachio Bagi Kesehatan

Selain kacang mede, kacang pistachio…

Manfaat
Manfaat dan Kandungan Umbi Talas Bagi Kesehatan

Manfaat dan kandungan umbi talas…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah Murbei Bagi Kesehatan

Beragam manfaat buah murbei bagi…

Kirim Pertanyaan
Top