Obat Terbinafine Untuk Mengatasi Infeksi Jamur Pada Kulit

Share dan Tag Temanmu di :

Terbinafine, Obat Mengatasi Infeksi Jamur Pada Kulit dan Kuku.

Panu, kadas, dan kurap menjadi masalah bagi sebagian orang. Penyakit tersebut disebabkan oleh jamur yang bernama Malassezia. Umumnya, jamur ini tidak menyebabkan masalah pada kulit orang dewasa. Lalu bagaimana bisa Malassezia menimbulkan panu? Beberapa menduga kulit mulai teriritasi ketika jamur ini berkembang biak dengan pesat. Panu bukan penyakit menular dan tidak bisa dikaitkan dengan tingkat kebersihan yang buruk. Belum diketahui secara pasti mengapa jamur penyebab panu berkembang biak secara pesat pada beberapa orang, sementara pada sebagian orang lagi tidak. Beberapa faktor yang diduga mendukung perkembangbiakkan jamur tersebut diantaranya keringat berlebih, kulit berminyak, serta tinggal di daerah lembab bersuhu hangat.


Adalah terbinafine, obat kimia untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit dan kuku. Seperti kurap maupun panu yang muncul pada kulit tubuh. Cara kerja obat ini adalah dengan membunuh jamur penyebab infeksi. Orang yang bisa menggunakan obat ini adalah remaja berusia 16 tahun ke atas dan dewasa. Golongan obat resep ini berbentuk obat oles dan tablet.

Perempuan yang sedang hamil tidak bisa sembarangan menggunakan obat ini, harus sesuai dengan anjuran dokter. Sementara ibu menyusui sebaiknya tidak menggunakannya sama sekali. Penggunaan terbinafine harus disesuaikan dengan jangka waktu yang dianjurkan dokter untuk memastikan jamur penyebab infeksi benar-benar mati dan tidak akan tumbuh lagi. Harap hati-hati jika obat ini dipakai oleh orang lanjut usia terutama yang berusia 65 tahun ke atas, orang dengan gangguan organ hati, gangguan ginjal, psoriasis, dan autoimun seperti lupus. Diusahakan untuk menghindari untuk mengemudi serta mengoperasikan alat-alat berat setelah mengonsumsi obat ini karena biasanya ada efek samping berupa sakit kepala.

Dosis terbinafine untuk pasien dewasa umumnya adalah 250 miligram yang diminum satu kali per hari. Durasi konsumsi ditentukan dokter tergantung pada tingkat keparahan infeksi yang dialami pasien. Berikut kami jelaskan lebih detail mengenai dosisnya:

-Infeksi kurap pada kuku, durasi konsumsinya mulai dari 1,5 bulan sampai 3 bulan.

-Infeksi kurap pada kaki, durasi konsumsi mulai dari 2 minggu sampai dengan 1,5 bulan.

-Infeksi kurap pada selangkangan, durasi konsumsi mulai dari 2 minggu sampai dengan 1 bulan.

-Infeksi pada tubuh bagian atas, durasi konsumsinya 1 bulan. Frekuensi pemakaian terbinafine dalam bentuk oles biasanya dibatasi sebanyak sekali dalam sehari.

Namun dalam penggunaannya, obat terbinafine untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit serta kuku ini bisa menyebabkan efek samping seperti perut kembung, sakit kepala, sakit perut, nyeri otot, dan diare.

By Nida Saripah - Obat Kimia Senin, 25 Juli 2016 16:06:31

Related Post :
Alami
Obat Sakit Gigi Alami…

Obat sakit gigi alami…

Kesehatan
Ketahui Penyebab Gusi Berdarah…

Ketahui penyebab gusi berdarah…

Manfaat
7 Manfaat Lobak Putih…

Lobak putih merupakan salah…

Kesehatan
Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi…

Buah-buahan yang baik dikonsumsi…

Penyakit
Mengenal Terapi Dan Pengobatan…

Mengatasi sleep apnea pada…

Kesehatan
Penyebab dan Tips Atasi…

Berikut ini merupakan penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Carbamazepine Obat Penyakit Kejang Epilepsi Di Apotek

Carbamazepine obat penyakit kejang epilepsi…

Obat Kimia
Vitamin Untuk Menjaga Fungsi Otak Dan Sistem Saraf

Vitamin untuk menjaga fungsi otak…

Obat Kimia
Obat Bibir Perih Pecah Pecah Ketika Haji Atau Umroh

Obat bibir perih, pecah-pecah dan…

Kirim Pertanyaan
Top