Menguak Penyebab Meninggalnya Kiper Persela Choirul Huda

Share dan Tag Temanmu di :

Dunia sepak bola Indonesia kini tengah berduka. Penggawa gawang Persela Lamongan, Choirul Huda dikabarkan meninggal dunia setelah terlibat insiden pada pertandingan Liga 1, Minggu (15/10/17). 


Dalam sebuah tayangan video pertandingan, terlihat adanya benturan antara Choirul Huda dengan rekan satu timnya, Ramon Rodrigues. Benturan trsebut terjadi ketika kiper yang berusia 38 tahun tersebut mencoba menghadang umpan terobosan pemain Semen Padang.  Sayangnya, Choirul Huda dan Ramon tidak berkomunikasi sehingga terjadi benturan keras di kotak penalti Persela. 

Setelah terjadi benturan tersebut, Choirul langsung mengerang kesakitan sambil memegangi dadanya. Marcel, yang merupakan pemain Semen Padang, menyebutkan bahwa Choirul mengalami sesak nafas dan menjulurkan lidahnya ke samping, hingga akhirnya ia tak sadarkan diri. 

Tak berselang lama setelah mendapatkan pertolongan pertama di Stadion, Choirul langsung dibawa ke UGD RSUD Soegiri. Namun, sayangnya, nyawanya tidak tertolong. Lalu, apa penyebab meninggalnya Choirul Huda ? Berikut ini merupakan pernyataan Dokter Yudistiro Andri Nugroho, Spesialis Anastesi UGD RSUD Soegiri yang menangani Choirul Huda :

Choirul Huda mengalami trauma benturan dengan sesama pemain, sehingga terjadi apa yang disebut dengan henti napas dan henti jantung. Sesuai analisa awal, benturan ada di dada dan rahang bawah. Ada kemungkinan trauma dada, trauma kepala, dan trauma leher. Di dalam tulang leher tersebut terdapat sumsum tulang yang menghubungkan batang otak. Dibagian otak tersebut ada pusat-pusat semua organ vital, pusat denyut jantung dan napas. Mungkin hal tersebutlah yang menyebabkan Choirul Huda mengalami henti jantung dan henti napas.

“Mungkin itu yang menyebabkan Choirul Huda henti jantung dan henti nafas. Itu analisa awal kami, karena tim kami tidak sempat melakukan scaning, karena mas Huda tidak layak transport dengan kondisi kritis seperti itu. Kita tidak bisa mengondisikan untuk dibawa ke Radiologi. Kita lebih menangani kondisi awal,” tambahnya.

Trauma bukanlah hal yang asing di dunia sepak bola. Tidak sedikit para pemain yang mengalami trauma, mulai dari trauma ringan hingga trauma berat yang dapat merenggut nyawa. Trauma tumpul pada dada, seperti yang dialami oleh Choirul Huda ini merupakan salah satu trauma yang sering terjadi pada pemain sepak bola. Sayangnya, banyak yang tidak mengetahui bahwa trauma tumpul pada dada ini dapat berakibat fatal. Menurut data, sekitar 25%-50% kematian dari trauma disebabkan oleh trauma dada. 

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 16 Oktober 2017 15:05:10

Related Post :
Daun
Kenali Berbagai Manfaat Daun…

Kenali berbagai khasiat dan…

Alami
Obat Asam Urat Alami…

Obat asam urat dari…

Manfaat
Manfaat Rutin Minum Air…

Mentimun kaya akan kandungan…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Mengonsumsi…

Meskipun sering dianggap sebagai…

Kesehatan
Kenali Berbagai Gejala Kanker…

Mengenal kanker pankreas lengkap…

Penyakit
Kenali Penyakit Polio Serta…

Mengenal penyakit polio serta…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Jenis-jenis Sayuran Terbaik Untuk Diet

Punya berat badan yang ideal…

Kesehatan
Cara Mencegah Kanker Serviks dan Kanker Payudara

Cara mencegah kanker serviks dan…

Kirim Pertanyaan
Top