Dampak Setelah Operasi Ganglion Yang Harus Diwaspadai

Share dan Tag Temanmu di :

Kista ganglion merupakan benjolan berlemak dan termasuk tumor jinak yang tumbuh pada lapisan bawah kulit pada area sendi atau tendon. Kista ganglion seringkali dialami oleh kaum wanita namun tidak menutup kemungkinan bisa saja menyerang kaun pria pada usia sekitar 20 sampai 40 tahun.


Ciri-ciri Ganglion Secara Umum

Pada awalnya tidak akan menyadari timbulnya ganglion karena untuk tumbuh membesar membutuhkan waktu yang lama dan tidak menimbulkan rasa sakit saat ganglion tumbuh dengan ukuran yang masih kecil.

  • Ganglion biasanya tumbuh pada area dekat persendian dan pergelangan tangan.
  • Ganglion memiliki bentuk yang bulat yang terlihat jelas dan tegas serta berukuran 1 hingga 3 cm.
  • Ganglion bisa timbul secara tiba-tiba namun juga dapat hilang dengan sendirinya.
  • Area yang ditumbuhi ganglion akan mudah mengalami lemas, linu, pegal-pegal, dan kelelahan.

Solusi Pengobatan

Cara paling efektif untuk mencegah timbulnya ganglion yaitu dengan melakukan pengobatan dengan metode pengangkatan benjolan berlemak (operasi).

  • Metode operasi aspirasi (operasi kecil) tujuan utamanya untuk mengangkat benjolan berlemak hingga tuntas tanpa meninggalkan bekas seperti serat atau sisa akar dilapisan kulit bagian dalam termasuk bagian pembungkus sendi sehingga tidak dapat menyebabkan ganglion tumbuh kembali.
  • Metode operasi klasik atau eksisi merupakan metode yang menggunakan cairan anastesi lokal ke dalam jaringan yang ditumbuhi ganglion yang telah membesar. Mengolesi cairan anastesi pada permukaan yang dekat dengan area yang ditumbuhi ganglion supaya karakter benjolan yang membengkak dapat diminimaliskan.  

Berikut ini Dampak Setelah Operasi Ganglion

  • Rasa sakit

Umumnya dampak setelah operasi ganglion yaitu muncul rasa sakit yang timbul tenggelam dan rasa sakit itu akan meningkat intensitasnya pada malam hari. Rasa sakit yang terus-menerus berlangsung dapat menimbulkan keluhan seperti sensasi senat-senut dan rasa linu pada lokasi yang diangkat ganglionnya.

  • Pembatasan gerak

Dampak setelah operasi ganglion yang cukup mengkhawatirkan yaitu dokter melarang pasien jangan terlalu banyak gerak pada lokasi yang telah diangkat ganglion setidaknya sampai waktu 10 hari ataupun lebih, karena dapat menyebabkan ruang gerak menjadi terbatas dan tidak nyaman.

  • Tangan kaku

Metode pengangkatan benjolan berlemak pada area pergelangan tangan atau punggu dari area jari-jari tangan tak selamanya meningkatkan rasa nyaman saat digerakan karena sebagian besar dapat menimbulkan dampak setelah operasi ganglion berupa pembengkakan, sensasi kebas, jari-jari menjadi kaku, sakit saat digerakan, dan kesemutan.

  • Infeksi

Infeksi salah satu dampak setelah operasi ganglion yang bisa terjadi akibat penderita tidak bisa menjaga dan merawat operasi secara maksimal.

  • Komplikasi

Dampak setelah operasi ganglion muncul komplikasi yang sering menyerang usia lanjut karena sangat berhubungan dengan daya tahan tubuh yang secara alami telah mengalami penurunan. Komplikasi tersebut seperti rentan terserang gejala osteoarthritis.

  • Benjolan kembali muncul

Metode operasi pengangkatan dapat mencegah agar ganglion tidak kembali muncul namun ganglion sewaktu-waktu bisa saja muncul pada penderita yang memiliki riwayat kanker dari salah satu keluarganya atau sebelumnya pernah menjalani operasi kanker.

  • Mengurangi aktivitas

Pada penderita yang telah sembuh dari ganglion dilarang melakukan kegiatan yang berkaitan dengan angkat beban berat karena akan menyebabkan muncul rasa nyeri pada area ganglion yang dulu pernah diangkat melalui metode operasi.

  • Timbul jaringan parut

Dampak setelah operasi ganglion pada wanita yang cukup mengganggu penampilan yaitu terbentuknya jaringan parut pada lokasi yang pernah dilakukan pengangkatan ganglion dan sangat susah dihilangkan kecuali melakukan metode bedah plastik.

  • Kerusakan saraf

Dampak yang paling bahaya setelah operasi ganglion yaitu muncul resiko kerusakan saraf dan pembuluh darah disekitar area pembedahan ganglion yang dapat menyebabkan pergelangan tangan atau jari-jari tidak bisa digerakan dalam waktu yang cukup lama.

By Ana Rediana - Penyakit Selasa, 17 Oktober 2017 08:45:32

Related Post :
Ibu Dan Anak
Tips Agar Anak Terbiasa…

Salah satu cara agar…

Kesehatan
Pilihan Jus Buah Penurun…

Pilihan jus buah penurun…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Luar biasa! inilah khasiat…

Obat Kimia
Manfaat Kandungan Amilase Pada…

Manfaat kandungan amilase pada…

Tips
Cara Mengolah Bawang Putih…

Selain mengetahui khasiat bawang…

Kesehatan
4 Kebiasaan Buruk Penyebab…

Mengetahui 4 kebiasaan buruk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Kesehatan

    0 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    0 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat

  • penggunaannya

    0 Balasan

    Penyakit

    Suami sy skrg ini pakai kolostomi bag kmd ada peradangan pd stoma shg hb turun jadi 6,5 krn ada darah yg keluar pd wkt bab di kantong. Apakah jelly gamat…

  • sakit liver karena hepatitis b

    1 Balasan

    Penyakit

    Hasil USG dari rumah sakit menunjukan sakit liver yang sudah tahapan sirosis, sudah melakukan pengobatan danrutin minum obat dari dokter, tetapi kenapa setiap malam perut masih mengalami sakit yang hebat…

  • Sariwan

    1 Balasan

    Penyakit

    Saya sudah mengalami sariwan 2 minggu yang begitu bengkak. Ada lagi tubuh tapi msih kecil


Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Rematik Dan Gejalanya

Berikut adalah berbagai macm jenis…

Penyakit
Ketahui Gejala dan Metode Pengobatan Kanker Darah

Ketahui gejala dan metode pengobatan…

Penyakit
Waspada! Ini Berbagai Gejala Usus Turun Pada Pria Dan Wanita

Waspada! inilah berbagai gejala usus…

Kirim Pertanyaan
Top