Manfaat Daun Bungur Untuk Diabetes Hingga Kolesterol Tinggi

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun bungur di ketahui cukup efektif dalam mengatasi penyakit diabetes hingga menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Bahkan di luar itu, masih terdapat khasiat lainnya yang juga tak kalah baik untuk kesehatan tubuh. Adapun bagi anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, Sebaiknya anda jangan sampai melewatkan menyimak ulasan singkat berikut ini.

Sudahkah anda mengetahui apa itu daun bungur?

Daun bungur adalah nama daun yang berasal dari tanaman yang memiliki jenis bunga berwarna pink. Dan karena bunganya yang cantik itulah tak jarang tanaman ini sering di jadikan sebagai tanaman hias. Bahkan tak hanya penampilannya yang cantik, melainkan bunganya juga memiliki wangi yang unik dan juga harum.


Tanaman yang memiliki nama latin Lagerstroemia speciosa ini sendiri umumnya tumbuhnya tumbuh subur di negara Asia tropis termasuk Indonesia. Pada umumnya, tanaman yang juga sering kali di sebut ketangi ini memiliki ketinggian mencapai 9 meter lebih. Sehingga selain di jadikan tanaman hias, tanaman yang juga tumbuh subur di tanah gersang ini sering kali di jadikan sebagai tanaman peneduh yang di tanam di pinggir jalan.

Meski tergolong ke dalam tanaman liar, tanaman ini rupanya memiliki khasiat tersembunyi untuk kesehatan, Mulai dari bunga, akar terutama bagian daunnya. Bahkan daun bungur sendiri telah sejak lama di gunakan oleh masyarakat kuno untuk mengobati kencing manis untuk diabetes.

Kandungan nutrisi daun bungur yang baik untuk kesehatan

Daun bungur di ketahui memiliki sejumlah kandungan yang sangat baik untuk pengobatan beberapa jenis penyakit. Bahkan tak hanya di jadikan obat herbal, melainkan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan.


Menurut beberapa penelitian yang telah di lakukan, di dalam daun bungur terkandung senyawa alami antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun. Selain dari pada itu, beberapa kandungan senyawa alami lainnya yang terdapat di dalam daun bungur di antaranya adalah asam korosolat, saponin, tannin dan juga flavonoid. Daun bungur juga di ketahui memiliki beberapa sifat fitokimia yang diantaranya seperti antiseptik, antivirus, antihipertensi dan antidiabetes.

Khasiat dan manfaat daun bungur untuk diabetes hingga kolesterol tinggi

Berbagai kandungan senyawa alami yang terdapat di dalam daun bungur sangat baik untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan diantaranya.

1. Mencegah dan mengatasi diabetes

Penyakit diabetes pada umumnya di tandai dengan terjadinya penurunan produksi insulin yang menyebabkan kadar gula semakin melonjak naik. Namun banyak sekali cara untuk meningkatkan produksi insulin. Salah satunya dengan kandungan alami asam korosolat yang terdapat di dalam daun bungur. Asam korosolat ini biasanya di dapatkan dari ekstrak daun bungur.

Adapun cara mengolah daun bungur untuk diabetes adalah dengan merebus 7 lembar daun bungur dengan 4 gelas hingga tersisa hingga setengahnya. Untuk hasil yang optimal minumlah air rebusan daun bungur ini setidaknya 1x sehari secara teratur.

2. Mengatasi peradangan

Peradangan pada umumnya sering terjad akibat virus maupun bakteri. Mencegah maupun mengatasi peradangan atau inflamasi nyatanya bisa bisa di atasi dengan memanfaatkan daun bungur. Flavonoid yang terdapat di dalam daun bungur mampu mencegah dan mengatasi peradangan yang terjadi.

3. Menjaga kesehatan tulang

Beberapa di antara senyawa yang memiliki manfaat untuk kesehatan tulang adalah kalsium dan fosfor. Sehingga jika tulang kekurangan asupan nutrisi tersebut maka dapat menyebabkan tulang menjadi keropos. Namun selain kalsium dan fosfor, tulang juga nyatanya memerlukan senyawa flavonoid yang nyatanya juga terkandung dalam daun bungur untuk mencegah pengeroposan dalam tulang.

4. Mencegah perkembangan sel kanker

Daun bungur di ketahui memiliki kandungan senyawa saponin yang dapat meningkatkan sistem imun menjadi senyawa antioksidan. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam daun bungur ini  dapat membantu mencegah sel kanker yang ada di dalam tubuh. Selain dari pada itu, daun bungur juga nyatanya mengandung flavonoid. Nah kedua senyawa tersebut mampu mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

5. Mengatasi kencing batu

Masalah kesehatan kencing batu atau batu ginjal juga nyatanya bisa di atasi secara alternatif menggunakan daun bungur. Bahkan cukup dengan meminum air rebusan daun bungur di ketahui mampu membantu menghancurkan batu ginjal yang dapat mengganggu fungsi ginjal untuk filtrasi.

6. Mengatasi hipertensi

Bagi anda yang kini tengah mengalami tekanan darah tinggi, anda bisa memanfaatkan daun ini untuk mengatasinya. Hal tersebut lantaran di dalamnya terdapat kandungan antihipertensi sehingga dapat menurunkan dan menormalkan tekanan darah anda kembali. Adapun cara pengolahannya adalah dengan merebus daun bungur dengan air secukupnya hingga mendidih. Dan minum ramuan ini secara teratur 3x sehari.

7. Menurunkan kolesterol tinggi dalam darah

Penumpukan kolesterol dalam darah dapat meningkatkan beberapa gangguan kesehatan. Namun dengan mengonsumi daun bungur di yakini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan dapat mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit yang di sebabkan oleh tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh.

Nah itulah sejumlah kegunaan daun bungur untuk diabetes dan kesehatan lainnya. Namun selain dari pada yang telah di sebutkan di atas, masih banyak lagi khasiat daun bungur yang juga sangat baik untuk kesehatan dan pengobatan lainnya seperti mengatasi penyakit stroke, mencegah penyakit jantung, mengatasi sakit gigi, mengatasi keputihan, mengatasi penyakit batuk berdarah, mencegah penyakit aterosklorosis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bahkan tak hanya daunnya, bagian dari pada manfaat pohon bungur lainnya juga sangat bisa di manfaatkan untuk kesehatan. Seperti hanya kulit kayunya bisa di manfaatkan untuk mengatasi diare, disentri dan juga kencing bernanah. Sedangkan biji bungur yang di haluskan dan di tambahkan dengan setengah sendok minyak kelapa di ketahui mampu mengatasi penyakit eksim dan penyakit kulit lainnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar khasiat dan manfaat daun bungur untuk diabetes dan kesehatan lainnya secara menyeluruh. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentunya.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 17 Oktober 2017 11:28:57

Related Post :
Tips
Hindari Makanan Pemicu Naiknya…

Menghindari makanan pemicu naiknya…

Manfaat
Jangan Dibuang! Ini Manfaat…

Selain dagingnya, biji nangka…

Kesehatan
Dampak Terlalu Sering Mengonsumsi…

Berikut adalah berbagai dampak…

Penyakit
Tanda dan Gejala Stroke…

Tanda dan Gejala Stroke…

Kesehatan
Ketahui Berbagai Penyebab Kaki…

Berbagai penyebab kaki terasa…

Ibu Hamil
Resep Obat Flu Alami…

Ibu hamil jangan mengonsumsi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Manfaat Daun Sendok Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Ketahui kandungan, khasiat dan manfaat…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top