Ketahui Posisi Duduk Yang Benar Agar Tulang Belakang Sehat

Share dan Tag Temanmu di :

Tulang punggung yaitu salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi penting dalam menjaga kestabilan tubuh. Tak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dalam posisi duduk sehingga sangat penting untuk mengetahui posisi tubuh saat duduk yang benar untuk menjaga kesehatan tulang punggung.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan ketika sedang duduk antara lain :

  • Duduklah dengan tegak dengan punggung dan bahu belakang. Paha menempel didudukan kursi dan bokong harus menyentuh bagian belakang kursi. Perlu anda ketahui, bahwa tulang punggung memiliki bentuk yang sedikit melengkung kedepan pada bagian pinggang sehingga dapat diletakan bantal untuk menyangga kelengkungan tulang punggung.
  • Pusatkanlah beban tubuh pada satu titik supaya seimbang dan usahakan jangan sampai membungkuk. Apabila diperlukan kursi dapat ditarik mendekati meja kerja agar posisi duduk tidak membungkuk.
  • Untuk mengetahui posisi duduk yang baik saat duduk, yang pertama duduk diujung belakang kursi lalu membungkuklah dalam-dalam kemudian angkat tubuh sambil membuat lengkungan pusat dipinggang kedepan sejauh mungkin lalu kendurkan posisi tersebut kebelakang sekitar 10-20 derajat.
  • Posisi lutut juga memiliki peranan penting maka tekuklah lutut hingga sejajar dengan pinggul dan usahakan untuk tidak menyilangkan kaki.
  • Bagi yang memiliki tubuh kecil atau menggunakan memakai sepatu hak tinggi yang merasa dudukan kursinya terlalu tinggi maka penggunaan pengganjal kaki juga membantu menyalurkan beban dari tungkai.
  • Apabila melakukan kegiatan menulis tanpa menggunakan meja maka gunakan pijakan dibawah kaki dengan posisi kaki sejajar dengan lantai tetapi hal tersebut jangan dilakukan terlalu lama karena akan menyebabkan tulang ekor menahan sebagian beban yang berasal dari paha.
  • Usahakan setiap 30 hingga 40 menit istirahat dengan cara berdiri, peregangan sesaat, dan berjalan jalan disekitar meja kerja untuk mengembalikan kesegaran tubuh agar tetap konsentrasi dalam bekerja.
  • Diatas meja tangan dibuat senyaman mungkin tapi tak lupa juga untuk mengistirahatkan lengan dan siku. Jika anda perlukan, dapat menggunakan sandaran tangan untuk membantu mengurangi beban pada bahu dan leher agar tidak mudah lelah.
  • Apabila ingin mengambil sesuatu benda yang berada disamping atau dibelakang jangan memutar punggung tapi putarlah keseluruhan tubuh sebagai satu-kesatuan.
  • Jika duduk terlalu lama menjadi salah satu faktor resiko pembentukan batu ginjal maka selain dengan melakukan peregangan teratur, sangat disarankan untuk mengkonsumsi air minum yang cukup.

Itulah beberapa posisi duduk yang benar yang harus anda lakukan agar tulang belakang anda sehat dan terhindar dari penyakit yang tak diinginkan.

By Ana Rediana - Kesehatan Rabu, 18 Oktober 2017 09:02:42

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Penyakit
5 Fakta Penyakit Asma…

Istri tukul arwana, HJ…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Selain buahnya, khasiat dan…

Kesehatan
Waspada! Meski Tak Manis…

Hanya karena tidak terasa…

Tips
Mudah Lelah Saat Hamil?…

Banyak sekali penyebab mudah…

Alami
Cara Alami Mengatasi Penuaan…

Berikut adalah beberapa cara…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Inilah Penyakit Yang Timbul Akibat Kurang Serat

Inilah penyakit yang timbul akibat…

Kesehatan
Ketahui Gejala Penyebab Dan Pencegahan Jantung Bengkak

Informasi tentang penyebab, gejala dan…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top