Mengetahui Prosedur Operasi Usus Turun Dan Kisaran Biayanya

Share dan Tag Temanmu di :

Operasi usus turun adalah salah satu jenis pengobatan yang banyak di tempuh oleh penderitanya untuk menggeapai kesembuhan. Namun meski begitu, sebenarnya masih banyak alternatif lainnya yang di percaya tak kalah efektif untuk penyembuhan usus turun seperti dengan menggunakan obat usus turun herbal. Adapun sejatinya operasi usus turun ini memiliki berbagai pilihan. Seperti yang akan kami uraikan berikut.


Usus turun atau yang sering di kenal dengan istilah penyakit hernia atau turun berok ini merupakan kondisi dimana sebagian usus yang terdapat di dalam rongga perut keluar sehingga membuat suatu benjolan atau tonjolan yang nampak bisa di raba dari luar. Penyebab akibat usus turun sendiri di ketahui akibat sering melakukan aktivitas atau pekerjaan yang lebih sering mengangkat beban berat dan juga berbagai faktor lainnya. Kondisi ini lebih sering terjadi pada pria di bandingkan perempuan.

Di Indonesia, jenis usus turun atau hernia yang sering terjadi adalah hernia inguinalis, Jenis hernia ini pada umumnya dapat menimbulkan komplikasi sperti halnya inkarserat dan strangulata.

  • Inkarserat, terjadi pada saat kondisi hernia ihi mnenghalangi minerja usus dan menyebabkan beberapa kondisi seperti nyeri yang parah, mual, muntah, perut bengkak dankan hingga susah buang angin atau buang air besar.
  • Strangulata, adalahkondisi pada saat jaringan terjepit aau pasokan darah terputus. Kondisi ini menyebabakan kematian pada jaringan usus yang terkana (gangren), pendarahan para, infeksi bakteri serius di darah (sestikemia) bahkan mengancam jiwa penderita.

Mengetahui prosedur operasi turun atau hernia

Pada umumnya hernia inguinalis atau kondisi usus turun dapat di atasi denganprosedur operasi. Asdapun cara operasi usus turun yang bisa di lakuan, diantaranya adalah pembedahan terbuka dan juga operasi laroskopi. Namun di Indonesia sendia sendiri, pembedahan terbuka sering kali di lakukan untuk menyembuhkan pnyakit ini.

1. Operasi hernia terbuka

Pada operasi ini, penyayatan di  lakukan di daerah selangkangan maupun daerah tubuh lainnya yang terdampak hernia. Namun, sebelum prosedur operasi di mulai, pada umumnya pasien akan di beri bius lokal (pasien tetap terjaga selaa operasi, namun mengalami mati rasa  di daerah yang akan di bedah). Namun dalam beberapa kasus, anestesi umum atau pembiuasan secara menyeluruh juga bisa di lakukan.


Setelah efek anestesi bekerja, dokter selanjutnya akan membuat sayaran tunggal sepanjang 6-7 cm. Jaringan lemak atau usus yag menonjol  kemudian akan di tempatkan kembali ke dalam perut. Selanjutnya, selembar jaring sintesis akan di tempatkan di dinding perut, lebih tepatnya dimana usus turun terjadi. Jaring sintesisi gini berguna untuk mengurangi resiko usus turun atau hernia akan terulang. Dan terakhir, perutpun akan di tutup.

Namun, apabila terjadi strangulata atau ada bagian usus yang rusak, maka bagian tersebut perlu di potong, dan kedua ujung uus yang sehat akan di gabungkan kembali.

Catatan:

  • Indikasi: Prosedur operasi ini di anjurkan untuk pasien hernia inguinalis terutama nak-anak dan bayi yang mengalami nyeri atau gejal lainnya. Operasi ini juga di tunjukan untuk penanganan hernia inguinalis inkarserata dan strangulata.
  • Pemulihan: Pasien operasi usus turun terbuka pada umumnya dapat kembali beraktifitas, seperti berkendara, melakukan kegiatasn ringan dan melakukan hubungan seksual setelah 3 minggu dioperasi. Selama itu, hindari melakukan olahraga berat dan aktivitas yang dapat menimbulkan rasa nyeri.
  • Komplikasi: Pembengkakan di atas sayatan yang biasa di atasi dengan melakukan kompres es 10-20 menit di atas sayatan. Dan hubungi dokter apabila, mengalami demam, luka sayaran menjadi merah, testis terasa bengkak, luka pendarahan hingga merembes perban usai operasi.

2. Operasi usus tusun laparoskopi

Sebelum menjalani prosedur operasi ini, Pasien pada umumnya menjalani puasa selama 6-12 jam sebelum operasi, termasuk pemberian beberapa jenis obat-obatan pengencer darah untuk menghindari pendarahan.


Setelah itu, pasien akan di berikan bius total, sehingga ia akan tertidur untuk menghindari rasa sakit saat prosedur operasi di lakukan. Selanjutnya, pipa di masukan untuk mengalirkan gas karbondioksida ke dalam perut hingga perut menggembung. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah pengamatan organ yang terdapat di dalam perut oleh dokter.

Semacam pipa kecil dan berlampu pun akan di masukan ke sebuah lubang kecil yang tepat berada di bawah pusar. Dan pipa tersebutlah yang di namakan dengan laroskop. Laroskop ini akan menampilkan gambar ke layar monitor, sehingga dokter bisa mendapat pandangan hernia dengan jelas.

Alat bedah kecilpun selanjutnya  di masukan melalui sayatan untuk melakukan prosedur yang di perlukan berdasarkan gambar dari laparoskop di monitor. Setelah selesai, gas karbondioksida juga akan di keluarkan dari perut dan sayatan akan di tutup menggunakan jahitan atau klip.

Catatan:

  • Indikasi: prosedur ini di perutukan bagi penderita hernia inguinal yang merasakan rasa sakit atau gejala lainnya. Namun posedur operasi laoaroskopi ini tidak di anjurkan pada pasien penderita hernia inguinal inkarserata, memiliki penyakit kelainan darah dan paru-paru yang parah, tidak dapat menerima anestesi umum obesitas, wanita hamil dan lainnya.
  • Pemulihan: Berbagai penelitian mengungkapkan bahwasannya pasien lebih merasakan sakit usai menjalani operasi hernia terbuka di bandingkan dengan operasi hernia laparoskopi. Bahkan pasien yang telah menjalani prosedur operasi ini dapat pulang hari itu juga  dengangan masa penyembuhan kurang lebih 1-2 minggu.
  • Komplikasi: Pasien bisa saja mengalami demam hingga 38 derajat celsius, kedinginan atau panas dingin, perut terasa nyeri, daerah sayatan terasa sakit dan berwarna kemerahan, salah salah satu sakit dan bengkak dan juga terasa perih atau tersengat saat buang air kecil. Jika beberapa kondisi tersebut terjadi 24 jam pasca operasi sebaiknya anda segera memerikskan kondisi pasien ke dokter.

Kisaran biaya operasi usus turun 2017

Menurut informasi yang telah kami kumpulkan, kisaran biaya operasi usus turun atau hernia lengkap beserta peratan bisa mencapai Rp.6.000.0000 bahkan lebih tergantung prosedur operasi yang di pilih serta di rumah sakit mana anda melakukan prosedur operasi tersebut.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan seputar prosedur operasi usus turun lengkap dengan kisaran biayanya bisa bermanfaat dan menjadi referensi akurat sebelum anda menentukan pengobatan dengan perosedur operasi ini.

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 18 Oktober 2017 10:57:57

Related Post :
Kesehatan
Waspada! Orang Tipe Ini…

Berikut ini merupakan beberapa…

Alami
Obat Tradisional yang Aman…

Selain melalui prosedur operasi,…

Kesehatan
Dampak Penggunaan Lensa Kontak…

Penggunaan lensa kontak dalam…

Penyakit
Faktor Penyebab Timbul Memar…

Faktor penyebab timbul memar…

Kesehatan
Fakta Mengejutkan Seputar Ganja…

Peredaran ganja di Indonesia…

Tips
Tips Mudah Mengatasi Telinga…

Cara dan tips mudah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Gejala Asam Urat Yang Perlu Diketahui

Penyakit asam urat atau dikenal…

Penyakit
Penyebab Utama Terjadinya Migrain Pada Ibu Hamil

Penyebab utama terjadinya migrain pada…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab dan Pencegahan Rabun Jauh

Mengenal gejala penyebab dan pencegahan…

Kirim Pertanyaan
Top