Usia Berapa Bayi Boleh Minum Air Putih?

Share dan Tag Temanmu di :

Program ASI (Air Susu Ibu) ekslusif merupakan program yang sudah terkenal termasuk di Indonesia. Program ASI ini disarankan pada ibu hanya memberikan ASI hingga usia 6 bulan. Lalu usia berapa bayi boleh minum air putih? karena biasanya sebagai ibu melakukan untuk membilas setelah minum ASI.


ASI yaitu asupan terbaik untuk bayi, semua makronutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, dan mikronutrisi seperti mineral dan vitamin yang terdapat pada ASI mengandung antibody, melawan infeksi. Hormon dan enzim pada ASI tidak dapat digantikan oleh susu formula apalagi air putih.

Perlu diketahui, protein pada ASI lebih mudah dicerna dibanding susu formula atau susu sapi. Zat besi dan kalsium pada ASI juga lebih mudah diserap oleh tubuh bayi sehingga ASI ekslusif dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi dan dapat menurunkan resiko penyakit seperti obesitas, asma, diabetes untuk si kecil dikemudian hari.

Tak hanya untuk bayi manfaat ASI ekslusif juga sangat bermanfaat untuk sang ibu yang menyusui. Rahim yang akan berkontraksi sehingga pendarahan akan lebih cepat berhenti, dapat menurunkan resiko penyakit kanker payudara dan ovarium dan hubungan emosional serta batin ibu dan bayi akan tercipta.

Lalu apakah bayi masih membutuhkan air putih??

Secara umum bayi tidak membutuhkan dan tak perlu diberi air putih hingga usia 6 bulan karena sudah mendapatkan cairan yang cukup dari ASI meski dicuaca panas sekalipun dan disaat bayi berkeringat. Anda boleh memberikan sedikit air putih saat haus ketika bayi sudah berumum 6 bulan. Tapi jangan memberikan air putih terlalu banyak karena dapat menyebabkan bayi menjadi kembuh atau bahkan sakit perut dan juga dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi dari ASI.

Pada beberapa kasus dapat terjadi intoksikasi air putih akan mengencerkan kadar garam pada tubuh sehingga cairan tubuh menjadi tak seimbang. Kondisi itu dapat memicu bayi mengalami kejang bahkan kesadarannya menurun atau koma. Setelah bayi anda berumur 1 tahun dan sudah makan makanan padat maka anda boleh memberi minum air putih sebanyak yang diinginkan. Ketika bayi anda kekurangan cairan misalnya pada saat diare sebaiknya jangan berikan air putih tapi berikanlah cairan yang mengandung elektrolit. Namun cairan elektrolit ini sebaiknya dikonsultasikan dahulu ke dokter karena pemberian cairan elektrolit membutuhkan pengawasan dari dokter.

Sebaiknya anda sebagai orang tua menahan diri untuk tidak memberikan air putih kepada bayi sebelum waktunya. Asupan terbaik untuk bayi dibawah umur 6 bulan yaitu ASI ekslusif dan tak perlu tambahan air putih.

By Ana Rediana - Ibu Dan Anak Kamis, 19 Oktober 2017 08:30:59

Related Post :
Ibu Dan Anak
Ternyata Vertigo Juga Bisa…

Penyakit vertigo bisa dialami…

Kesehatan
Ini Larangan Dan Bahaya…

Ini adalah larangan dan…

Penyakit
Waspada! Gejala Kanker Kulit…

Waspadai! Ternyata terdapat gejala…

Manfaat
Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan…

Konsumsilah yoghurt setiap hari…

Penyakit
Mengenal Penyakit Anemia Sel…

Anemia merupakan kondisi dimana…

Kesehatan
Sering Merasa Haus? Waspada…

Anda sering merasa haus?…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Ciri-Ciri Fisik pada Bayi Down Syndrome yang Perlu Diketahui

Down syndrome merupakan kondisi yang…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Melatih Anak Agar Cepat Berjalan

Pada umumnya anak akan memulai…

Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top