Benarkah Air Embun Mampu Turunkan Kolesterol? Ini Faktanya

Share dan Tag Temanmu di :

Pada pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk bisa menikmati udara yang segar dan suasana yang tenang. Selain itu, kita juga bisa menemukan air embun di sela-sela kaca atau dibalik daun. Terlabih lagi jika kita tinggal di daerah pedesaan aatu pegunungan.

Embun merupakan uap air yang mengalami proses pengembunan, yaitu proses berubahnya gas menjadi cairan. Air embun ini memang biasanya timbul di pagi hari. Kita mungkin pernah mendengar pendapat yang menyebutkan bahwa air embun sangat berbeda dengan air pada umumnya. Bahkan, air embun juga disebut-sebut masih murni sehingga jika dikonsumsi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.


Lalu, benarkah air embun bermanfaat bagi kesehatan, khususnya mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh ? Untuk mengetahui jawabannya, simak uraian dibawah ini !!  

Seorang professor riset di bidang kimia organik dari LIPI, Profesor Leonardus Broto Sugeng Kardono, PhD,APU, menyebutkan bahwa air embun sebagai air yang berasal dari kelembaban udara. Air ini bisa digolongkan sebagai air murni dan tidak memiliki kandungan anorganik layaknya garam dan klorida, logam berat seperti timbal dan merkuri, serta pestisida. Alasan inilah yang menyebabkan air embun dianggap ideal bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. 

Tubuh kita memerlukan mineral organik yang berasal dari makanan yang dikonsumsi, seperti daging, sayur-sayuran, buah, makanan laut, telur, dan makanan lainnya. Mineral organik dapat diproses oleh tubuh dan beramnfaat bagi kesehatan. Namun sebaliknya, mineral anorganik dapat memberatkan kinerja ginjal dan organ tubuh lainnya. 

Namun, dengan segala kandungan yang dimiliki oleh air embun, maka kita bisa memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh tersebut. Bahkan, disebutkan juga bahwa air embun mampu turunkan kolesterol dan LDL. 

Tidak hanya itu, dengan segala kelebihan yang dimilikinya, mengonsumsi air embun juga dapat membantu mengurangi stroke, melancarkan sirkulasi darah, mengatasi sembelit, dan mencapai berat badan ideal. Semua ini diketahui berdasarkan hasil uji pra-klinis yang dilakukan oleh Puslitbang Biomedis dan Farmasi, Badan Litbangkes, Kementerian Kesehatan. 

Hanya saja, bukan berarti kita bisa dengan mudah mengambil air embun yang terdapat pada daun-daun yang ada di sekitar untuk dikonsumsi. Karena bisa jadi daun-daunan tersebut kotor atau terpapar pestisida yang dapat mempengaruhi kualitas dari air embun itu sendiri. Selain itu, air yang ada pada daun-daunan itu juga bisa jadi bukan merupakan embun, melainkan air hasil proses gutasi atau pelepasan air dari dalam tumbuhan. 

Untuk mendapatkan air embun yang bersih, kita bisa menggunakan lembaran plastik yang dibentangkan di atas permukaan tanah dan diposisikan agar bisa membentuk corong yang bisa mengumpulkan air embun. Selain itu, kita juga bisa meletakkan sejenis kendi atau wadah air dan menempatkannya di tempat dengan udara terbuka. Hanya saja, pastikan wadah ini tidak berkena debu, polusi, kotoran, air hujan, atau dimasuki hewan. 

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 19 Oktober 2017 11:23:12

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Obat Kimia
Beberapa Jenis Obat yang…

Biasanya penderita hipertensi dianjurkan…

Manfaat
Manfaat Akupuntur Terapi Tusuk…

Manfaat akupuntur terapi tusuk…

Alami
Obat Asam Lambung Alami…

Obat Asam Lambung Alami…

Kesehatan
Waspadai Aktivitas yang Dapat…

Beberapa aktivitas jika tidak…

Tips
Cara Menambah Berat Badan…

Tips dan cara menambah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi

  • HSV dan ambeien

    0 Balasan

    Kesehatan

    Cara pakai soman untuk pengobatan HSV dan ambeien bagaimana ya?

  • Sakit perut saat haid apakah berbahaya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya sering kali sakit perut atau kram saat haid berlangsung mulai dari pertama kali saya mengalami menstruasi. Namun biasanya nyeri itu hanya berlangsung 1-2 hari pertama haid. Namun, beberapa bulan…


Kesehatan
Awas ! Jangan Konsumsi Makanan Kadaluarsa Ini Bahayanya

Informasi tentang bahaya mengkonsumsi makanan…

Kesehatan
Kebaikan Konsumsi Makanan Yang Mengandung Omega 3

Beragam kebaikan yang akan didapat…

Kesehatan
Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Makanan ini tidak boleh dikonsumsi…

Kirim Pertanyaan
Top