4 Manfaat Bunga Rosela Merah Untuk Kesehatan

Rosela, Si Merah yang Memiliki Banyak Khasiat


Rosela adalah bunga merah yang berasal dari benua Afrika yang mempunyai nama latin Hibiscus sabdariffa. Rosela dapat dikonsumsi sebagai teh herbal dan mengandung berbagai macam nutrisi serta vitamin di antaranya vitamin A, B1, B2, dan B3. Bunga merah ini sudah terkenal di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Khasiatnya yang banyak dan bentuk fisiknya yang elok, berwarna merah dan terang menjadi daya pikat bagi siapa saja yang melihat rupa dan mengetahui manfaatnya. Namun diperlukan penelitian lebih dalam mengenai manfaat-manfaatnya.


Di bawah ini manfaat-manfaat bunga rosela yang diyakini oleh khalayak banyak meski belum teruji seluruhnya secara lengkap:

  • Hipertensi (tekanan darah tinggi). Banyak penelitian mengungkapkan bahwa minum teh rosela efektif menurunkan hipertensi (tekanan darah) pada penderita tekanan darah stadium awal. Ada pula penelitian yang mengungkapkan jika meminum teh rosela sama halnya dengan minum obat captopril yang dianjurkan bagi penderita hipertensi ringan hingga sedang. Meskipun begitu, penelitian lebih lengkap mengenai efek positif atau negatif dari rosela dalam mengurangi tekanan darah tinggi masih dibutuhkan.
  • Kanker. Anthocyanin adalah senyawa antioksidan yang merupakan asli dari kandungan rosela dan jarang terdapat pada bunga atau tanaman berkhasiat lainnya. Senyawa ini berpotensi mengobati kanker. Walaupun begitu penelitian terus dilakukan dan dikaji untuk mencari kebenaran tentang manfaat kandungan yang ada pada rosela.
  • Obesitas. Para ahli gizi di Taiwan menemukan dalam penelitian bahwa ekstrak rosela memiliki dampak positif terhadap pencernaan dan metabolisme tubuh. Diprediksi, mengonsumsi rosela dapat mencegah obesitas (kegemukan) dan melindungi organ lever dari penumpukan lemak. Namun hal ini belum terbukti secara lengkap dan menyeluruh, masih perlu diteliti lebih jauh.
  • Kolesterol tinggi. Banyak para ahli gizi melakukan penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh rosela bisa mengurangi kadar kolesterol pada penderita diabetes. Namun buktinya belum cukup untuk mendukung pendapat para ahli tersebut. Penelitian lainnya bahwa rosela bisa menyembuhkan sembelit, meningkatkan selera makan, dan mengatasi iritasi pada lambung.


Efek Samping Rosela
Rosela jangan dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena bisa menyebabkan keguguran. Rosela kemungkinan dapat menurunkan tekanan darah. Jika Anda pengidap tekanan darah rendah, hindarilah mengkonsumsi rosela dan pasien yang akan dioperasi dianjurkan untuk berhenti mengonsumsi rosela setidaknya 14 sebelum operasi.
Jangan mengonsumsi produk-produk rosela jika tidak terdaftar di BPOM. Berkonsultasilah dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya jika ragu mengonsumsi rosela sebagai obat atau minuman.

By Ana Rediana - Manfaat Selasa, 26 Juli 2016 07:44:12

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Khasiat Ekstrak Kulit Manggis Mastin Bagi Kesehatan

Khasiat ekstrak kulit manggis memang…

Manfaat
Nutrisi Pada Sagu Mengandung Protein Mineral dan Vitamin

kandungan nutrisi dan manfaat sangat…

Manfaat
Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan

Selain telur bebek dan telur…

Tambah Pertanyaan
Top