Ternyata Ini Manfaat Rutin Konsumsi Tempe Bagi Perempuan

Share dan Tag Temanmu di :

Tempe dan tahu merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai yang cukup banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata kedua jenis makanan ini bisa dijadikan sebagai pengganti daging merah ataupun sumber protein hewani lainnya.

Walaupun begitu, nyatanya tempe lebih direkomendasikan, terutama bagi para perempuan. Hal ini disebabkan karena rutin mengonsumsi tempe dapat mencegah penyakit osteoporosis


Prof Ir Ahmad Sulaeman MS PhD dari Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB), menjelaskan bahwa dianjurkan untuk mengonsumsi 140 gram tempe setiap harinya, termasuk juga bagi ibu hamil. 

Diketahui tempe memiliki kandungan serat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahu. Juga terkandung vitamin B-12 yang menurut penelitian hanya ada pada daging merah dan tempe saja. Selain itu, asam amino yang dimiliki oleh tempe juga mudah dicerna dan diserap. Maka tak haran jika tempe sangat disarankan dikonsumsi oleh perempuan. 

Tidak hanya itu, manfaat tempe bagi perempuan juga bisa didapatkan karena kandungan karbohidrat pada tempe. Asam lemak esensialnya juga pada tempe dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan tahu. 

Ahmad pernah melakukan sebuah penelitian dengan menggunakan tempe. Hasil akhir yang didapatkan, kandungan isoplavon pada tempe dapat mencegah perempuan yang telah berusia lanjut dari kerusakan amimoloid. Lebih lanjut Ahmad menjelaskan, isoplavon yang ada pada tempe bersifat anti-oksidan. Anti-oksidan di tubuh perempuan baik untuk keseimbangan hormonal. Kandungan isoplavon ini juga mampu mencegah  terjadinya kerusakan kognitif dan pikun. 

Tidak hanya itu, masih banyak manfaat tempe yang bisa kita dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Nah, mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk lebih rutin memasukkan tempe ke dalam menu harian Anda dan keluarga. Selain nikmat, tempe juga bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan Anda. 

By Sri Maryati - Manfaat Jum'at, 20 Oktober 2017 14:20:53

Related Post :
Kesehatan
Cara Menghilangkan Syringoma Pada…

Cara menghilangkan syringoma pada…

Manfaat
Manfaat Rutin Minum Air…

Mentimun kaya akan kandungan…

Kesehatan
Sering Bersendawa Terus-Terusan? Hati-Hati…

Penyebab sering bersendewa berlebihan…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Untuk Penyakit…

Obat antibiotik untuk penyakit…

Kesehatan
Lakukan Hal Berikut Bila…

Tidak ingin terkena artritis?…

Alami
Jus Buah Segar Ini…

Mengonsumsi jus bukan hanya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
12 Jenis Akar Tanaman Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Dari sebuah tanaman obat tidak…

Manfaat
Kacang Lentil Si Mungil Yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Beragam manfaat mengonsumsi kacang lentil…

Manfaat
Manfaat Di Balik Manisnya Tebu Bagi Kesehatan

Tebu yang memiliki rasa manis…

Kirim Pertanyaan
Top