Mengenal Khasiat Dan manfaat Buah Rambusa Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat buah rambusa bagi kesehatan ternyata sangatlah melimpah. Namun, sayangnya hal tersebut masih kurang di ketahui lantaran tanaman yang satu ini sudah mulai jarang di temukan, terlebih bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan.


Rambusa yang memiliki nama ilmiah Passiflora Foedita L merupakan salah satu jenis buah yang tumbuh liar. Sehingga wajar saja apabila banyak orang yang belum mengenal sama sekali bentuk bahkan khasiat dari buah yang satu ini.  Adapun di beberapa daerah pelosok nusantara, rambusa sendiri memiliki nama panggilan yang berbeda-beda seperti rajutan, ceplukan bungsun, keceprek, permot, timun dendang dan timun padang.

Pada umumnya buah rambusa sendiri tumbuh dengan cara merambat pada media lain di sekitarnya dan lebih sering di temukan di sawah, kebun, pantai dan tempat lainnya yang terpapar cahaya matahari secara langsung. Tumbuhannya sendiri berdaun hijay agak lebar dan hampir menyerupai daun labu.

Sedangkan buahnya sendiri berukuran kecil berwarna kuning terang, dan di bungkus oleh selaput yang berupa rambut seperti jaring. Apabila sudah matang, anda bisa memakannya secara langsung, dengan rasa buahnya yang menyegarkan campuran antara manis dan asam seperti pada sensasi rasa buah markisa.

Kandungan dan manfaat buah rambusa bagi kesehatan tubuh


Meski buahnya nampak kecil, namun jangan salah ternyata di dalamnya mengandung berbagai macam senyawa yang dapat menyehatkan tubuh. Seperti vitamin C, zat besi, flavonoid, kalsium, mineral, fitronutrien, kalsium, mineral, dan beberapa jenis kandungan lainnya.

Sehingga jika buah ini di konsumsi setiaphari, maka dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh harian anda sehingga tubuh anda menjadi sehat. Bahkan tak hanya sebagai sumber makanan yang menyehatkan, buah yang satu ini juga sangat baik untuk membantu mengurangi berbagai gejala penyakit.

Adapun manfaat rambusa untuk kesehatan dan pengobatan selengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Menjaga kesehatan tulang

Di dalam buah rambusa ini di ketahui memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, yang mana telah kita ketahui bersama bahwa kalasium sendiri sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang serta menjaga kepadatan tulang sehingga anda bisa terhindar dari resiko efek buruk osteoporosis.

2. Mencegah kanker

Senyawa antioksidan beruupa vitamin C, flavonoid serta potassium yang terdapat di dalam buah ini memiliki kemampuan dalam menangkal efek radikal bebas, seperti pertumbuhan sel-sel kanker, sel yang dapat merusak jaringan kulit dan sebagainya.

3. Mengontrol tekanan darah

Buah rambusa juga sangat baik untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal berkat kandungan fitronutrien yang terdapat di dalamnya.

4. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang terdapat di dalam buah rambusa ini juga mampu membantu memproduksi sel-sel darah merah sehingga mampu mencegah bahkan mengatasi penyakit anemia.

5. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Selain berguna untuk menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium dan zat besi yang terdapat di dalamnya juga sangat bai untuk menjaga kesehatan tulang dan juga gusi.

6. Mengatasi gangguan ginjal

Sebagian juga meyakini bahwa buah yang satu ini mampu membantu penyembuhan gangguan ginjal. Kandungan mineral di dalamnya di ketahui memiliki kemamapuan untuk membantu fungsi ginjal dalam proses eksresi urine.

7. Mengurangi rasa stres

Di dalam buah rambusa juga di ketahui memiliki kandungan senyawa yang mampu meningkatkan hormon rasa senang, juga dapat menstabilkan syaraf-syaraf pusat sehingga tubuh dan otak menjadi rileks.

8. Mencegah sariawan

Vitamin C yang terdapat di dalam buah rambusa berguna untuk mencegah sariawan. Buah ini mampu menutrisi rongga mulut anda, sehingga dapat terhindar dari berbagai infeksi seperti sariawan. Sehingga apabila anda kini sedang mengalami sariawan, anda bisa mulai mengonsumsi buah ini.

9. Melancarkan pencernaan

Anda bisa bernapas lega, karena rasa asam dan manis biah ini tidak akan membahayakan sistem pencernaan anda. Bahkan justru buah ini dapat membantu  anda dalam melancarkan pencernaan anda. Dan sebagai hasilnya, anda dapat terhindar dari penyakit perut ataupun susah BAB.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat buah rambusa untuk kesehatan lainnya seperti dapat mencegah penyakit jantung, baik untuk kesehatan bahkan bisa menghaluskan kulit. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan khususnya bisa menambah wawasan anda di dunia herbalis ya!

By Nida Saripah - Manfaat Jum'at, 20 Oktober 2017 16:05:08

Related Post :
Kesehatan
Perawatan Luka Diabetes Terbaru…

Tata cara perawatan luka…

Tips
Tips Dan Cara Mengatasi…

Tips dan cara mengatasi…

Kesehatan
Inilah Cara Alami Untuk…

Cara alami meredakan sakit…

Kesehatan
Waspadai Inilah Bahaya Minum…

Waspadai Bahaya Minum Kopi…

Tips
Pertolongan Pertama Atasi Luka…

Pertolongan pertama atasi luka…

Obat Kimia
Cara Kerja Tamsulosin untuk…

Tamsulosin merupakan obat yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Jangan Dibuang! Kulit Telur Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

Jika biasanya kulit telur dibuang,…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Dia Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan

Walaupun rasanya asin, ternyata air…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Sehat Tak Terduga Dari Biji Anggur

Selain buahnya, biji anggur pun…

Kirim Pertanyaan
Top