Manfaat Daun Gedi Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun gedi bagi kesehatan nyatanya tidak perlu di ragukan lagi. Berbagai kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya di ketahui mampu menjaga kesehatan rambut hingga mengatasi berbagai permasalahan kesehatan seperti penyakit batu ginjal. Namun bagi anda yang belum mengetahui berbagai khasiatnya, sebaiknya anda menyimak informasi berikut ini.


Daun gedi memiliki nama latin Abelmoschus manihot L adalah tanaman yang memiliki ruas cukup tegas dan hampir mirip dengan daun pepaya. Adapun daun ini umumnya sering kali di manfaatkan sebagai sayuran, yang di olah menjadi tumisan lezat, yang di padu padankan dengan irisan cabe rawit dan bawang putih. Bahkan sayuran ini juga menjadi salah satu bahan sayuran wajib dalam bubur manado dan juga masakan masyarakat papua.

Bahkan tak hanya di Indonesia, sayuran ini juga cukup banyak di minati di beberapa negara Asia lainnya dengan nama panggilan yang jelas berbeda. Seperti di Philifina, sayuran ini di kenal dengan nama lagikuay, dan juga di Tahailand sayur gedi ini di kenal dengan nama Po fai.

Namun tak hanya di olah menjadi beragam masakan, daun gedi ini juga pada saat ini banyak di kembangkan dan di manfaatkan sebagai obat herbal. Hal tersebut tak lain di kerenakan berbagai kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya di ketahui mampu menjaga kesehatan tubuh hingga mengobati berbagai jenis penyakit.

Adapun kandungan yang terdapat di dalam daun gedi sendiri di nataranya adalah vitamin A, Vitamin C, riboflavin, tiamin mineral, asam folat, kalsium, kalium, kolagen, ekstrak etanol, ekstrak mtahanol, komponen flavonoid, alkaloid, tanin, saponin, polifenol. terpenoid, serotonin dan aktivitas petroleum eter.

Khasiat dan manfaat daun gedi untuk kesehatan

Setelah kita mengetahui berbagai kandungan senyawa yang terdapat di dalam daun gedi, sekarang giliran anda untuk mengatahui berbagai kahsiat dfan manfaat yang terdapat di dalamnya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Darah yang mengandung kolesterol tinggi pada umumnya sangat rentan beresiko mengalami arterosklerosis hingga radang pembuluh darajh akibat penumpukan plak ateromatus. Namun dengan mengonsumsi daun gedi mampu turunkan kolsterol di dalam darah anda dengan cepat.

2. Meningktan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam daun gedi di ketahui dapat membantu meningktakan kekebalan tubuh anda. Sehingga dengan mengonsumsi daun gedi secara rutin setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu mampu membangun sistem imun tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

3. Mengobati penyakit maag

Sifat alkali yang di miliki oleh daun gedi dapat menjaga tingkat basa dalam darah. Itu artinya, daun ini memiliki khasiat baik bagi penderita maag, terutama anda yang tengah memiliki kadar asam lambung yang tinggi.

4. Menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler

Senyawa flavonoid yang terdapat di dalam daun gedi di ketahui mampu melebarkan serta merelaksasi pembuluh darah. Sehingga khasiat dari daun ini mampu mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah dan juga baik untuk penderita jantung.

5. Baik untuk kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam daun gedi mampu menyehatkan dan mencegah berbagai jenis penyakit pada mata. Bahkan kandungannya sendiri hampir setara dengan wortel.

6. Mencegah osteoporosis

Menurut penelitian yang di lakukan oleh Asia Journal of Traditional Medicines tahun 2011, bahwasannya daun gedi ini mampu mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis pda tikus. Hal tersebut di temukan akibat pengaruh yang signifikan pada dosis 15% dalam diet yang di berikan. Sehingga memiliki efek pemulihan yang cukup baik.

7. Menurunkan tekanan darah

Bagi anda yang kini tengah memiliki tekanan darah tinggi, daun gendi ini nyatanya bisa menjadi alternatif pilihan. Karena daun ini memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah.

8. Mengontrol kesuburan

Di beberapa negara seperti Karibia, daun gedi di percaya mampu mengatasi masalah pada sistem reproduksi wanita. Hal tersebut antaran daun ini bersifat afrodisiak atau dapat meningkatkan gairah hingga memperbaiki fungsi seksual pada wanita.

9. Memperbanyak ASI

Ini merupakan salah satu manfaat daun gedi untuk ibu menyusui. Tidak sedikit ibu yang baru melahirkan anak pertamanya memiliki sedikit ASI yang keluar bahkan tidak lancar. Namun dengan rutin mengonsumsi esktrak daun gedi untuk kesehatan, maka dapat memperlancar keluarnya ASI yang di produksi.

10. Mengatasi insomnia

Pada umumnya orang yang memiliki masalah sulit tidur, biasanya mereka membeli obat di apotik sebagai solusinya. Namun untuk cara mengatasinya secara alami, daun gedi bisa menjadi alternatifnya yang bisa anda konsumsi ketika sore hari menjelang malam hari.

11. Mengatasi gangguan kemih pada ibu hamil

Daun gedi juga memiliki efek direutik, apabila di olah menjadi jus, kemudian di tambah dengan air kelapa. Hal tersebut di karenakan antara nutrat dan potassium dalam daun gendi dan air kelapa tersebut. Sehingga aman di konsumsi oleh ibu hamil. Aman juga di konsumsi bagi penderita nefritis dan sedang minimnya buang air kecil sebab mengalami dehidrasi.

Adapun selain dari pada itu, masih banyak manfaat daun gedi untuk ibu hamil lainnya seperti memperkuat janin, mencegah keguguran, mengurangi asidosis pada ibu hamil, memperlancar persalinan, menstabilkan mood, mencegah sembelit, menjaga kesehatan gigi, mengantisipasi permasalah pernafasan pada ibu hamil dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara pengolahan daun gedi

Untuk kesehatan dan kecantikan, daun gedi biasanya di olah dengan cara di rebus dan juga di buat menjadi jus. Untuk mengolahnya dengan cara di rebus anda, bisa mengambil beberapa lembar daun gedi, bersihkan dan rebus dengan menggunakan 2-4 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas. Setelah itu, saring dan anda bisa menambahkan gula batu ke dalamnya. Konsumsi air rebusan daun gedi ini 1 kali dalam sehari atau di suaikan dengan dosis untuk penyakit anda sesuai menurut pakar herbal.

Adapun untuk mengolahnya menjadi jus, anda bisa mengambil 3 lembar daun gedi yang masih muda dan segar. Setelah di cuci hingga benar-benar bersih, kemudian masukan ke dalam blender beserta air masak 1 gelas saja. Untuk menambah rasa, anda bisa memasukan gula atau madu ke dalamnya. Lalu blender dan setelah itu tuangkan ke dalam gelas. Jus daun gedipun siap untuk di minum.

Nah, itulah berbagai khasiat dan manfaat daun gedi untuk kesehatan lengkap dengan cara pengolahannya. Selain dari pada yang telah dibahas di atas,  daun gedi juga di percaya mampu mengatasi berbagai permasalahan kesehatan lainnya seperti mencegah infeksi, melancarkan pernapasan, batu ginjal, batu empedu, mencegah penyakit jantung, memulihkan organ tubuh yang sakit dan juga asam urat.

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 21 Oktober 2017 14:43:30

Related Post :
Kulit
Wajib Tahu! Bahan Alami…

Apakah Anda sedang mencari…

Manfaat
Selain Manis Buah Mangga…

Tidak hanya memiliki rasa…

Tips
Memiliki Pipi Tembem? Kecilkan…

Memiliki pipi tembem memang…

Kesehatan
Karena Alasan Ini Demam…

Meskipun terkadang mengkhawatirkan, namun…

diet
Panduan Diet Paleo Yang…

Berikut ini adalah panduan…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Selain untuk kecantikan, khasiat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Daun
Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah

Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan…

Kirim Pertanyaan
Top