Wajib Tahu! Ini Faktor Penyebab Wajah Terlihat Lebih Tua

Share dan Tag Temanmu di :

Menjadi tua merupakan hal yang alami dan wajar dialami oleh semua makhluk hidup. Timbulnya keriput, bercak penuaan ditangan merupakan salah satu tanda penuaan yang biasanya timbul. Namun, indikator yang paling mudah terlihat yaitu wajah. Wajah bisa menjadi cerminan usia, juga kondisi kesehatan seseorang. 

Namun, ada beberapa orang yang memiliki wajah yang terlihat tua meskipun masih berusia muda, atau disebut juga dengan wajah boros. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu. Ternyata terdapat beberapa faktor yang bisa mengubah penampilan wajah seseorang, termasuk menjadi terlihat lebih tua dari usianya. 


Beberapa kebiasaan yang mengabaikan pola hidup tidak sehat menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, dari sisi struktur tulang juga mempengaruhi penampilan wajah seseorang. Spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik, dr Puri Ambar Lestari, SpBP-RE, menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab wajah terlihat lebih tua, diantaranya yaitu :

  • Berubahnya morfologi wajah

Bentuk tulang wajah yang berubah bisa memicu berubahnya penampakan seseorang. Misalnya, berkurangnya ketinggian tulang tengah dan bawah wajah. 

“Dahi kelihatan menonjol, bagian sisi mata makin menonjol, cekungan wajah makin dalam sehingga wajah menjadi semakin lebar,” demikian dijelaskan dr Puri.

  • Atrofi

Menurut dr Puri, atrofi berarti menyusutnya jaringan otot dan saraf, serta hilangnya tanus kulit akibat paparan matahari. Selain itu, kondisi atrofi juga bisa disebabkan oleh nutrisi yang kurang baik.

  • Masalah emosi/kejiwaan

Seseorang yang mengalami masalah dengan emosi dan kejiwaan juga bisa menyebabkan penampilan wajah berubah, termasuk menyebabkan wajah terlihat lebih tua. 

  • Turunnya berat badan secara drastis

Berat badan yang turun secara drastis dapat membuat kulit di beberapa bagian tubuh kendor akibat hilangnya lemak yang sebelumnya ada di bagian bawah kulit tersebut. Akibatnya, wajah tampak tidak lagi kencang. 

  • Polusi

Polusi udara atau sumber polusi lainnya juga bisa membuat wajah seseorang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

  • Merokok

Berbagai zat kimia berbahaya yang terkandung pada rokok dapat memengaruhi kesehatan kulit, memicu penuaan dini, dan membuat wajah menjadi kehilangan kesegarannya. Demikian juga dengan kebiasaan mengonsumsi minuman alkohol yang dilakukan dalam jangka panjang. 

Itulah beberapa faktor penyebab wajah terlihat lebih tua dari usia sebenarnya yang perlu diwaspadai. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan membantu Anda agar terhindari dari penuaan dini. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan kulit wajah dengan membersihkannya secara rutin. 

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 23 Oktober 2017 11:23:25

Related Post :
Tips
Cara Penggunaan Bawang Sebagai…

Cara mengolah dan penggunaan…

Penyakit
Jangan panik! Atasi Angin…

Jangan panik! Atasi Angin…

Penyakit
Gejala Dan Penyebab Penyakit…

Tanda gejala dan penyebab…

Daun
Mengenal Lebih Dekat Khasiat…

Selain sering kali di…

Kesehatan
Waspadai Bahaya Terlalu Lama…

Seseorang dikatakan duduk terlalu…

Kesehatan
Barang-Barang Berikut Bisa Jadi…

Berbagai barang-barang bisa menjadi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengetahui Peran Penting Usus Buntu Bagi Tubuh

Meskipun pada awalnya sering diabaikan…

Kesehatan
Waspada! Orang Tipe Ini Rentan Alami Kanker Payudara

Berikut ini merupakan beberapa tipe…

Kesehatan
Gejala Infeksi Kandung Kemih Pada Anak Dan Dewasa

Infeksi kandung kemih terjadi karena…

Kirim Pertanyaan
Top