Hidung Tersumbat? Ketahui Cara Meredakannya Dengan Cepat Disini

Share dan Tag Temanmu di :

Mengalami hidung tersumbat adalah penderitaan tersendiri bagi penderitanya. Bagaimana tidak, aktivitas sehari-hari menjadi terganggu akibat kesulitan bernapas. Terlebih pada saat menjelang waktu tidur. Tidur pun menjadi tidak nyenyak, akibat harus selalu menggeser posisi badan ke kanan dan ke kiri agar bisa bernapas. Apakah anda mengalami hal yang serupa? Namun tak usah risau lagi, karena kini ada cara mudah untuk mengatasinya.


Siapa yang tak pernah mengalami hidung tersumbat? pasti hampir semua orang pernah merasakan hal ini. Tak terkecuali pada anak bahkan bayi sekalipun. Adapun kondisi hidung tersumbat ini umumnya terjadi pada saat jaringan dan pembuluh darah yang terdapat di sekitar hidung menjadi bengkaka akibat adanya cairan yang berlebih. Sehingga tak jarang kondisi ini juga sering kali di sertai dengan keluarnya ingus.

Terdapat beberapa kondisi yang dapat menyebabakan hidung tersumbat. Diantaranya seperti:

  • Pilek
  • Flu
  • Alergi
  • Sinusitis

Pada dasarnya, sebagian orang yang mengalami kondisi hidung tersumbat ini sering kali mengabaikannya sehingga kondisi tersebut reda dengan sendirinya. Adapula yang menggunakan beberapa jenis obat, seperti antihistamion ataupun dekongestan oral. Namun kedua jenis obat tersebut akan lebih efektif, jika di sertai dengan penggunaan obat semprot hidung yang memang di formulasikan secara khusus untuk mengatasi hidung tersumbat.

Namun selain dari pada itu, ternyata ada beberapa cara dan tips yang mudah di lakukan di rumah untuk mengatasi masalah hidung tersumbat ini lho.

Cara meredakan hidung tersumbat secara alami dengan cepat dan mudah

Saat anda mengalami masalah hidung terseumbat, selain dengan memakai beberapa jenis obat, ternyata ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya secara alami. Dan rinciannya adalah sebagai berikut.

  • Perbanyak minum cairan

Cairan sendiri dapat membantu mengencerkan lencir dan mungkin saja bisa mencegah sinus tersumbat. Selain itu, mengonsumsi banyak cairan, khususnya air putih juga bisa menjaga tenggorokan anda tetap lembab.

  • Sering membuang ingus

Hal sangat penting untuk anda lakukan saat hidung tersumbat, namun tentu dengan cara yang tepat. Hal tersebut di karenakan membuang ingus terlalu keras dapat membawa kuman ke telinga anda. Sehingga, adapun cara membuang ingus yang tepat adalah dengan menutup aliran udara dengan jari di satu lubang hidung saat anda membuang ingus dengan lubang satunya.

  • Menghirup uap hangat

cara meredakan hidung tersumbat lainnya bisa di lakukan dengan menghirup uap hangat. Pertama, anda bisa memasukkan air ke dalam panci, dan masak sampai mendidih. Setelah itu, angkat dan kemudia hirup secara perlahan uap hangat yang di hasilkan dari air mendidih tadi.

Namun tetap hati-hati saat mempraktikan hal ini, karena bisa saja uap tersebut membuat hidung anda menjadi melepuh. Selain menghirup uapnya, anda juga bisa memanfaatkan air nya untuk mandi air hangat. Selain mampu melegakan hidung yang tersumbat, mandi air hangat juga bisa membuat tubuh anda menjadi rileks.

  • Cuci hidung menggunakan air garam

Selain biasa di lakukan sebagai penanganan sinusitis di rumah, metode ini juga baik untuk mengatasi hidung tersumbat yang di sebabkan oleh faktor lainnya. Pertama, anda bisa mencampurkan tiga sendok teh garam dan satu teh baking soda. Aduk secara merata dan dimpan dalam wadah yang kedap udaran. Setelah itu, ambil satu sendok teh campuran tersebut dan larutkan dalam 230 ml air hangat. Isi larutan tersebut ke dalam syringe atau neti pot.

Selanjutnya, anda bisa bersandar ke westafel sambil memiringkan kepala. Dan tuangkan larutan ini  ke salah satu lubang hidung. Biarkan hingga lautan tersebut mengalir dan keluar dari hidung lainnya. Selama proses tersebut berlangsung, anda bisa bernapas menggunakan mulut. Tak hanya mampu melegakan hidung yang tersumbat, metode ini sendiri di kenal mampu menghilangkan virus dan juga bakteri yang berada di dalam hidung.

  • Mengonsumsi minuman hangat

Dengan mengonsumsi minuman hangat juga di percaya mampu meredakan hidung tersumbat, menenangkan selaput yang meradang hingga mencegah dehidrasi. Adapun minuman panas atau hangat yang bisa anda coba adalah teh herba yang di campurkan dengan satu sendok teh madu. Langkah ini sangat membantu anda saat mengalami kesulitan bernapas di malam hari akibat hidung yang tersumbat.

  • Tidur dengan menggunakan ekstra

Cara ini nyatanya cukup efektif dalam mengatasi hidung tersumbat saat tidur. Hal ini juga mampu menjadikan tidur anda menjadi lebih nyenyak. Seperti anda bisa tidur dengan menggunakan   2 buah bantal di bawah kepala sehingga mampu meringankan hidung yang tersumbat.

Nah, itulah beberapa tips dan cara meredakan hidung tersumbat secara alami dan mudah di lakukan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda.

By Nida Saripah - Tips Senin, 23 Oktober 2017 11:24:19

Related Post :
Penyakit
Kenali Tanda Dan Gejala…

Kenali tanda dan gejala…

Alami
Obat Sakit Gigi Alami…

Obat sakit gigi alami…

Kesehatan
Gejala Penyebab Dan Cara…

Perut kembung adalah salah…

Obat Kimia
Obat Bacitracin Pencegah Infeksi…

Obat Bacitracin Pencegah Infeksi…

Manfaat
Manfaat Toge Selain untuk…

Toge merupakan sebagai salah…

Alami
Obat Penurun Trigliserida Tinggi…

Pada saat ini tidak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Tingkatkan Kinerja Otak untuk Hindari Alzheimer

Meningkatkan kinerja otak sangat penting…

Tips
Tips Penting Sebelum Menyimpan Daging Kurban Kedalam Freezer

Tips penting sebelum menyimpan daging…

Kirim Pertanyaan
Top