Obat Tizanidine Untuk Mengurangi Ketegangan Otot

Share dan Tag Temanmu di :

Anda pernah mengalami kejang otot? Tizanidine biasanya dijadikan obat untuk mengurangi ketegangan otot pada orang dewasa. Kejang otot biasanya diakibatkan karena penyakit jangka panjang seperti multiple sclerosis. Cara kerja tizanidine adalah dengan menenangkan otot yang sakit sehingga bisa kembali rileks serta dengan mengurangi risiko munculnya rasa sakit pada penderita. Obat resep yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai terapi tambahan untuk kekakuan otot akibat gangguan neurologi.


Tizanidine yang berbentu tablet ini hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa. Kalaupun harus dikonsumsi oleh anak berusia di bawah 18 tahun, maka penggunaannya harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Begitu juga untuk perempuan yang merencanakan kehamilan, sedang hamil, dan sedang menyusui. Penderita gangguan fungsi hati, gangguan fungsi ginjal, penderita hipertensi ortostatik atau penurunan tekanan darah rendah saat mengubah posisi telentang ke posisi duduk tegak tidak dianjurkan untuk berkendara atau mengoperasikan alat berat selama mengonsumsi obat ini. Harap diwaspadai pula untuk penderita defisiensi laktase berat, orang dengan gangguan penyerapan glukosa-galaktosa, serta orang yang menderita intoleransi galaktosa. Tidak dianjurkan untuk melakukan pengobatan lain sekalipun obat herbal di waktu yang sama tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Mengenai dosisnya, berikut akan kami uraikan penjelasannya:

-Untuk meredakan kejang atau spasme otot, dosis awal sebanyak 2 sampai 4 miligram sebanyak 3 kali sehari. Dosis ekstra sebesar 2 sampai 4 miligram yang bisa diberikan pada malam hari.

-Untuk terapi tambahan dalam mengatasi kekakuan otot akibat gangguan neurologi, dosisnya tidak melebihi 6 miligram dalam 3 dosis yang terbagi-bagi. Dosis bisa ditingkatkan menjadi 2 sampai 4 miligram dengan dosis maksimum 36 miligram per hari.

Tizanidine bisa dipakai sebagai terapi spastisitas dan bisa ditingkatkan setelah dokter mengamati efek terhadap kondisi kesehatan pasien. Dosis pengobatan awal bisa dilakukan bertahap 1 sampai 2 kali seminggu dengan selang waktu 3 sampai 4 hari. Selanjutnya dokter akan memonitor kondisi pasien terlebih jika dosis yang diberikan lebih dari 12 miligram. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari gejala yang tidak diharapkan.

Tizanidine bisa diminum bersama air putih baik sebelum ataupun setelah makan. Perhatikan selalu keterangan pada kemasan obat serta ikuti anjuran dokter untuk mempermudah Anda mengingat jadwal minum obat yang dianjurkan. Tidak disarankan untuk menghentikan konsumsi obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter.

Kenali pula efek samping dari tizanidine seperti mengantuk, lelah, pusing, serta memperlambat reaksi sehingga tidak diperkenankan bagi siapapun yang mengonsumsi obat ini untuk mengoperasikan kendaraan dan alat berat.

By Rizka Ardiana - Obat Kimia Rabu, 27 Juli 2016 14:25:12

Related Post :
Tips
Tips Memilih Minyak Goreng…

Minyak adalah salah satu…

Kesehatan
Ternyata Ini Penyebab Lidah…

Dibalik rasanya yang nikmat…

Kesehatan
Pilihan Makanan Sehat Bagi…

Selain mengkonsumsi obat yang…

Penyakit
Penyebab Gejala Varikokel dan…

Penyebab Gejala Varikokel dan…

Tips
Trik Mendampingi Anggota Keluarga…

Mengetahui jika ada salah…

Kesehatan
Kebaikan yang Bisa Didapat…

Memiliki kualitas tidur yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Rekomendasi Nama Obat Gatal pada Kulit di Apotik

Selain dengan obat resep dokter,…

Obat Kimia
Acarbose Obat Untuk Penderita Diabetes

Acarbose Obat Untuk Penderita Diabetes…

Obat Kimia
Kirim Pertanyaan
Top