Manfaat Undur-Undur untuk Obati Diabetes Hingga Stroke

Share dan Tag Temanmu di :

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan undur-undur. Hewan yang memiliki cara berjalan secara mundur ini memang dikenal sebagai salah satu hewan yang bermanfaat sebagai obat diabetes tradisional

Undur-undur merupakan sebutan untuk kelompok serangga dari familia Myrmeleontidae. Nama undur-undur diberikan pada hewan ini karena kebiasaanya berjalan mundur saat menggali sarang jebakan di tanah. 


Undur-undur memiliki penampilan yang sekilas mirip dengan capung karena sama-sama memiliki abdomen yang panjang dan memiliki dua pasang sayap transparan berurat pada thoraxnya. Ukuran undur-undur bervariasi. Jenis undur-undur terbesari di dunia diketahui berasal dari genus Palpares yang hidup di Afrika dan rentang sayapnya mencapai 16 cm. Spesies terkecil berasal dari wilayah Arabia dan rentang sayapnya hanya sekitar 2 cm. Mayoritas undur-undur sendiri umumnya berukuran antara 4-10 cm. 

Undur-undur diketahui memiliki manfaat sebagai obat tradisional untuk mengatasi diabetes. Ternyata undur-undur berkhasiat menurunkan kadar gula pada penderita diabetes. Binatang ini mengandung zat sulfonylurea yang berfungsi untuk melancarkan kerja pankreas dalam produk insulin.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat undur-undur untuk pengobatan penyakit, simak uraian berikut !

Mengobati diabetes

Daging undur-undur diakui dapat menyembuhkan diabetes karena memiliki kandungan zat sulfonylurea. Zat ini akan melancarkan kemampuan pankreas dalam menghasilkan insulin, yaitu zat yang bermanfaat untuk mengntrol gula darah pada tubuh. 

Di Tiongkok, daging undur-undur diproses menjadi serbuk serta dibungkus dengan kapsul. Undur-undur yang sudah disterilkan serta diproses tersebut memiliki manfaat untuk mengatasi semua jenis diabetes. 

Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Kolesterol yang terlalu berlebihan dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan. Kolesterol yang ada didalam tubuh berasal dari dua sumber, yaitu makanan dan hasil dari produksi hati. Dalam hal ini, undur-undur bekerja mengurangi produksi zat lipid dalam hati sehingga dapat mengurangi kolesterol tinggi dalam tubuh. 

Mengobati darah tinggi

Kandungan zat dalam undur-undur juga diketahui mampu mengurangi tekanan darah tinggi. 

Mengobati sakit kuning

Sakit kuning merupakan penyakit yang terjadi pada organ hati. Penyakit kuning terjadi karena terjadinya penumpukan zat kuning dalam bilirubin dalam darah dan jaringan tubuh. Bilirubin ini dihasilkan dari sel darah merah yang terurai. Undur-undur dapat mengobati penyakit kuning dengan cara mencegah terurainya sel darah merah. 

Mengobati rematik dan asam urat

Undur-undur mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sehingga dapat mencegah penyakit rematik, yaitu penyakit yang terjadi karena kondisi kekebalan tubuh yang keliru menyerang jaringan sendi sehingga tubuh terasa ngilu, kaku, pegal, dan sakit.

Mengobati asma

Penyakit asma merupakan penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan, yaitu gejalanya terasa semput dan sulit untuk bernapas. Asma bisa disebabkan oleh pembengkakan paru-paru, otot dinding saluran pernapasan menyempit dan menghasilkan banyak lendir. Penyakit asma tidak dapat disembuhkan tetapi bisa dikontrol. Undur-undur dapat membantu memperbaiki pembengkakan yang terjadi pada paru-paru sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit asma. 

Mengobati stroke

Undur-undur telah terbukti efektif untuk mengobati stroke. Penyakit stroke merupakan penyakit yang terkenal sulit untuk diobati karena merupakan penyakit yang terjadi karena adanya gangguan di otak yang disebabkan karena pecahnya pembuluh pada darah. Hal ini akan menimbulkan gejala berupa kelumpuhan, gangguan emosional, hilangnya indera perasa, serta perubahan mental.

Untuk cara penggunaannya, Anda bisa mengonsumsi undur-undur secara langsung dalam keadaan hidup serta jangan dicuci terlebih dahulu. Pasalnya, undur-undur yang terkena air justru akan kehilangan khasiat yang ada didalamnya. Bulu yang terdapat pada tubuh undur-undur dapat membantu menyembuhkan diabetes. Namun, jika Anda tidak bisa mengonsumsinya secara langsung, maka Anda bisa memasukkan undur-undur ke dalam kapsul seperti yang dilakukan di negara Cina. 

Semoga informasi mengenai manfaat undur-undur untuk obati diabetes hingga stroke tersebut bermanfaat dan bisa membantu menjadi solusi terbaik untuk mengobati gangguan kesehatan yang Anda alami. 

By Sri Maryati - Manfaat Selasa, 24 Oktober 2017 11:39:06

Related Post :
Kesehatan
Daftar Makanan Untuk Melancarkan…

Melancarkan buang air besar…

Penyakit
Diabetes Tipe 2 Gejala…

Diabetes secara umum terbagi…

Penyakit
Gejala Kanker Lambung Dan…

Salah satu kanker yang…

Penyakit
Faktor Penyebab Timbul Memar…

Faktor penyebab timbul memar…

Ibu Hamil
Inilah Ciri-Ciri Rubella pada…

Inilah ciri-ciri rubella pada…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Alpukat…

Kandungan dan manfaat alpukat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    0 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…

  • Sesak nafas

    1 Balasan

    Manfaat

    Cocokkah diminum untuk menghilangkan lendir diparu paru dan sesak nafas ?

  • Manfaat Dan Efek Samping Suntik Filler Di Wajah

    1 Balasan

    Manfaat

    Pagi dok, Kemarin teman saya suntik filler dan hasilnya bagus sekali. saya sangat tertarik untuk melakukannya namun masih ragu. Sebenarnya, apa sih manfaat suntik filler di wajah secara keseluruhan? dan…


Manfaat
Manfaat Kaca Mata Hitam Melindungi Mata Dari Sinar Matahari

Manfaat Kaca Mata Hitam Melindungi…

Manfaat
Manfaat
Manfaat Menakjubkan Biji Kelor dan Cara Penggunaannya

Hampir semua bagian pohon kelor…

Kirim Pertanyaan
Top