Mengenal Khasiat Dan manfaat Daun Dewandaru Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun dewandaru untuk kesehatan nyatanya belum banyak di kenal oleh masyarakat jika dibandingkan dengan buahnya. Ya, buah dewandaru sendiri telah lama di gunakan sebagai pengobatan herbal berbagai jenis penyakit. Namun, pada saat ini telah banyak penlitian yang menunjukkan bahwasannya daun dewandaru juga memiliki khasiat sebagimana buahnya.


Dewandaru yang memiliki nama latin Eugenia uniflora L. adalah tumbuhan perdu dengan tinggi mencapai 5 meter dan hidup selama menahun. Adapun dalam terminologi jawa, kata dewadaru ni di artikan sebagai "kayu wahyu dewa", yang mana kata itu juga banyak di jumpai dalam kisah pewayangan dan bahasa jawa kuno maupun sansekerta. Bagi beberapa orang, tanaman ini memiliki unsur magis dari cerita-cerita pewayangan yang turun temurun dan asal-usul tanaman ini sendiri.

Sehingga karena itulah, pohon yang juga di kenal dengan nama asam selong, belimbing londo, ceremai londo dan cereme asam ini sarat dengan berbagai mitos. Namun meski begitu, tanaman ini sendiri kaya akahn manfaat terutama pada bagian daun dan buahnya.

Bagi anda yang belum mengenal tanaman ini, berikut adalah gambaran sekilas pohon dewandaru:

  • Pohon: Termasuk ke dalam tanaman perdu dan biasanya mencapai 5 meter.
  • Batang: Tegak, berkayu, berbentuk bulat dengan kulit kayu berwarna coklat.
  • Daun: tunggal, berwarna hijau, berbentuk lonjong dengan ujung dan pangkal yang meruncing. Daun biasanya berukuran 5 cm dengan tepi daun yang rata dan pertulangan menyirip.
  • Bunga: Tunggal dengan daun kecil pelindung berwarna hijau. Mahkota bunga berwarna kuning, sedangkan benangsari dan putik berwarna putih.
  • Buah: Buni (bulat) dengan diameter sekitar 1,45 cm berwarna merah
  • Biji: Kecil, keras dan berwarna coklat.

Kandungan dan manfaat daun dewandaru bagi kesehatan

Di dalam daun dewandaru di ketahui terdapat beberapa unsur senyawa yang nyatanya sangat baik bagi kesehatan seperti karotenoid, felonik, likopen dan berbagai senyawa lainnya.


Nah, dari berbagai senyawa tersebut cukup tidak sedikit penyakit yang bisa di atasi dengan menggunakan daun dewandari sesuai dengan takarannya. Karena meski obat herbal ini minim akan efek samping, namun dengan yang takaran yang tetap sesuai dengan penyakitnya amaka akan menjadi lebih baik.

Adapun berbagai khasiat daun dewandaru selengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Berbagai kandungan dalam daun dewandaru yang telah di ungkap sebelumnya, di ketahui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tidak akan rentan terhadap serangan penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga berat seperti kanker dan lainnya.

2. Sebagai anti-radikal bebas

Daun dewandaru di ketahui memiliki kandungan antioksidan seperti senyawa karotenoid dan felonik, kedua kandungan tersebut akan menangkal keruksakan sel  yang biasanya di sebabakan oleh radikal bebas. Dengan mengonsumsinya secara teratur, maka dapat mencegah keruksakan sel dalam tubuh yang di sebabkan oleh radikal bebas.

3. Penghilang rasa sakit

Khasiat daun dewandaru lainnya juga bisa di jadikan sebagai obat analgesik atau sebagai anestesi yang akan menekan rasa sakit  yang di timbulkan oleh berbagai jenis penyakit. Sehingga jika anda mengonsumsinya secara teratur, maka sama saja anda minum obat medis seperti asam mefenamat. Namun yag membedakannya adalah efek samping yang di timbulkan dari daun ini jauh lebih rendah.

4. Mengobati diare

Penyakit diare pada umumnya di sebabkan oleh adanya bakteri yang di sebabakan oleh pola hidup atau makanan yang tidak sehat. Namun anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan mengonsumsi daun dewandaru secara teratur.

5. Mengobati rematik

Pada usia lanjut, biasanya beberapa penyakit muncul karena semakin menurunnya fungsi organ tubuh akibat pertambahan usia. Dan salah satunya adalah rematik. Namun, kondisi tersebut bisa di atasi dengan ekstrak daun dewandaru dengan cara merebus atau menyeduhnya, untuk menghilangkan rasa sakit yang di sebabkan oleh rematik.

6. Mengatasi hipertensi

Apabila anda kini tengah mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, anda bisa memanfaatkan daun dewandaru sebagai alternatifnya. Karena salah satu khasiatnya sendiri di ketahui mampu menormalkan tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi ramuannya setidaknya sehari sekali. Atau untuk lebih tepatnya, anda bisa mengonsumsinya terlebih dahulu dengan pakar herbal.

7. Menurunkan kolsterol

Selain tekanan darah tinggi, daun dewandaru ini juga ternya memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Meningginya kadar kolesterol di dalam tubuh biasanya di sebabkan oleh timbunan lemak jahat, yang mana jika di biarkan dapat membahayakan kondisi tubuh.

8. Melancarkan sistem pencernaan

Beberapa masalah pencernaan seperti sembelit atau usah BAB juga bisa di atasi dengan menggunakan daun dewandaru. Anda bisa mengonsumsi ekstrak daunnya di malam hari menjelang tidur, agar di pagi hari sistem pencernaan kita semakin lancar dan tidak susah BAB lagi.

9. Mencegah stroke

Beberapa di antara penyebab stroke adalah akibat tekanan darah maupun kolesterol yang begitu tinggi. Namun seperti yang telah di sampaikan sebelumnya bahwa daun ini mampu menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol tinggi sehingga secara otomatis mampu mencegah terjadinya stroke.

10. Mencegah kanker

Salah satu diantara penyebab kanker adalah radikal bebas. Namun dengan mengonsumsi air rebusan daun dewandaru secara rutin, maka penyebaran sel kanker di dalam tubuh dapat di cegah sedari dini.

Selain dari pada itu, daun dewanduru juga di kenal mampu mengurangi rasa sakit gigi, pencegahan osteoporosis dan juga sebagai antibakteri.

Cara mengolah daun dewanduru sebagai obat herbal

Untuk pengolahannya, bisa dengan cara di rebus atau di seduh. Untuk cara di rebus, anda bisa mengambil daun yang masih segar dan juga muda. Setelah itu cuci hingga bersih dan rebus bersama 3-5 gelas air dalam panci pemanas hingga tersisa hanya satu gelas air rebusan saja. Setelah itu saring, dan ambil hanya air rebusannya. Untuk menambah rasa dan aroma, anda bisa menambahkan sedikit gula batu atau madu ke dalamnya. Adapun untuk takaran mengonsumsinya, anda bisa menanyakan pada pakar herbal terlebih dahulu untuk mendapatkan takaran atau dosis yang tepat.

Adapun jika anda ingin mengolahnya dengan cara di seduh, anda bisa memilih daun dewandaru yang muda dan segar lalu cuci hingga bersih. Iris kecil-kecil, kemudian jemur, namun TIdak secara langsung di bawah sinar matahari karena dapat menghilangkan kandungan likopen di dalam daun. Setelah daun menjadi kering, anda bisa menyeduhnya dengan menggunakan air panas. Setelah berubah warna anda bisa langsung meminumnya atau mencampurnya dengan madu murni atau gula batu agar semakin enak saat diminum. Seperti sebelumnya, untuk mengetahui takaran yang tepat, anda bisa berkonsultasi langsung dengan pakar herbal.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan mengenai khasiat dan manfaat daun dewandaru ini dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi anda di dunia herbal. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Selasa, 24 Oktober 2017 14:14:28

Related Post :
Kesehatan
Waspadai Efek Samping Dan…

Waspadai efek samping dan…

Kesehatan
Manfaat Rutin Berolahraga Bagi…

Manfaat rutin berolahraga bagi…

Kesehatan
Waspadai Perilaku Ini untuk…

Berkaca dari kasus Jonghyun…

Manfaat
Manfaat Buah Pepaya Untuk…

Segudang kandungan mineral dan…

Tips
Tips Cara Menangani Bisul…

Saat kulit terinfeksi yang…

Kesehatan
Anda Penyuka Permen? Segera…

Permen merupakan salah satu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?

  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Calincing Untuk Kesehatan

Inilah berbagai khasiat dan manfaat…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Oregano Bagi Kesehatan

Berikut adalah berbagai khasiat dan…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top