Benarkah Penderita Kista Ovarium Sulit Hamil?

Share dan Tag Temanmu di :

Perlu diketahui bahwa setiap wanita selama hidupnya beresiko memiliki kista ovarium. Kista ovarium merupakan kantung yang berisi cairan akibat dari penumpukan cairan selama ovulasi / saat ovarium (indung telur) wanita melepaskan sel telur bahkan kemungkinan memiliki kista ovarium saat menstruasi, tetapi anda tidak menyadarinya karena kista ovarium sering hilang dengan sendirinya.


Untuk mencapai sebuah kehamilan yang sehat maka kondisi tubuh harus dipersiapkan dengan baik agar janin bisa tumbuh dan berkembang dalam rahim kadang ada beberapa kondisi wanita yang dapat menghalangi terjadinya kehamilan dengan adanya kista dalam ovarium dapat menjadi salah satu alasan yang membuat wanita sulit untuk hamil bahkan ada yang mengatakan bahwa kista sebelum hamil dapat membuat wanita tidak subur, benarkah demikian?

Benarkah penderita kista ovarium sulit hamil?

Pada umumnya kebanyakan wanita yang menderita kista takut tidak bisa hamil karena banyak yang mengatakan bahwa kista dapat membuat lebih sulit hamil dan menjadi tidak subur. Tetapi hal tersebut tidak kemungkinan benar karena ada beberapa jenis kista yang tidak dapat mempengaruhi kesuburan dan masih bisa hamil. Selain itu, memang ada jenis kista yang membuat wanita sulit hamil.

Berikut ini ada beberapa kista yang tidak mempengaruhi kesuburan sehingga tidak membuat anda sulit hamil, antara lain :

  • Kista denoma yaitu jenis kista yang tumbuh pada ovarium yang timbul dari permukaan ovarium. Jenis kistadenona dapat berkembang cukup besar dan butuh perawatan khusus untuk menghilangkannya namun secara umum kistadenoma tidak mempengaruhi kesuburan anda.
  • Kista fungsional yaitu jenis kista yang paling umum seperti kista kantung kecil yang berisi cairan yang tumbuh pada folikel atau pada korpus luteum. Jenis kista fungsional biasanya berkembang selama siklus menstruasi normal dan tidak berbahaya serta tidak mempengaruhi kesuburan bahkan dengan adanya kista fungsional dapat menunjukan bahwa anda sedang subur. Selain itu, kista fungsional juga dapat hilang dengan sendirinya dan tidak perlu memerlukan perawatan khusus.
  • Kista dermoid berbeda dengan jenis kista lainnya, kista dermoid bukan berisi cairan tapi berisi jaringan seperti kulit dan rambut dan kista dermoid tidak mempengaruhi kesuburan.

Meskipun ke tiga jenis kista tersebut tidak mempengaruhi kesuburan namun ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter mengenai perawatan apa yang harus dilakukan untuk menambah peluang anda untuk hamil karena jika kista dibiarkan dan mempunyai ukuran sangat besar dapat menyakitkan dan mungkin dapat membuat anda sulit hamil.

Berikut ini ada 2 jenis kista ovarium yang dapat mempengaruhi kesuburan sehingga membuat anda sulit hamil, diantaranya : 

  • Kista ovarium akibat sindrom policistic ovarium (PCOS) yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan banyaknya kista kecil yang timbul pada ovarium dan tanda lainnya yaitu periode haid yang tidak teratur serta meningkatnya kadar hormon tertentu karena berhubungan dengan haid yang tidak teratur maka sindrom ovarium policistic dapat memicu masalah kesuburan pada beberapa wanita sehingga membuat lebih sulit hamil.
  • Endrometrioma yaitu kista yang dipicu oleh endometrosus adalah sebuah kondisi jaringan yang melapisi rahim tumbuh diluar rahim yang kemungkinan dapat mempengaruhi kesuburan.

By Ana Rediana - Kewanitaan Selasa, 24 Oktober 2017 15:25:10

Related Post :
Alami
Obat Tradisional Perut Kembung…

Sebelum mengkonsumsi obat kimia,…

Tips
Trik Mendampingi Anggota Keluarga…

Mengetahui jika ada salah…

Tips
Tips Memilih Sabun Untuk…

Tips Memilih Sabun Untuk…

Kesehatan
Dampak Terlalu Sering Mengonsumsi…

Berikut adalah berbagai dampak…

Obat Cina
Obat Herbal Infeksi Rahim…

Obat herbal infeksi rahim…

Penyakit
Ketahui Faktor Penyebab Timbulnya…

Ketahui faktor penyebab timbulnya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penebalan dinding rahim dan haid slma 4 bulan tidak berhenti

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Saya d fonis dokter penyakit penebalan dinding harim.jadi solusi menghilang kan nya dengan cara apa.? Operasi atau d curet dokter?

  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…


Kewanitaan
Mengenal Jenis-jenis Keputihan Dan Gejalanya

Keputihan normal ataupun keputihan abnormal…

Kewanitaan
Tanda dan Gejala Menopause Dini Pada Wanita

Tanda dan gejala menopause dini…

Kewanitaan
Kirim Pertanyaan
Top