Awas! Penyebab Sering Kentut Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab sering kentut pada dasarnya di akibatkan oleh beberapa jenis makanan tertentu yang kita konsumsi maupun akibat terlalu banyaknya udara yang kita hirup. Namun selain dari pada itu, masalah kentut berlebihan juga ternyata bisa menjadi pertanda suatu penyakit yang patut kita waspadai juga lho.


Kentut adalah pembuangan gas yang terdapat di dalam saluran pencernaan yang di buang melalui anus. kentut sendiri bermula pada saat saluran cerna bagian atas mengalami kelebihan gas yang bisa di sebabkan oleh banyak hal. Mulai dari terlalu banyak menghirup udara, mengunyah permen karet hingga terlalu banyak mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Selain sering kentut, kelebihan gas juga bisa di sertai dengan perut kembung dan juga bersendawa.

Pada umumnya seseorang akan kentut atau buang gas sebanyak 10 kali dan hal tersebut dianggap yang biasa dan normal. namun jika lebih dari itu atau terjadi terlalu sering, keluhan tersebut juga pastinya akan mengganggu dan juga abnormal. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan yang lebih lanjut agar bisa mengetahui apakah pemicu sering kentut tersebut tanda adanya penyakit yang lebih serius.

Berbagai penyebab sering kentut yang perlu anda ketahui

Setelah pada kesempatan sebelumnya kitya mengenal berbagai penyebab susah kentut, kini kebalikannya. Berikut adalah berbagai pemicu yang dapat menyebabkan kita sering kentut, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu

Beberapa jenis makanan tertentu seperti makanan yang tinggi akan serat, terbuat dari tepung dan juga mengandung gula alami beresiko menjadi penyebab sering kentut. Seperti halnya kacang-kacangan, susu dan produk olahannya, sayuran (brokoli, kol, kubis dan bok choy), dedak atau kulit padi, minuman berkarbonasi (soda dan bir), fruktosa, sorbitol, bawang, pisang, apel, kentang, dan lainnya.

Namun yang perlu diingat adalah satu makanan yang sama mungkin saja dapat menyebabakan reaksi yang berbeda-beda terhadap setiap orang, sehingga satu makanan yang menjadi penyebab sering buang angin atau kentut pada satu orang belum tentu menimbulkan reaksi pada orang lain.

2. Terlalu banyak menelan angin

Hal ini memiliki presentase 50% menjadi penyebab sering kentut. Menalan banyak angin sendiri bisa saja terjadi akibat beberapa aktivitas yang tanpa kita sadari sebelumnya seperti makan atau minum terlalu cepat, merokok, minum menggunakan sedotan, mengonsumsi minuman berkarbonasi, merokok, menghisap permen, mengenakan gigi palsu yang agak longgar hingga sering menelan ludah saat cemas.

3. Makanan yang tidak tercerna secara sempurna

Masalah kelebihan gas juga bisa berasal dari pemecahan mikroba dalam pemrosesan makanan, seperti metana, karbondioksida dan hidrogen atau senyawa lainnya seperti sulfur yang menyebabkan keluarnya aroma tak sedap.

Selain itu, kelebihan gas juga bisa terjadi pada saat tubuh tidak dapat mencerna beberapa karbohidrat karena ketiadaan enzim tertentu dalam usus kecil. Makanan yang tidak tercerna ini kemudian di alihkan ke usus besar, yang selanjutnya akan di proses menjadi karbondioksida, hidrogen dan terkadang metana yang kemudian keluar menjadi kentut

4. Gejala penyakit

Selain beberapa hal yang telah di sebutkan sebelumnya, peyebab sering buang angin terutama kentuk 20 kali dalam sehari juga bisa di sebabkan oleh beberapa jenis penyakit. Dan berikut adalah beberapa penyakit yang kemungkinan dapat terjadi.

  • Penyakit crohn
  • Sindrom dumping
  • Diabetes
  • Gangguan makan
  • Penyakit celiac
  • Pankreatitis autoimun
  • GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau penyakit asam lambung
  • Intoleransi laktosa
  • Gangguan pencernaan
  • Penyakit radang usus besar
  • Penyakit tukak lambung
  • Kolitis ulseratif

Di samping itu, sering kentutu juga bisa terjadi akibat efej samping mengonsumsi beberapa jenis obat untuk menangani penyakit diabetes tip 2, seperti acarbose maupun obat lainnya yang mengandung laktosa dan juga gula sorbitol.

Cara mengatasi sering kentut atau buang gas berlebihan

Berikut ada beberapa tips bagi anda yang sering kentut baik di pagi hari maupun malam hari, terutama menimbulkan bau busuk yang mungkin menurunkan ketidak percaya dirian anda terlebih saat berada di kalangan orang banyak.

- Perhatikan pilihan dan pola makana anda. Terlebih jika anda sering mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang besar, maka cobalah beralih k karbohidrat yang mudah di cerna seperti kentang, nasi dan pisang.

- Buatlah catatan harian untuk apa yang anda makan. Serta gantilah kebiasaan makan ke 3 porsi besar menjadi 6 porsi kecil. Hal tersebut bertujuan agar lebih mudah mengidentifikasi makanan pemicu sering kentut.

- Hindari aktivitas atau kebiasaan apapun yang memungkinkan anda menelan udara dalam jumlah yang besar. Termasuk di dalamnya mengunyah makanan yang benar, tidak merokok dan juga tidak mengunyah permen karet.

- Berolahraga secara teratur. Hal ini sangat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga mencegah kentut secara berlebihan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar penyebab sering kentut lengkap dengan cara mengatasinya dapat bermanfaat bagi anda. Namun, apabila kondisi anda berlanjut sebaiknya segera periksakan kondisi anda ke pusat kesehatan terdekat. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 25 Oktober 2017 10:28:58

Related Post :
Tips
Tips Agar Lancar Buang…

Ada beberapa tips agar…

Manfaat
Manfaat Rebung Untuk Memperlancar…

Manfaat rebung untuk memperlancar…

Daun
Manfaat Luar Biasa Daun…

Informasi tentang kandungan daun…

Tips
Cara Paling Ampuh Mengatasi…

Gejala orang yang keracunan…

Obat Kimia
Obat Tizanidine Untuk Mengurangi…

Anda pernah mengalami kejang…

Daun
Segudang Kebaikan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Perawatan Jerawat Dimulai Dari Diagnosis Yang Tepat

Jerawat biasanya bisa didiagnosis dokter…

Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Buah Leci saat Perut Kosong

Bahaya mengonsumsi leci saat perut…

Kirim Pertanyaan
Top