Manfaat Menakjubkan Biji Kelor dan Cara Penggunaannya

Share dan Tag Temanmu di :

Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7-11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau. Sedangkan buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga bisa diolah menjadi makanan. 


Karena kandungan zat aktif yang ada didalamnya efektif untuk mengalami berbagai masalah kesehatan, maka banyak orang yang memanfaatkannya sebagai obat. Hampir setiap bagian dari pohon kelor bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari bunga, daun, hingga bijinya. 

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai manfaat daun kelor. Nah, kali ini kita akan memberikan informasi seputar manfaat biji kelor beserta cara penggunaannya. Simak uraian lengkapnya dibawah ini !

Mengetahui Manfaat Menakjubkan Biji Kelor dan Cara Penggunaannya

Pohon kelor diperkaya dengan kadnungan nutrisi seperti kalsium, zat besi, vitamin, dan asam amino esensial yang juga ditemukan pada quinona dan daging hewani. Selain itu, biji kelor juga kaua akan kandungan vitamin C, antioksidan, dan agen antiperadangan. Berikut ini merupakan manfaat biji kelor yang bisa kita dapatkan, diantaranya :

Membuat tidur lebih nyengak dan meningkatkan energi

Bagi Anda yang memiliki gangguan susah tidur nyenyak, maka tidak ada salahnya untuk mencoba minum air rebusan biji kelor 1 jam sebelum tidur. Selain bisa membantu tidur nyenyak, ramuan ini juga bisa membuat tubuh lebih berenergi ketika bangun di pagi hari. 

Hal ini disebabkan karena dalam segenggam biji kelor ini terkandung zat besi yang 3 kali lebih banyak dari daun bayam. Hal inilah yang membuat manfaat biji kelor juga baik bagi mereka yang mengidap anemia defisiensi besi. Tubuh memerlukan asupan zat besi yang cukup untuk memproduksi dan membawa sel darah emrah beroksigen ke otot, organ, dan jaringan tubuh lainnya.

Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Biji kelor juga diperkaya dengan kandungan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas penyebab penuaan dini pada kulit. Minyak yang diekstrak dari biji kelor bisa dijadikan sebagai pelembab alami untuk menjaga kulit tetap halus, lembut, dan bercahaya. 

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali bisa berdampak pada timbulnya masalah kesehatan serius, seperti stroke dan serangan jantung. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda bisa memanfaatkan biji kelor. Untuk penggunaannya, Anda bisa merebus biji kelor dan mengonsumsi air rebusannya secara rutin.

Menurunkan gula darah

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 yang diterbitkan di Acta Histochemica melaporkan bahwa penurunan kadar gula darah bisa dipertimbangkan sebagai manfaat biji kelor, terutama baik bagi penderita diabetes. 

Namun, penelitian ini hanya dilakukan sebatas pada tikus lab dan belum dibuktikan secara langsung pada manusia. Akan tetapi, sejauh ini hasilnya cukup menjanjikan. Alangkah baiknya sebelum memanfaatkan biji kelor untuk mengendalikan penyakit diabetes, Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. 

Untuk mendapatkan manfaat biji kelor itu sendiri, Anda bsia mengolah atau mendapatkan hasil olahan biji kelor dengan beberapa cara, seperti :

  1. Biji kelor direbus seperti kacang polong dan digunakan sebagai lauk untuk makanan apapun.
  2. Anda juga bisa merebus biji kelor selama 15 menit dan saring airnya untuk diminum sebagai teh herbal.
  3. Biji kelor juag bisa dikonsumsi seperti kacang. Caranya, sangrai biji kelor dalam oven (sama seperti memasak popcorn), atau bisa juga menambahkan biji kelor ke dalam campuran granola atau buah kering lainnya. 

Perlu diingat, mengonsumsi biji kelor sebagai obat herbal sebenarnya diperbolehkan. Namun, biji kelor bukan pengganti obat-obatan atau terapi medis dari dokter, melainkan hanya sebagai pelengkap pengobatan. 

Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Manfaat Rabu, 25 Oktober 2017 13:06:08

Related Post :
Kesehatan
Olahraga Yang Baik Bagi…

Olahraga yang baik bagi…

Tips
Tips Dan Cara Mudah…

Tips dan cara menghilangkan…

Penyakit
Cara Mudah Untuk Membedakan…

Bagi anda yang sering…

Penyakit
Pilihan Jenis Terapi yang…

Ada banyak jenis terapi…

Ibu Hamil
Bahayakah Cabut Gigi Saat…

Bahayakah cabut gigi saat…

Ibu Hamil
Hal Yang Harus Dilakukan…

Hal yang harus dilakukan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Menakjubkan! Ini Khasiat Lada Putih Bagi Kesehatan

Tahukah anda apa saja khasiat…

Manfaat
Manfaat
Ini Manfaat Sehat Dari Kacang Arab Yang Jarang Diketahui

Beragam manfaat kacang arab untuk…

Kirim Pertanyaan
Top