Waspada! Ternyata Kebiasaan Sepele Ini Bisa Memicu Insomnia

Share dan Tag Temanmu di :

Insomnia atau susah tidur merupakan gangguan yang cukup mengganggu, terlebih lagi bagi mereka yang harus bekerja pada pagi hari. Insomnia yang berkepanjangan dapat menyebabkan kurang tidur yang memengaruhi kesehatan tubuh ataupun mental. 

Selain mengalami kesulitan tidur, orang dengan insomnia juga cenderung sering terbangun pada malam hari. Ketika Anda terbangun di tengah malam dan tetap terjaga lebih dari 30 menit per malam selama lebih dari 3 hari dalam seminggu, maka ini bisa menandakan adanya masalah serius. 


Ada banyak faktor yang bisa memicu insomnia, termasuk beberapa kebiasaan yang mungkin dianggap sepele. Berikut ini beberapa kebiasaan sepele yang bisa memicu insomnia, yaitu :

  • Tidak membersihkan kamar

Membersihkan kamar secara rutin, terutaam tempat tidur akan membantu Anda untuk lebih mudah tidur di malam hari. Namun sebaliknya, memiliki ruang tidur yang kotor, bersuhu buruk, dan banyak gangguan lainnya tentu akan membuat siapapun merasa tidak nyaman. Akibatnya, bukannya terlelap setelah beraktivitas seharian, Anda justru terpaksa membersihkan kamar. Hal tesebut tentu akan membuat Anda tidur semakin larut, bahkan bisa berujung insomnia. 

  • Penyakit yang tidak terdiagnosis

Penyakit yang tidak terdiagnosis, seperti sleep apnea, juga bisa memicu insomnia. Jika beberapa penyakit bersarang di tubuh dan tidak diketahui, maka hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan. Selain akan mengganggu kondisi fisik dan kesehatan, kondisi ini juga akan menyebabkan sulit tidur di malam hari. Maka dari itu, Anda perlu membiasakan diri untuk melakukan pemeriksaan diri ke dokter ketika merasakan adanya suatu perubahan pada tubuh.

  • Terlalu banyak minum air putih

Minum air putih memang disarankan dan baik bagi tubuh. Namun, jika minum air putih secara belebihan juga tidak baik dan dapat menimbulkan dampak buruk, terlebih lagi jika dilakukan sebelum tidur. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak minum dapat maerangsang Anda untuk terus pergi ke kamari kecil, dan hal tersebut tentu akan mengganggu jam tidur. 

Mark Whiteley, konsultan ahli bedah vaskulas dan pendiri The Whiteley Clinic di London, menuturkan bahwa terlalu banyak minum air sebelum tidur dapat mengganggu ritme kerja ginjal. Ketika tidur, otak mengeluarkan ADH, hormon anti-diuretik, untuk memperlambat fungsi ginjal dan menghentikan kita meraskan kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari. 

Maka dari itu, disarankan untuk buang air kecil sebelum tidur di malam hari, agar tidak terbangun saat malam. Selain itu, juga hindari minum air putih setidaknya 30 menit sebelum tidur.

  • Tidak menjaga pola makan

Kebiasaan makan sembarangan ternyata dapat menyebabkan insomnia. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan Anda mengalami gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan yang terjadi tentu akan berdampak langsung terhadap pola tidur. Sebab ketika perut terasa tidak nyaman, maka Anda akan semakin sulit tidur di malam hari dan menyebabkan insomnia yang berkepanjangan. 

  • Membawa pekerjaan kantor ke rumah

Meskipun Anda memiliki pekerjaan yang sangat banyak, namun Anda harus memiliki batasan yang jelas. Usakan untuk tidak membawa pulang pekerjaan kantot Anda. Karena hal tersebut dapat membuat Anda mengalami insomnia. Di tengah tumpukan pekerjaan, kemungkinan Anda akan mengembangkan rasa stres dan tertekan. Ketika stres, Anda akan semakin sulit untuk tidur nyenyak.

Itulah beberapa kebiasaan sepele yang bisa memicu insomnia. Alangkah baiknya Anda hindari beberapa kebiasaan yang telah disebutkan diatas untuk mencegah insomnia. Sehingga Anda bisa tidur nyenyak pada malam hari dan tubuh akan merasa segera saat bangun di pagi hari. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 25 Oktober 2017 15:56:02

Related Post :
Kesehatan
Bahaya Kadar Trigliserida Tinggi…

Mengingat begitu besarnya bahaya…

Penyakit
Cara mengatasi Katarak Pada…

Berikut adalah berbagai cara…

Obat Kimia
Obat Kima Untuk Nyeri…

Obat Kima Untuk Nyeri…

Manfaat
Khasiat Belerang untuk Kesehatan…

Dibalik baunya yang menyengat,…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Rematik…

Berikut adalah berbagai macm…

Penyakit
Gangguan Dan Penyakit Pada…

Berikut ini berbagai jenis…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Demi Kesehatan Jangan Pernah Pinjamkan Benda Ini

Terdapat beberapa benda pribadi yang…

Kesehatan
Jangan Abaikan! Ini Saran Ahli Gizi Bagi Penggemar Seblak

Agar dapat terhindari dari kemungkinan…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Gejala Dan Penanganan Intususepsi

Tahukah anda apa itu intususepsi?…

Kirim Pertanyaan
Top