Sindrom Kleine-Levin Membuat Penderitanya Jadi Putri Tidur

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi pada penggemar cerita Disney, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan dongeng Putri Tidur atau Sleeping Beauty. Namun, apakah Anda tahu bahwa ternyata itu tidak hanya terjadi dalam dunia dongeng saja, tetapi juga benar-benar di dunia nyata. Hal ini membuat seseorang bisa terlelap selama beberapa hari hingga berbulan-bulan lamanya.

Sindrom sleeping beauty atau dalam dunia medi disebut dengan Kleine-Levin Syndrome merupakan suatu kelainan neurologis yang bisa dibilang langka. Dilaporkan hanya ada sekitar 1.000 ornag di seluruh dunia yang mengidap sindrom ini. 

Baru-baru ini dikabarkan salah satu warga asal Banjarmasin, Siti Raisa Miranda alias Echa (13) mengalami sindrom Kleine-Levin. Ia bisa menghabiskan satu siklus tidur hingga 2 minggu. Disela-sela tidurnya, Echa hanya bangun untuk makan, minum, dan buang air. Hal itu pun tidak dilakukannya dalam kondisi kesadaran penuh dan harus dituntun oleh kedua orangtuanya. Kabar tentang Echa si Putri Tidur ini viral di medi sosial setelah sang ayah mengunggah cerita anaknya yang masih tidur hingga hari ke 10 di akun Facebook miliknya. 

Mengenal Sindrom Kleine-Levin, Kelainan Langka yang Membuat Penderitanya Jadi Putri Tidur


Melansir dari Wikipedia, Sindrom Kleine-Levin atau dalam bahasa Inggris disebut Kleine-Levin Syndrome (KLS) adalah penyakit saraf yang langka dimana penderita tidak bisa mengontrol rasa kantuknya. Penderita bisa tidur selama berjam-jam,berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan bisa berbulan-bulan, terngantung pada berapa lama penyakit itu muncul/kambuh. Penderita bisa bangun hanya untuk makan atau pergi ke kamar mandi. Penderita bisa dibangunkan oleh prang lain, namun penderita selalu mengeluhkan merasa capek dan letih. 

Sebagian penelitian di Amerika Serikat mempercayai penyebab penyakit KLS adalah mutasi gen atau DNA yang dibawa oleh orang tua penderita. Namun penyebab pasti KLS masih belum diketahui.

Sindrom Kleine-Levin kebanyakan dialami oleh pria dewasa (sekitar 70%). Karakteristik utama dari penyakit ini adalah berlangsungnya periode dimana penderitanya tidur dalam jangka waktu yang lama, kira-kira lebih dari 20 jam per hari. Periode ini dapat berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa bulan. Namun, setelah periode tersebut berakhir, penderita biasa beraktivitas seperti biasanya layaknya orang normal. 

Penyebab sindrom Kleine-Levin

Sama halnya dengan penyakit langka lainnya, masih belum ada penjelasan mengenai pada sebenarnya yang menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit ini. Namun, gejala-gejala yang timbu mengindikasikan adanya malfungsi kerja bagian hipotalamus dan thalamus pada otak. Kedua bagian pada otak ini berperan dalam mengatur nafsu makan serta tidur. 

Ciri-ciri sindrom Kleine-Levin

Terdapat beberapa tanda atau ciri-ciri yang  bisa dilihat pada penderita Kleine-Levin. Salah satu ciri utamanya yaitu waktu tidur yang berlebihan ketika sindrom tersebut menyerang, masa-masa ini disebut dengan 'episode'. Jika suatu episode terjadi, penderita bisa memiliki karakteristik sebagai berikut :

  • Sindrom Kleine-Levin ini merupakan sebuah siklus. Setiap episode dapat berlangsung selama beberapa hari, hingga beberapa bulan. Ketika sebuah episode berlangsung, maka penderita tidak dapat melakukan aktivitas layaknya orang normal. Karena lebih dari setengah harinya akan digunakan untuk tidur. mereka juga tidak bisa mengurus dirinya sendiri karena meskipun telah bangung, mereka akan merasa sangat lelah, tidak punya tenaga, dan mengalami disorientasi. 
  • Ketika terbangun di tengah-tengah waktu tidurnya, penderita dapat bertingkah laku seperti anak kecil, merasa kebingungan, disorientasi, letargi (kehilangan energi dan merasa sangat lemas), hingga apatis atau tidak menunjukkan emosi terhadap apa yang terjadi di sekitarnya.
  • Penderita tidak bisa membedakan mana kenyataan dan mana mimipi. Tak jarang di sela-sela berlangsungnya episode, penderita sering melamun dan terlihat seolah-olah tidak sadar dengan lingkungan di sekitarnya. 
  • Penderita juga dilaporkan menjadi lebih sensitif terhadap banyak hal, seperti suara dan cahaya. Kehilangan nafsu makan juga bisa terjadi ketika suatu episode sedang berlangsung. Beberapa juga menyatakan timbulnya nafsu seksual yang meningkat secara tiba-tiba. 

Sejauh ini belum ada pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini secara tuntas. Hal ini bisa dilakukan bagi penderita sindrom Kleine-Levin hanya sebatas obat-obatan berupa stimulan untuk mengurangi rasa kantuk yang berlebihan. Isabelle Arnulf, Thomas J Rico, dan Emmanuel Mignot dalam penelitiannya yang dilakukan pada 2012 menyatakan bawha pengobatan yang membantu adalah lithium, khususnya untuk mengatasi masalah-masalah psikis yang timbul terkait sindrom ini.

Disamping itu, pengawasan dan penanganan di rumah selama episode terjadi sangat penting. Penderita akan mengalami kesulitan mengurus dirinya sendiri sehingga sangat membutuhkan bantuan orang lain. 

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 26 Oktober 2017 10:16:48

Related Post :
Kesehatan
Mengetahui Jenis Narkoba Paling…

Mengetahui jenis narkoba paling…

Kesehatan
Ingin Menjalankan Pola Hidup…

Olahraga secara teratur memang…

Manfaat
Manfaat Jagung Untuk Mengatasi…

Manfaat jagung untuk mengatasi…

Kesehatan
Hati-Hati Stres Dapat Memicu…

Faktor psikologis seperti timbulnya…

Manfaat
Manfaat Vitamin B6 untuk…

Vitamin B6 selain baik…

Kesehatan
5 Jenis Terapi Untuk…

Autisme memang tidak dapat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Mengenali 5 Jenis Benjolan Payudara yang Bukan Kanker

Tidak semua benjolan pada payudara…

Kesehatan
Pernah Merasa Ketindihan Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Pernah merasa ketindihan saat tidur?…

Kesehatan
Cara Tepat Menggunakan Daun Sirih Untuk Atasi Mata Buram

Berikut ini cara tepat menggunakan…

Kirim Pertanyaan
Top