Kencing Bau Menyengat? Bisa Jadi Pertanda Penyakit Ini

Share dan Tag Temanmu di :

Apakah anda merasa jika bau kencing anda bau menyengat beda dari biasanya? Kemungkinan hal tersebut pertanda bahwa anda mengalami suatu gangguan kesehatan tertentu. Namun sebenarnya, seperti apakah bau kencing yang normal dan bau kencing yang tidak normal?

Bau kencing menyengat bisa disebabkan karena makanan tertentu seperti jengkol atau petai yang memiliki senyawa sulfur alami yang membuat urin menjadi bau tajam. Tapi bau pada urin akibat makanan akan segera hilang jika zat penyebab bau sudah dikeluarkan dari tubuh. Selain itu, ada beberapa obat-obatan dan vitamin yang diketahui dapat mempengaruhi aroma urin. Namun alangkah baiknya anda waspada jika mengalami bau kencing menyengat tanpa mengkonsumsi makanan atau obat-obatan karena bisa saja itu suatu tanda adanya masalah kesehatan.


Berikut ini ada beberapa penyakit yang menyebabkan bau kencing menyengat, diantaranya :

  • Dehidrasi

Apabila anda tiba-tiba kencing dengan bau yang menyengat dan berwarna kuning pekat merupakan salah satu tanda anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam jumlah yang cukup besar sehingga dapat mengganggu fungsi tubuh. Selain itu, dehidrasi juga menimbulkan beberapa gejala lain misalnya mulut kering, sembelit, tubuh merasa lelah, kulit kering, pusing, dan kepala terasa keleyengan. Jika anda mengalami kondisi tersebut, lebih baik langsung minum air putih yang cukup dan segera periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat.

  • Gangguan metabolik

Gangguan metabolik yaitu gangguan tubuh yang terjadi ketika proses metabolisme berlangsung. Proses metabolisme merupakan proses pemecahan zat-zat gizi supaya dapat digunakan dengan mudah oleh jaringan-jaringan tubuh. Selain itu, gejala lainnya penurunan berat badan drastis, mual muntah, nafsu makan menurun, bahkan hingga koma.

  • Infeksi saluran kencing

Bau kencing menyengat bisa saja suatu tanda infeksi saluran kencing yang disebabkan oleh bakteri yang tumbuh didalam saluran sehingga membuat anda terinfeksi. Infeksi juga dapat terjadi pada saluran yang menghubungkan antara ginjal dan kandung kemih (uretra). Beberapa gejala infeksi yang muncul seperti nyeri saat BAK, mengalami demam, meriang, mual dan muntah.

  • Diabetes yang tidak terkontrol

Bau kencing menyengat bisa saja suatu tanda dari diabetes yang tidak terkontrol maksudnya orang tersebut tidak mengendalikan kadar gula darahnya dengan baik sehingga menimbulkan komplikasi dan masalah bagi tubuh. Saat kadar gula darah sedang tinggi maka bau kencing berubah menjadi bau manis seperti buah.

Beberapa kondisi lain yang menyebabkan bau kencing menyengat, antara lain:

  • Sedang masa ovulasi. Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa wanita yang sedang memasuki masa subur memiliki bau kencing yang lebih menyengat karena hormon yang memperngaruhi kandungan amonia dalam urin sehingga urin menjadi lebih bau menyengat.
  • Sedang mengkonsumsi vitamin atau suplemen maka jangan dulu panik jika urin anda berubah baunya bisa saja itu diakibatkan karena obat atau suplemen yang sedang dikonsumsi saat ini karena zat yang ada dalam suplemen atau obat dapat mempengaruhi bau kencing.
  • Sedang hamil. Jika anda sedang hamil maka hormon kehamilan dapat mempengaruhi bau kencing terutama pada trimester pertama.

By Ana Rediana - Penyakit Kamis, 26 Oktober 2017 15:48:46

Related Post :
Alami
Obat Kista Bartholin Alami…

Obat kista bartholin alami…

Kesehatan
Risiko Penyakit Akibat Badai…

Anda harus selalu waspada…

Penyakit
Kenali Penyebab Sakit Kepala…

Kenali penyebab sakit kepala…

Kesehatan
Waspada! Orang Tipe Ini…

Berikut ini merupakan beberapa…

Tips
Tips Agar Lancar Buang…

Ada beberapa tips agar…

Penyakit
Waspada! Ini Berbagai Gejala…

Waspada! inilah berbagai gejala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Diagnosis Kanker Hati Dan Tahap Perkembangannya

Diagnosis kanker hati sangat perlu…

Penyakit
Penyakit
Bahaya Kekurangan Enzim Menyebabkan Gangguan Metabolisme

Bahaya Kekurangan Enzim Menyebabkan Gangguan…

Kirim Pertanyaan
Top