Karena Alasan Ini Demam Justru Bermanfaat Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Ketika mengalami demam, siapapun pasti akan merasa tidak nyaman dan aktivitas pun akan terganggu. Terlebih lagi jika dialami oleh anak, tidak sedikit orangtua yang panik dengan gangguan kesehatan yang dialami si kecil. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir jika mengalami demam. Pasalnya, meskipun demam mungkin bisa membuat Anda khawatir dan tidak nyaman, ternyata ini merupakan reaksi tubuh yang bermanfaat dan memang penting. Benarkah demam memiliki manfaat yang baik bagi tubuh ? Simak penjelasannya dibawah ini !!

Mengetahui Penyebab dan Manfaat Demam Bagi Tubuh


Demam merupakan suatu kondisi dimana suhu tubuh melebihi 37 derajat celcius yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Demam juga merupakan pertanda bahwa sel antibodi manusia (sel darah putih) sedang melawan virus atau bakteri. Selain itu, demam juga bisa terjadi pada kondisi hipertiroidisme, artritis, atau karena penggunaan beberapa jenis obat-obatan, termasuk antibiotik. kenaikan suhu tubuh akibat konsumsi obat ini disebut dengan demam obat atau drug fever. 

Demam ditandai dengan gejala seperti badan panas dan menggigil. Demam terjadi karena adanya proses peradangan pada seluruh tubuh. Hal ini dapat terjadi, misalnya ketika tubuh sedang melawan infeksi. Akibat proses peradangan tersebut, senyawa kimia khusus akan dilepaskan dan dibawah aliran darah menuju hipotalamus. Hipotalamus sendiri merupakan sebuah struktur di otak yang  mengatur suhu tubuh. 

Di hipotalamus, senyawa kimia tersebut akan membuat suhu tubuh menjadi lebih tinggi (panas). Karena adanya senaywa ini, maka tubuh pun keliru menganggap bahwa suhu tubuh yang normal justru yang panas. inilah yang menjadi penyebab demam. 

Infeksi merupakan penyebab utama demam. Namun, demam sendiri bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Karena demam justru sangat berjasa untuk melindungi tubuh. Meskipun banyak yang tidak menyadari manfaat demam itu sendiri, namun, inilah yang benar-benar terjadi ketika tubuh mengalami demam, yaitu :

Membunuh kuman

Kadar zat besi di dalam darah juga akan menurun ketika demam. Demam akan meningkatkan produksi hormon hepsidin di hati yang menyebabkan berkurangnya zat besi dalam aliran darah. Karena kelangsungan gidu virus atau bakteri bergantung pada zat besi, maka kurangnya zat besi ini dapat menyebabkan virus atau bakteri tersebut menurun. 

Ditambah lagi, tingginya suhu tubuh juga dapat membantu membunuh beberapa jenis kuman yang tidak tahan panas. Beberapa enzim dan toksin yang diproduksi oleh kuman juga dapat dirusak oleh suhu tubuh yang tinggi. 

Meningkatkan kekebalan tubuh

Panas yang dihasilkan tubuh ketika demam akan mempercepat metabolisme. Metabolisme tubuh yang meningkat akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh lebih aktif. Maka dari itu, sistem kekebalan tubuh pun akan lebih cepat mendeteksi dan membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, produksi sel darah putih yang berfungsi sebagai sistem imun tubuh juga akan meningkat saat demam. 

Walaupun terkadang mengkhawatirkan, namun demam tinggi tidak selalu menandakan adanya suatu penyakit serius. Demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala yang seringkali menyertai penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa memerlukan pengobatan, seperti misalnya flu atau pilek. Maka dari itu, demam akan hilang dengan sendirinya ketika penyakit yang mendasarinya sembuh. 

Namun, untuk mengobati demam yang lebih parah, Anda bisa memanfaatkan beberapa obat penurun panas yang bisa dibeli secara bebas di apotek. Sebelum menggunakannya, bacalah terlebih dahulu aturan pakai pada kemasan obat dan ikuti dosis yang dianjurkan. 

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 28 Oktober 2017 11:12:43

Related Post :
Daun
Manfaat Luar Biasa Daun…

Informasi tentang kandungan daun…

Tips
Tips Agar Minum Kopi…

Penderita maag kini tidak…

Kesehatan
Pilihan Jus Buah Penurun…

Pilihan jus buah penurun…

Kesehatan
5 Kesalahan Ketika Buang…

Berikut adalah beberapa kesalahan…

Daun
Kegunaan Dan Manfaat Daun…

Kegunaan dan manfaat daun…

Manfaat
Mengetahui Manfaat Sehat Dibalik…

Selai kacang termasuk salah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengetahui Perbedaan Osteoarthritis dan Osteoporosis

Meskipun memiliki kesamaan, ternyata penyakit…

Kesehatan
Ketahui Ciri-Ciri Makanan Yang Mengandung Formalin Dan Boraks

Inilah ciri-ciri makanan yang mengandung…

Kirim Pertanyaan
Top