Mengetahui Bahaya Penggunaan Penyedap Rasa Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Penggunaan penyedap rasa atau monosodium glutamate (MSG) dalam masakan dipercaya dapat meningkatkan cita rasa tersendiri. Sehingga cukup banyak orang yang menggunakannnya pada berbagai olahan makanan. Namun, apakah Anda tahu bahwa penggunaan penyedap rasa dalam makanan dapat menimbulkan masalah pada kesehatan ?


MSG merupakan zat aditif yang terdiri dari garam dan asam glutamat. Kedua bahan ini bisa mengganggu kinerja sistem saraf otak. Penggunaan penyedap rasa dalam dosis tinggi bahkan bisa menyebabkan serangan epilepsi. 

Meskipun telah banyak yang mengetahui akan dampak penggunaan penyedap rasa, namun masih belum banyak penelitan yang mendukung studi ini. 

Berikut ini merupakan bahaya penggunaan penyedap rasa bagi kesehatan yang perlu diketahui dan diwaspadai, yaitu :

  • Pusing

Pusing merupakan dampak buruk penyedap rasa yang sering dialami. Biasanya pusing timbul jika terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan penyedap rasa. Disamping itu, penyedap rasa juga berisiko memicu migrain dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya. 

  • Tekanan darah tidak normal

Penggunaan penyedap rasa yang berlebihan dapat mengacaukan tekanan darah, terutama bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

  • Detak jantung tidak teratur

Ini menjadi salah satu dampak lain yang bisa ditimbulkan akibat penggunaan penyedap rasa pada makanan. Detak jantung bisa menjadi tidak teratur, seperti melambat hingga terlalu cepat. Jika ini sering terjadi, maka bisa memicu nyeri pada jantung. Jadi, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, alangkah baiknya mewaspadai kandungan makanan yang dikonsumsi. 

  • Bahaya bagi wanita dan anak-anak

Penyedap rasa juga bisa memengaruhi kesuburan wanita. Selain itu, juga tidak cocok bagi anak-anak karena bisa meningkatkan risiko terhadap gangguan organ tubuh. 

  • Gugup

Ternyata mengonsumsi penyedap rasa juga bisa meningkatkan rasa gugup, mati rasa, kesemutan atau sesnsasi terbakar di wajah dan leber. Orang yang banyak mengonsumsi penyedap rasa lebih sering mengantuk dan tubuhnya lemah. Selain itu, penyedap rasa juga dapat meningkatkan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson, Alzheimer, dan sclerosis. 

  • Masalah lain

Bahaya lain yang bisa timbul akibat penggunaan penyedap rasa yaitu gangguan lambung, tiroid, diabetes tipe 2, obesitas, asma. Selian itu, penyedap rasa juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, aitis, alergi hingga kerusakan retina. 

Itulah beberapa bahaya penggunaan penyedap rasa secara berlebihan yang perlu diketahui. Kini Anda perlu waspada dan berhati-hati dengan makanan yang akan dikonsumsi. Periksakan kandungan yang ada didalamnya. Serta kurangi penggunaan penyedap rasa pada makanan dan konsumsilah makanan yang lebih sehat agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. 

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 30 Oktober 2017 14:42:59

Related Post :
Alami
Manfaat Jahe Merah Untuk…

Manfaat jahe merah untuk…

Kesehatan
Benarkah Kantong Teh Celup…

Saat ini ada beberapa…

Kesehatan
Nyeri Pada Payudara? Ini…

Berikut adalah penyebab nyeri…

Kesehatan
Mata Selalu Merah? Ketahui…

Mata anda selalu merah?…

Ibu Dan Anak
Selain Susah Makan Ini…

Selain susah makan, ketahui…

Kesehatan
Waspada Beberapa Gejala Alergi…

Waspada beberapa gejala alergi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Daftar Makanan Yang Mengandung Kolagen Terbaik

Daftar makanan yang mengandung kolagen…

Kesehatan
Ternyata Inilah Alasan Mengapa Menguap Bisa Menular

Meskipun bukan termasuk penyakit, namun…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahaya Air Minum Kemasan Galon Isi Ulang

Berikut ini merupakan bahaya air…

Kirim Pertanyaan
Top