Waspada! Ini Bahaya Formalin Pada Makanan Bagi Tubuh Manusia

Share dan Tag Temanmu di :

Bahaya formalin pada makanan jika di konsumsi nyatanya dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. Mungkin hal tersebut sering kali anda dengar dari berbagai berita di televisi. Namun sebenarnya apa saja dampak buruk yang di timbulkan oleh formalin bagi tubuh? ketahui rincian selengkapnya hanya disini!


Formalin atau formaldehye adalah nama untuk zat yang tidak berwarna, mudah terbakar dan memiliki bau yang sangat menyengat. Pada umumnya, formalin sendiri sering kali di gunakan dalam pembuatan cairan pembersih, juga di gunakan dalam pembuatan perkakas rumah tangga, furniture, dan kayu lapis. Bahkan bahan perekat seperti lem juga menggunakan formalin sebagai bahan pembuatannya. Selain dari pada itu, formalin juga di gunakan dalam bahan disinfektan, fungisinida dan juga germisida.

Di Indonesia, beberapa ulah orang yang tak bertanggung jawab justu menggunakan formalin untuk mengawetkan makanan yang sejatinya sangat di larang oleh kementrian kesehatan. Bahkan beberapa undang-undang dan permenkes juga telah di terbitkan perihal pelarangan penggunaan formalin ini.


Adapun makanan seperti mie basah, bakso, tahu, ikan asin, ikan segar, daging ayam dan seefood merupakan beberapa diantara jenis makanan yang umumnya sering kali di campur dengan formalin. Adapun beberapa ciri mendasar makanan yang mengandung formalin adalah sebagai berikut:

  • Makanan yang mengandung formalin tidak hancur selama 2-3 hari
  • Makanan bisa bertahan hingga 2 minggu bahkan lebih
  • Memiliki tekstur sangat kenyal (pada bakso)
  • Memiliki tekstur kencang dan bau menyengat (pada daging)
  • Agak berbau formalin
  • Dan lainnya

Dampak dan bahaya formalin pada makanan untuk kesehatan tubuh

Berikut adalah beberapa bahaya formalin pada makanan yang sebaiknya perlu anda ketahui dan waspadai.

1. Menyebabkan diare

Pada umumnya, formalin yang terkandung di dalam makanan dan tidak di sengaja di konsumsi manusia dapat menyebabkan seseorang mengalami diare. Hal tersebut makanan yang mengandung formalin mampu mengiritasi lambung.

2. Iritasi saluran pernafasan

Apabila formalin terhirup oleh hidung dan masuk ke sistem pernafasan lainnya, efek yang mungkin bisa di langsung di rasakan adalah rasa panas di hidung maupun tenggorokan hingga bersin dan batuk yang terjadi secara terus menerus. Bahkan seseorang yang terpapar formalin pada kadar tertentu bisa menyebabakan seseorang sesak nafas hingga sulit bernafas.

3. Mual

Pada beberapa kasus yang telah terjadi, apabila tubuh telah terpapar fiormalin, seseorang bisa mengalami nausea atau mual-mual.

4. Kulit menjadi kemerahan

Hal ini merupakan dampak apabila formalin terpapar secara langsung pada kulit. Biasanya, iritasi kulit yang terjadi di tandai dengan warna merah pada permukaan kulit. Bhakan setelah beberapa waktu dampak formalin juga bisa mmbuat kulit terasa menebal, kasar dan juga menjadi keras.

5. Iritasi pada mata

Bahaya yang satu ini bisa saja terjadi saat formalin terurai di dalam udara dan melebihi 0,1 ppm, yang akibatnya membuat mata iritasi dengan gejala mata menjadi berair hingga sensasi terbakar pada mata.

6. Merusak organ pencernaan

Formalin yang tertelan dan masuk ke dalam tubuh manusia juga di ketahui dapat memberikan dampak terjadinya keruksakan dalam organpencernaan. Pada mulanya, mungkin akan muncul sensasi terbakar pada kerongkongan, tenggorokan hingga perut. Bahkan gejala lainnya yang mungkin muncul adalah sulit menlan makanan, pendarahan dalam hingga hilangnya kesadaran.

7. Susah tidur

Jika formalin masuk ke dalam tubuh dan merusak sistem saraf, hal yang paling ringin dan bisa anda langsung rasakan adalah susah tidur atau insomnia. Bahkan dalam jangka waktu yang panjang, orang yang terus menerus terpapar formalin dapat mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi, mudah lupa dan membuatanda menjadi lebih sensitif.

8. Mengalami gangguan menstruasi

Khusus bagi wanita, jika ia tidak sengaja menelan formalin yang nyatanya terdapat dalam makanan tertentu, mampu membuat siklus haid bahkan kesuburan menjadi terganggu.

9. Kanker hidung

Kandungan sifat beracun dan juga zat karsiogenik yang terdapat di dalam formalin di ketahui mampu menyebabakan terbentuknya kanker pada hidung. Hal tersebut lebih beresiko tinggi apabila anda berkali-kali terpapar serta anda mencium bau formalin dalam jangka panjang.

10. Kanker otak

Efek formalin dalam jangka panjang juga dapat membahayakan kesehatan dengan tingkat yang sangat serius hingga mengarah pada kematian. Seperti halnya dapat menyebabkan kanker otak, lantaran di dalam formalin sendiri terkandung zat-zat karsinogenik yang sifatnya dapat menyebabkan sel-sel kanker.

11. Mengganggu proses pertumbuhan anak

Tak dapat di pungkiri, kini formalin juga nyatanya sangat banyak sekali di temukan didalam jajan anak yang di jual di sekolah. Jika anak di biar saja terus-menerus mengonsumsi jajanan yang mengandung formalin, maka dampaknya dapat menyebabkan anak mengalami gangguan dalam proses pertumbuhan mereka.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi dampak buruk penggunaan formalin yang dapat membahayakan kesehatan diantaranya seperti kanker paru-paru, kecacatan janin pada ibu hamil, koma, rasa gatal, sakit kepala, keracunan, bahkan kematian. Adapun selain formalin, masih banyak lagi bahan kimia berbahaya yang nyatanya bisa terkandung dalam makanan seperti boraks. Sehingga mulai sekarang, anda harus cermat dalam memilih berbagai bahan makanan. Sehingga anda dan keluarga anda bebas dari ancaman berbagai bahaya formalin tersebut.

By Nida Saripah - Kesehatan Selasa, 31 Oktober 2017 10:32:54

Related Post :
Tips
Tips Sederhana Jaga Kesehatan…

Penggunaan gadget dapat menimbulkan…

Kesehatan
Manfaat Terapi Bekam Untuk…

Manfaat terapi bekam untuk…

Manfaat
Ini Dia Beragam Manfaat…

Tahukah anda apa manfaat…

Tips
Tips Cara Mengatasi Disfagia…

Tips cara mengatasi disfagia…

Kesehatan
Risiko Kesehatan Dibalik Penggunaan…

Sandal jepit memang sangat…

Kewanitaan
Cara Menghitung Masa Subur…

Cara menghitung masa subur…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
4 Jenis Pantangan Makanan Bagi Penderita Keloid

4 pantangan makanan bagi penderita…

Kesehatan
Pantangan Makanan Penderita Maag Yang Harus Di Hindari

Pantangan makanan bagi penderita maag…

Kesehatan
Cara Mencegah Kanker Serviks dan Kanker Payudara

Cara mencegah kanker serviks dan…

Kirim Pertanyaan
Top