Tips Mudah dan Cepat Atasi Sakit Flu Selain Minum Obat

Share dan Tag Temanmu di :

Dalam cuaca yang tidak menentu, orang mudah sekali terkena flu dan pilek. Hal ini memang sangat sering terjadi. Meskipun sering dianggap sebagai penyakit ringan, namun flu, batuk, dan pilek dapat membuat siapapun tidak nyaman dan tentunya aktivitas sehari-hari akan sangat terganggu.


Untuk mengatasi hal tersebut, obat flu biasanya menjadi pilihan utama para penderita untuk mengurangi gejala flu. Namun, selain itu, ternyada ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi flu tanpa harus minum obat. Berikut ini cara atasi sakit flu selain minum obat yang perlu diketahui, yaitu :

  • Penuhi kebutuhan cairan setiap hari

Ketika sedang sakit, biasanya nafsu makan hilang. Namun, tubuh tetap memerlukan cairan yang cukup agar bisa berfungsi dengan normal. Tercukupinya kebutuhan cairan tubuh bisa membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi karena diare atau muntah. 

Selain itu, kebutuhan cairan yang tercukupi dalam tubuh juga bisa mencegah konstipasi dan mencegah tubuh kehilangan elektrolit. Terlebih lagi ketika Anda mengalami demam, kebutuhan cairan tubuh harus dipenuhi agar cepat sembuh. 

  • Konsumsi cairan kaya elektrolit

Elektrolit seperti kalium dan sodium merupakan senyawa penting dalam tubuh yang bisa memaksimalkan kinerja fungsi sistem organ tubuh. Ketikan kebutuhan elektrolit terpenuhi, maka kadar pH bisa seimbang dan fungsi otot serta pengeluaran racun bisa berjalan secara optimal. 

Beberapa jenis minuman kaya elektrolit yang bisa menjadi pilihan diantaranya adalah air kelapa dan oralit. Selain minuman, buah seperti pisang juga memiliki kandungan elektrolit yang baik untuk proses penyembuhan penyakit. 

  • Penuhi kebutuhan vitamin

Vitamin C, D, dan zinc sangat penting untuk mempercepat proses pemulihan tubuh. Vitamin C memiliki efek antivirus yang kuat, vitamin D bisa mempercepat proses penyembuhan dan mencegah penyakit kambuh lagi. Sedangkan zinc berfungsi untuk mencegah perkembangan virus flu. Asupan vitamin ini bisa didapatkan dari suplemen, minyak hati ikan kod, dan lain sebagainya. 

  • Perbanyak istirahat

Ketika tubuh terasa sakit atau tidak nyaman, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk terus beraktivitas. Berikan waktu yang lebih banyak untuk tubuh beristirahat agar sistem imun tubuh bisa bekerja secara maksimal mengatasi virus penyebab pilek dan batuk. Setidaknya penuhi kebutuhan tidur 7-8 jam perharinya agar cepat pulih. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 31 Oktober 2017 14:03:09

Related Post :
Tips
Cara Mencegah dan Mengobati…

Komedo merupakan salah satu…

Manfaat
Kandungan Dan Khasiat Buah…

Kandungan nutrisi dan khasiat…

Obat Cina
Obat Herbal Kanker Tulang…

Obat herbal kanker tulang…

Kewanitaan
Tanda Dan Gejala Menopause…

Tanda dan gejala menopause…

Alami
Obat Penurun Kolesterol Tinggi…

Obat penurun kolesterol tinggi…

Ibu Hamil
Pengaruh Darah Tinggi Pada…

Ibu hamil yang menderita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Kesehatan
Ingin Tetap Sehat Meski Suka Ngemil ? Ini Tipsnya !

Lakukan beberapa tips berikut agar…

Kesehatan
Salah Membersihkan Telinga Bisa Rusak Sistem Pendengaran

Salah membersihkan telinga dengan memasukkan…

Kirim Pertanyaan
Top