Cara Sehat Untuk Menambah Berat Badan Anak Yang Kurus

Share dan Tag Temanmu di :

Cara sehat untuk menambah berat badan anak berikut ini semoga bisa menjadi solusi untuk anak yang ingin buah hatinya yang kurus bertambah berat badannya. Salah satunya yaitu cukupi asupan nutrisi dan energy nya. Oleh karena itu perhatikan kebutuhan nutrisi si kecil. Dan bila anda merasa anak anda mengalami kekurangan berat badan, maka ada baiknya konsultasikan dahulu pada dokter. Untuk memastikan apakah berat badan buah hati anda normal atau kurang.


Sama seperti orang dewasa, anak-anak pun harus tercukupi kebutuhan gizinya. Hanya saja kebutuhan gizi anak dan orang dewasa berbeda. Berikut ini kebutuhan gizi untuk anak usia 1-3 tahun:

Energi: 1000 kkal
kalsium: 500 mg
Protein: 25 gram
Zat besi: 8 mg

Cara Sehat Untuk Menambah Berat Badan Anak Yang Kurus

Berikan anak anda makan lebih sering namun dengan porsi kecil

Cara menambah berat badan anak yaitu berikan makan lebih sering pada anak anda namun dengan porsi yang kecil. Berilah si kecil makan 5-6 kali sehari namun dengan porsi yang kecil. Selain makan nasi, berikan juga ia camilan sehat setiap harinya.

Ajak anak berolahraga

Olahraga tidak hanya harus dilakukan oleh orang dewasa saja, tapi juga harus dilakukan anak-anak. Salah satu manfaat olahraga untuk kesehatan adalah meningkatkan massa otot. Dan peningkatan massa otot pada anak bisa membantu meningkatkan berat badan anak yang kurus.

Berikan anak camilan yang sehat


Cara meningkatkan berat badan pada anak yaitu berikan ia camilan yang sehat misalnya roti gandum utuh berlapis kacang selai, irisan buah apel dengan keju, roti gulung isi daging atau alpukat, dan buah-buahan. Camilan yang sehat itu adalah camilan yang mengandung nutrisi tinggi dan kalori.

Berikan anak makanan yang berkalori tinggi

Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, anak yang memiliki berat badan kurang juga harus diberikan makanan yang berkalori tinggi.Kebutuhan asupan kalori pada anak usia 2-3 tahun adalah 1000 kkal perhari. Sedangkan anak yang berusia 4-8 tahun sebanyak 1200 hingga 1400 kkal peharinya. Oleh karena itu berikan buah hati yang kurus tersebut makanan atau minuman yang berkalori tinggi. Dan minuman yang berkalori tinggi yaitu jus buah-buahan, susu segar, dan yogurt.

Tambahkan asupan lemak pada anak

Berat badan anak anda tidak naik-naik padalah ia sudah makan banyak. Cobalah untuk menambahkan asupan lemak pada anak anda. Makanan yang mengandung lemak tinggi yaitu sereal oatmeal yang dicampur dengan susu segar.

Cukupi asupan karbohidrat pada anak

Selain menambahkan asupan lemak, berikan juga anak anda makanan yang mengandung karbohidrat seperti buah kering, granola dan kismis. Makanan yang mengandung karbohidrat adalah salah jenis makanan yang sangat cocok dikonsumsi untuk anak anda yang memiliki berat badan kurang.

Itulah cara meningkatkan berat badan pada anak. Bila anak anda tetap kurus padahal sudah makan banyak, maka coba lakukan cara-cara yang telah dijelaskan diatas.

By Rizka Ardiana - Ibu Dan Anak Rabu, 01 November 2017 11:14:52

Related Post :
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal khasiat dan manfaat…

Ibu Hamil
Posisi Tidur Ibu Hamil…

Posisi tidur ibu hamil…

Tips
Tips Agar Lancar Buang…

Ada beberapa tips agar…

Kesehatan
Jenis-Jenis Injeksi Lutut untuk…

Injeksi lutut merupakan salah…

Penyakit
Makanan Yang Dapat Merusak…

Makanan Yang Dapat Merusak…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Berbagai Penyebab Sembelit Pada Bayi Yang Perlu Bunda Ketahui

Ini berbagai penyebab sembelit pada…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top