5 Fakta Sindrom Putri Tidur yang Tidak Banyak Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Beberapa waktu lalu media sosial dihebohkan dengan postingan dari salah satu pengguna facebook mengenai kondisi seorang gadis asal Banjarmasin yang tertidur selama berminggu-minggu. Bahkan sekalipun dibangunkan dengan cubitan atau aksi fisik lainnya, gadis ini tidak bergeming sama sekali. Alhasil, ada yang menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan pengaruh gaib. 

Namun, dari sisi medis, kondisi tersebut disebut dengan sindrom Kleine-Levine atau disebut juga sindrom putri tidur, yang dapat membuat penderitanya tertidur dalam waktu lama. Lalu, apa itu sindrom putri tidur ?


Untuk lebih mengetahui hal tersebut, berikut ini merupakan fakta sindrom putri tidur yang tidak banyak diketahui, yaitu :

Sindrom Kleine-Levine termasuk penyakit yang amsih misterius

Mungkin Anda pernah mendengar kisah tentang putri tidur dalam dongeng. Namun, hal tersebut ternyata terjadi di dunia nyata. Sebuah penyakit kelainan yang akan membuat para penderitanya mengalami tidur selama berhari-hari, bahkan hingga berbulan-bulan. Oleh paraha hli, penyakit ini disebut dengan sindrom Kleine-Levine atau sindrom putri tidur. 

Hingga saat ini masih tidak diketahui penyebab pastinya. Namun, beberapa ahli berpendapat bahwa sindrom ini terjadi akibat gangguan pada salah satu fungsi otak, dimana dengan adanya kerusakan di bagian tersebut membuat seseorang jadi tidak bisa menghentikan aktivitas tidur dalam tubuhnya. 

Kelainan neurologis

Banyak orang yang terkejut dengan kondisi yang dialami oleh Echa, gadis asam Banjarmasin yang mengalami sindrom putri tidur. Hal tersebut wajar, karena kondisi ini terbilang jarang terjadi. Sindrom ini ketahui disebabkan karena adanya kelainan neurologis. Tanda-tandanya pasien akan mengalami durasi tidur yang sangat lama. Dan ketika pasien terjaga, ia akan mengalami masalah kognitif dan perilaku.

Siapa yang bisa mengalami sindrom ini ?

Berdasarkan survei yang ada, kelainan putri tidur ini tergolong sangat langka, kemungkinan hanya ada sekitar 1000 kasus yang terjadi di dunia. Uniknya, meskipun dijuluki sebagai putri tidur, namun hampir 70% dari penderitanya merupakan pria. Walaupun begitu, bukan berarti wanita akan aman dari kelainan unik yang satu ini. Karena juga terdapat kasus sindrom putri tidur yang menyerang wanita. 

Gejala sindrom putri tidur

Setiap penderita sindrom putri tidur mengalami gejala yang berbeda. Namun, pada umumnya penderita akan mengalami disorientasi, kebingungan, halusinasi, lesu, dan juga ketidakpedulian. Mereka bahkan tidak bisa mengurus diri sendiri dan beraktivitas seperti orang lain pada umumnya. 

Bisakah kelainan ini disembuhkan ?

Sampai saat ini masih belum ada teknik penanganan atau obat yang berhasil mengatasi penyakit ini. Beberapa penderita bisa sembuh dengan sendirinya, namun yang lainnya tetap mengalami hal yang sama. Beberapa dokter dan ahli jika sempat merekomendasikan obat seperti amfetamin, methylphenidate, dan modafinil untuk membantu mengatasi dan mengontrol rasa kantuk yang berlebihan. Namun sayang, semua obat tersebut hanya bisa meredakan gejala dan bukan untuk mengobati. 

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 01 November 2017 11:27:08

Related Post :
Obat Kimia
Obat Antibiotik Pelawan Bakteri…

Sulfamethoxazole merupakan obat antibiotik…

Alami
Ini 9 Cara Alami…

Berikut ini adalah berbagai…

Penyakit
Bahaya Kekurangan Enzim Menyebabkan…

Bahaya Kekurangan Enzim Menyebabkan…

Kesehatan
Fakta Mengejutkan Seputar Ganja…

Peredaran ganja di Indonesia…

Ibu Hamil
Tips Keselamatan Berenang Pada…

Tips keselamatan berenang pada…

Obat Kimia
Obat Simvastatin Penurun Kolesterol…

LDL atau kolesterol jahat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Berbagai Pantangan Makanan Bagi Penderita Gatal Pada Kulit

Berbagai pantangan makanan bagi penderita…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Kelenjar Getah Bening

Berikut adalah pantangan makanan bagi…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top