Jangan Abaikan ! Ini Manfaat Ikan Baronang Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Ada banyak jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi dan baik bagi tubuh, salah satunya adalah ikan baronang. Melansir dari Wikipedia, baronang (Siganus Sp.) adalah sekelompok ikan laut yang masuk dalam keluarga Siginidae. Ikan ini dikenal oleh masyarakat dengan nama yang berbeda-beda sesuai spesiesnya, sepeti di Kepulauan Seribu ikan dini disebut kea-kea, di Jawa Tengan disebut biawas, dan nelayan-nelayan di Pulau Maluku menyebutnya dengan nama samadar. 

Ikan baronang termasuk herbovira, panjang tubuh ikan dewasa bisa mencapai 20-45 cm. Tubuhnya membujur dan memipih lateral, dilindungi oleh sisik-sisik yang kecil, dan memiliki mulut kecil dengan posisi terminal. Punggung ikan baronang dilengkapi dengan duri yang tajam mengarah ke depan antara neural pertama dan biasanya tertanam di bawah kulit. Duri-duri ini dilengkapi dengan kelenar biasa pada ujunya. Bisa ini tidak mematikan untuk orang dewasa, namun tetap bisa menyebabkan sakit parah. 


Walaupun ikan baronang memiliki duri yang beracun, namun ikan ini tetap aman untuk dikonsumsi. Ikan baronang diketahui memiliki kanduingan yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti :

  1. Protein yang bermanfaat untuk membantu menutrisi otot dalam tbuh dan meregenerasi sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru.
  2. Lemak yang berfungsi untuk melindungi organ tubuh dengan jumlah takaran sekitar 0.93%.
  3. Karbohidrat dalamikan baronang berjumlah 4,33% sebagai sumber energi bagi tubuh.
  4. Vitamin A baik untuk menjaga kesehatan mata.
  5. Vitamin B12 untuk menutrisi tubuh dari dalam. 

Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, maka tidak heran jika ikan baronang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat ikan baronang bagi kesehatan yang perlu diketahui :

  • Menyehatkan mata

Daging ikan baronang memiliki kandungan vitamin A yang seperti yang diketahui bermanfaat untuk menyehatkan mata. Mata yang sehat terhindari dari rabun jauh dan rabun beberapa. Bagi Anda yang tidak menyukai makanan laut, khsusunya ikan, Anda bisa mendapatkan vitamin A dari sayuran, salah satunya wortel.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Meskipun ikan baronang mengandung lemak, namun lemak yang ada didalamnya ini tergolong HDL yang  baik bagi tubuh. Lemak baik ini akan meluruhkan kristal-kristal garam yang menyumbat di arteri, sehingga tekanan darah menjadi normal kembali.

  • Mencegah diabetes

Ikan baronang memiliki fungsi untuk mencegah diabetes secara alami. Untuk mendapatkan manfaat ini, caranya cukup mudah. Anda cuku pengonsumsi daging ikan baronang yang sebelumnya telah diolah sesuai dengan selera Anda. 

  • Asma

Hingga saat ini, penyakit asma memang bisa disembuhkan, tetapi tidak total. Penyakit asma bisa berhenti dalam waktu tertentu, namun kadang bisa kembali kambuh karena beberapa faktor. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ikan baronang dapat membantu mengatasi asma. Bagi penderita asma, konsumsi ikan baronang secara rutin untuk membantu mengatasi keluhan yang Anda alami. 

  • Mengatasi depresi

Manfaat ikan baronang selanjutnya yaitu dapat membantu mengatasi depresi. Depresi yang dibiarkan dalam waktu yang lama tanpa penanganan dapat mengakibatkan penderitanya mengalami masalah kesehatan. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi ikan baronang secara rutin untuk mengatasi depresi. Ikan baronang dipercaya mampu memulihkan depresi yang dirasakan dan menormalkan kembali mood atau perasaan penderita. 

  • Kanker

Kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Maka dari itu, kanker cukup banyak ditakuti. Namun, dengan mengonsumsi ikan baronang, maka penyakit kanker bisa dicegah. 

  • Baik bagi ibu hamil

Bagi ibu hamil, mengonsumsi ikan baronang sangat baik untuk janin yang ada didalam kandungan. Hal ini disebabkan karena daging ikan baronang mengandung senyawa asam amino. Asam amino bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat dan juga membantu perkembangan otak janin.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 01 November 2017 15:50:40

Related Post :
Alami
Cara Membuat Masker Alami…

cara membuat atau meracik…

Obat Kimia
Obat Kima Untuk Nyeri…

Obat Kima Untuk Nyeri…

Obat Kimia
Obat Simethicone Untuk Mengatasi…

Anda pernah mengalami bersendawa…

Kesehatan
Makanan Untuk Melancarkan Haid…

Makanan untuk melancarkan haid…

Kesehatan
Gejala dan Penyebab Kanker…

Mengetahui dan mewaspadai gejala…

Kesehatan
Pantangan Dan Anjuran Makanan…

Pantangan dan anjuran makanan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Tak Disangka! Lady Gaga Ternyata Idap Pengakit Kronis Ini

Lady Gaga diketahui telah didiagnosis…

Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Buah Leci saat Perut Kosong

Bahaya mengonsumsi leci saat perut…

Kesehatan
Mengenal Gejala Dan Penyebab Komedo Di Wajah

Gejala dan penyebab komedo di…

Kirim Pertanyaan
Top