Tanda Anda Akan Segera Melahirkan Jika Meraskan Hal ini

Share dan Tag Temanmu di :

Salah satu hal yang penting untuk wanita yang tengah hamil yaitu mengetahui tanda bahwa anda akan segera melahirkan, penting karena dengan anda mengetahui hal tersebut akan dapat mempersiapkan proses persalinan lebih matang apalagi jika anda baru pertama kali. Proses melahirkan yang cukup panjang dan sangat melelahkan. Jarak antara tanda-tanda persalinan hingga ke proses bersalin dapat memerlukan waktu hingga 5 jam lebih jadi anda masih dapat mempersiapkan diri.


Perlu anda ketahui tidak semua wanita hamil memiliki tanda yang sama saat akan melahirkan. Pada umumnya, gejala bahwa anda akan segera melahirkan bisa dirasakan seminggu hingga sehari sebelum proses melahirkan berlangsung.

Pada wanita hamil terjadi perubahan fisik dan emosional bisa menjadi tanda bahwa anda akan segera melahirkan. Berikut ini ada beberapa tanda yang mungkin akan dirasakan anda ketika akan segera melahirkan dari segifisik, seperti :

  • Punggung mulai terasa sakit seperti saat sebelum menstruasi.
  • Sulit tidur.
  • Buang air kecil semakin sering karena sebelum proses persalinan berlangsung , janin akan turun kearea tulang panggul sehingga kandung kemih sering disandari oleh rahim.
  • Dari vagina keluar cairan seperti lendir kental yang bercampur darah. Saat hamil serviks anda ditutupi oleh lendir yang kental yang akan membersar saat mendekati persalinan, pembesaran ini yang akan menjadi lendir keluar. Lendir tersebut juga dapat keluar jika anda melakukan hubungan intim saat hamil atau melakukan pemeriksaan vagina.
  • Kontraksi palsu akan anda rasakan yaitu proses pengencangan perut yang datang dan pergi, biasanya berlangsung antara 30 sampai 120 detik dan akan mereda ketika anda berpindah posisi dan dalam kondisi rileks.
  • Bedanya antara kontraksi palsu terjadi didaerah perut atau panggul sedangkan kontraksi sungguhan terjadi pada bagian bawah panggul yang kemudian pindah kebagian perut depan.
  • Rahim akan lebih elastis dan lunak sehingga akan melebar 1 sampai 2 cm, untuk anda yang baru pertamakali melahirkan tidak ada jaminan ke elastisan rahim dapat mencapai 1 cm.
  • Air ketuban pecah tanda paling umum bahwa akan segera melahirkan.

Namun pada umumnya kontraksi lebih dulu terjadi sebelum air ketuban pecah, tidak menutup kemungkinan juga ir ketubah yang pecah lebih dulu kemudian disusul dengan kontraksi sehingga hal tersebut terjadi maka melahirkan akan segera tiba.

Hal yang harus anda perhatikan jika air ketuban telah pecah tetapi tak kunjung merasakan kontraksi, maka kejadian ini cukup beresiko pada bayi yang dapat terinfeksi sebab cairan yang selalu melindungi bayi dari infeksi telah habis keluar maka jika hal tersebut terjadi, proses induksi akan dilakukan untuk keselamatan bayi, jika anda mengalami hal tersebut maka segeralah ke rumah sakit karena biasanya proses melahirkan akan segera terjadi sekitar 24 jam setelah air ketuban pecah. Sedangkan dari segi emosiona; anda akan merasa lebih mudah marah atau sensitif seperti sebelum menstruasi.

Tips Untuk Persiapan Melahirkan

Ketika masa melahirkan telah dekat sebaiknya anda juga mempersiapkan perlengkapan melahirkan supaya saat anda sudah masuk dalam proses melahirkan anda dapat membawa perlengkapan sehingga tak perlu sibuk lagi mencari perlengkapan. Berikut ini ada beberapa perlengkapan yang perlu anda persiapkan, diantaranya :

  • Perlengkapan bayi.
  • Baju dan peralatan bayi.
  • Makanan ringan.
  • Benda yang dapat menghibur anda saat menunggu melahirkan.
  • Bantal dan selimut yang nyaman.
  • Apabila diperlukan boleh membawa kamera jika anda ingin mengabadikan momen indah melahirkan.

Itulah beberapa tanda melahirkan yang harus anda ketahui jika anda ingin merencanakan melahirkan normal yang harus dipersiapkan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Kamis, 02 November 2017 15:34:01

Related Post :
Kesehatan
Pantangan Makanan Penderita Luka…

Pantangan makanan penderita luka…

Alami
Obat Luka Diabetes Tradisional…

Obat luka diabetes tradisional…

Obat Kimia
Obat Penurun Kadar Kolesterol…

Obat penurun kadar kolesterol…

Tips
Tips Mengurangi Lemak di…

Tips mengurangu lemak di…

Kesehatan
Makanan Ini Sebaiknya Tidak…

Sebaiknya makanan ini tidak…

Ibu Hamil
Penyebab Janin Dalam Kandungan…

Selama masa kehamilan, ada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Mengetahui Gejala Penyebab Keputihan Pada Ibu Hamil

Mengetahui gejala penyebab keputihan pada…

Ibu Hamil
Ini Manfaat Dan Risiko Melahirkan Dengan Metode Water Birth !

Berikut adalah berbagai manfaat dan…

Ibu Hamil
Mengenali Penyebab Keguguran pada Ibu Hamil

Keguguran sangat identik dan rentan…

Kirim Pertanyaan
Top