Wajib Tahu! Ini Cara Pencegahan Kanker Lidah Yang Mudah Dilakukan

Share dan Tag Temanmu di :

Cara pencegahan kanker lidah pada dasarnya sangat mudah untuk di lakukan. Hanya saja pola hidup tidak sehat yang di jalani, membuat segelintir orang mengabaikannya. Adapun jika anda ingin terhindar dari kanker ganas yang satu ini, sebaiknya anda menyimak ulasan singkat berikut.


Kanker lidah merupakan tumor ganas yang terjadi pada lidah pada saat pertumbuhan sel-sel pada lidah menjadi tak terkendali. Kanker lidah sendiri masih termasuk ke dalam subkelompok dari kepala dan leher, serta merupakan salah satu tipe kanker mulut (oral cancer) seperti halnya kanker pada bibir, langit-langit keras, lapisan pipi bagian dalam, mulut bawah depan lidah dan juga gusi.

Pada dasarnya, karker lidah ini berkembang dari sel-sel skuamosa. Dan sel-sel lidah yang sebelumnya normal akan tumbuh dan membelah secara teratur hingga menjadi tak terkendali. Sejhingga terbntuklah massa jaringan yang abnormal yang di sebut dengan tumor lidah.

Pada tumor lidah sendiri umumnya bersifat lokal dan tidak menyebar. Adapun untuk istilah 'kanker lidah' berarti tumor lidah yang bersifat ganas, yang dapat menyerang  jaringan sekitar dan menyebar ke bagian tubuh lainnya meskipun jauh, atu yang di kenal dengan istilah metastase.

Gejala dan penyebab kanker lidah

Seperti yang telah di sampaikan pada kesempatan sebelumnya, gejala dan penyebab kanker lidah bisa kita ketahui sejak dini. Untuk gejala kanker lidah sendiri, anda bisa mengetahui dengan ciri-ciri seperti berikut ini:

  • Lidah tersa nyeri berkepanjangan yang biasanya samapi terasa pada rahang.
  • Adanya benjolan atau penebalan di lidah  dan dalam rongga mulut lainnya
  • Lidah mudah bertdarah
  • Adanya bercak berwarna putih atau merah pada lidah, gusi, tonsil atau lapisan mulut lainnta.
  • Sakit tenggorokan atau perasaan ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan dan tidak hilang atau menetap.
  • Lidah mati rasa dan susah untuk di hilangkan.
  • MEngalaMi kesulitan menelan dan mengunyah.

Namun, beberapa kondisi ditas juga nyatanya juga dapat di sebabkan oleh beberapa kondisi lain selain kanker. Sehingga jika anda mengalami berbagai gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Adapun untuk penyebab kanker lidah sendiri belum di ketahui, namun faktor gaya hidup seperti merokok, mengunyah tembakau dan juga sering mengionsumsi alkohol berlebih di anggap sebagai faktor pemicu kanker lidah. Selain itu, bberapa faktor juga bisa meningkatkan peluang seseorang terkena kanker lidah:

- Laki-laki berusia 40 tahun atau lebih.
- Tingkat kebersihan mulut dan gigi yang buruk.
- Mengalami iritasi membran mukosa mulut yang berulang akibat merokok atau mengonsumsi minuman keras.
- Riwayat sariawan yang sering.
- Memiliki daya tahan tubuh yang lemah seperti pada pasien HIV.

Cara mencegah kanker lidah yang mudah dan efektif

Meski hingga saat ini belum ada cara yang di ketahui begitu ampuh sebagai cara mencegah penyakit kanker lidah. Namun tidak ada salahnya jika anda mencoba berbagai langkah berikut ini untuk menurunkan resiko terjadinya kanker yang bahaya ini. Adapun rincian cara menghindari kanker lidah yang bisa anda lakukan sejak dini adalah sebagai berikut.

1. Berhenti merokok

Jika anda perokok aktif, mulai sekarang ada baiknya anda berhenti merokok. Karena selain sangat beresiko menyebabkan kanker mulut, kanker paru-paru dan kanker tenggorokan, merokok juga di ketahui memiliki resiko tinggi menyebabkan kanker lidah. Hal tersebut di karenakan tembakau di dalam rokok sendiri mengandung zat-zat kimia berbahaya yang bisa memicu terjadinya kanker.

2. Menghindari mengonsumsi alkohol

Anda seorang pecandu alkohol? jika anda tidak ingin menderita kanker lidah, sebaiknya mulai sekarang anda tidak lagi mengonsumsi minuman alkohol. Sebab, sering mengonsumsi minuman alkohol sendiri bisa mengiritasi sel-sel di dalam mulut dan juga meningkatkan resiko kanker.

3. Memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang sarat akan kandungan nutrisi dan senyawa yang dapat menyehatkan tubuh. Di dalamnya juga terkandung berbagai jenis vitamin dan juga antioksidan yang dapat membantu mengurangi resiko anda terkena kanker mulut dan juga kanker lidah. Selain itu, dengan mengonsumsi buah dan sayur juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

4. Memeriksakan kondisi mulut ke dokter gigi

Memeriksakan diri ke dokter gigi secara teratur mampu membantu untuk mncegah tumbuhnya sel-sel kanker di dalam mulut. Saat anda memeriksakannya ke dokter, minta dokter untuk memeriksakan bagian mulut secara menyeluruh, untuk mengantisipasi jikalau ada bagian mulut yang terdeteksi mengalami kanker.

Namun, anda juga tak usah berkecil hati, jika tumor ganas itu kini di alami oleh anda. Karena kini telah hadir produk herbal kanker yang unggul dari CV. Jogja Natural Herbal, yakni Walatra Zedioril 7. Pengobatan herbal kanker masa kini yang aman, nyaman dan ampuh. Informasi produk selengkapnya, anda bisa Klik Disini.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada saat ini seputar cara pencegahan kanker lidah yang efektif dan mudah di lakukan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan pengingat bagi kita semua agar lebih waspada lagi akan penyakit yang satu ini.

By Nida Saripah - Penyakit Senin, 06 November 2017 10:39:22

Related Post :
Penyakit
Waspada! Ini Berbagai Gejala…

Waspada! inilah berbagai gejala…

Penyakit
Penyebab Dan Diagnosis Hidrosefalus

Hidrosefalus merupakan sebuah penyakit…

Kesehatan
Sumber Makanan Tinggi Lemak…

Lemak sering dijadikan sebagai…

Kesehatan
Gejala Dan Diagnosis Jantung…

Jantung berdebar lebih cepat…

Tips
Tips Membasmi Cacing Kremi…

Tips pencegahan membasmi cacing…

Ibu Dan Anak
Belajar Mengenali Gejala Sakit…

Belajar mengenali gejala sakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Komplikasi Luka Bakar Akut Yang Perlu Anda Waspadai

Waspadai komplikasi luka bakar akut…

Penyakit
Penularan Cacar Air Pada Anak Di Bawah 10 Tahun

Penularan Cacar Air Pada Anak…

Kirim Pertanyaan
Top