Inilah Khasiat Dan Manfaat Daun Gempur Batu Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun gempur batu di percaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Mulai dari mengobati diare hingga batu ginjal. Adapun untuk sekedar menambah ilmu pengetahuan kita seputar tanaman obat, anda sebaiknya menyimak informasi berikut.


Gempur batu memiliki nama ilmiah Borreria hispida adalah sejenis tanaman obat herbal yang sering kali di jadikan sebagai salah satu komposisi bahan pembuatan jamu. Pada umumnya, tanaman ini sendiri tumbuh liar di daerah yang memiliki cukup air atau agak lembab pada dataran  rendah sampai ketinggian 500 m dpl, seperti ladang, hutan dan lainnya.

Namun tak sedikit pula orang yang menanam tumbuhan ini untuk di jadikan sebagai tanaman hias dengan tujuan yang multifungsi yakni sebagai apotik hidup. Di Indonesia sendiri, tanaman ini memiliki nama lokal seperti hancur batu, remuk sela, bulu lutung, kertas watu dan gempur watu. Adapun dinamakan gempur batu, lantaran tanaman di percaya sangat efektif dalam menggempur atau mengahncurkan batu ginjal dan batu empedu secara alami.

Deskripsi atau ciri-ciri tanaman gempur batu sendiri dapat di kenali dari bentuk daunnya yang hampir menyerupai daun beringin. Tanaman ini juga tidak berbatang lantaran langsung menempel ke tanah. Permukaan daunnya kasar dengan pinggiran bergerigi hijau. Sedangkan tangkai bunganya memanjang dengan warna ungu kecoklatan dan kelopak bunga yang berwarna hijau muda. Adapun untuk mengetahui ciri lebih detailnya, anda bisa melihat gambar di bawah ini.

Kandungan dan manfaat daun gempur batu untuk kesehatan

Di kutip darti berbagai sumber terpercaya, di dalam daun gempur batu terdapat berbagai kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan seperti diantaranya flavonoid, saponin, kalium, dan juga polifenol.

Dan dari berbagai kandungan senyawa tersebut, tidak heran jikalau daun ini memiliki kebaikan tersendiri bagi kesehatan, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengobati penyakit batu empedu

Manfaat dari daun gempur batu yang pertama adalah dapat di manfaatkan sebagai obat penghencur batu empedu alami. Kandungan senyawa sehat di dalamnya mampu menghilangkan batu empedu tanpa harus melakukan operasi. Dengan syarat, anda harus mengonsumsinya secara rutin dan dengan takaran yang jelas.

2. Mengatasi batu ginjal

Selain dapat mengobati masalah batu empedu, masalah batu ginjal juga nyatanya bisa di atasi dengan ramuan herba yang satu ini. Dengan mengonsumsi ramyan ini secara teratur, nantinya batu ginjal akan keluar sendiri bersamaan dengan air kencing. Bahkan tak hanya itu, kandungan dalam daun gempur batu juga mampu menyehatkan ginjal secara menyeluruh.

3. Melancarkan buang air kecil

Kegunaan daun gempur batu lainnya ialaha mampu melancarkan buang air kecil. Lantaran di dalamnya sendiri mengandung sifat direutik yang mampu meluruhkan sekaligus melancarkan buang air kecil, di sampaing kandungannya juga menyingkirkan bakteri yang membuat kencing anda menjadi tidak lancar serta mengganggu kesehatan.

4. Mengatasi wasir atau ambeien

Penyakit wasir juga di percaya mampu di sembuhkan secara alami hanya dengan memanfaatkan daun ini. Caranya cukup dengan mengonsumsi air rebusannya secara teratur hingga wasir anda hilang.

5. Mengobati diabetes

Bagi anda yang kini tengah mengalami diabetes, tak ada salahnya jika anda mencoba memanfaatkan herba yang satu ini untuk menyingkirkan penyakit gula anda. Daun ini sendiri di percaya mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi hingga menjadi normal kembali.

6. Mengobati sakit kuning

Penyakit kuning adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang organ hati atau yang sering di sebut dengan penyakit hepatitis. Adapun untuk pencegahan maupun mengatasinya, anda bisa mengonsumsi air rebusan daun gempur batu secara teratur. Selain itu, mulailah untuk menjaga pola hidup yang sehat.

7. Menurunkan kolesterol

Kandungan yang terdapat di dalam daun gempur batu juga bisa menjadi antikolesterol alami. Sehingga jika anda kini memiliki tingkat kolesterol jahat yang tinggi, anda bisa mencoba menurunkannya dengan menggunakan daun hijau yang satu ini.

8. Mengatasi penyakit maag

Penyakit yang satu ini merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak di derita oleh masyarakat di Negara berkembang seperti halnya Indonesia. Selain dengan obat apotik, terdapat solusi sehat alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi penyakit ini yaitu dengan menggunakan khasiat daun gempur batu, yang mana kandungan di dalamnya di ketahui mampu mengatasi penyakit maag tanpa efek samping.

Selain dari pada itu, masih dapat berbagai khasiat dari daun gempur batu lainnya seperti mampu mengatasi diare, disentri, mengobati gatal pada kulit, mengobati infeksi saluran kemih hingga sebagai antikanker juga lho.

Cara pengolahan daun gempur batu yang tepat

Pada dasarnya pengolahan daun gempur batu yang tepat untuk kesehatan di lakukan dengan cara merebiusnya. Namun khusus, untuk pengolatan batu, hinjal, batu empedu, dan mempelancar saluran kencing, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Cuci berih 4 lembar daun gempur batu serta 7 batang tanaman meniran dan akarnya.
  • Rebus semua bahan bersama 2 gelas air hingga terisa hanya setengahnya.
  • Dinginkan, lalu saring dan minum 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas.
  • Lakukan cara ini secara teratur selama 1 bulan.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat daun gempur batu untuk kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda seputar dunia pengobatan alami.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 07 November 2017 14:46:03

Related Post :
Penyakit
Mewaspadai Penyebab dan Gejala…

Mewaspadai penyebab dan gejala…

Obat Kimia
Obat Clopidogrel untuk Mencegah…

Clopidogrel merupakan salah satu…

Penyakit
Berbagai Komplikasi Penyakit Impetigo…

Berikut adalah berbagai komoplikasi…

Penyakit
Waspadai Penyakit Alzheimer Jika…

Sering mengalami kelupaan terhadaap…

Penyakit
Kenali Gejala Katarak Pada…

Jangan sampai terlambat! yuk…

diet
Ingin Punya Tubuh Kurus…

Menurunkan berat badan memang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Khasiat Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Khasiat manfaat daun kenikir (antermisinin)…

Daun
Daun
Kandungan Gizi Dan Manfaat Daun Lamtoro Untuk Kesehatan

Kandungan gizi beserta khasiat dan…

Kirim Pertanyaan
Top