Ini Ciri-ciri Keputihan Berbahaya Yang Wajib Anda Waspadai!

Share dan Tag Temanmu di :

Ciri-ciri keputihan yang berbahaya pada umumnya sering kali di abaikan oleh sebagian wanita. Padahal kondisi tersebut nyatanya memerlukan penangan yang khusus sebab bisa menjadi tanda dari kondisi serius seperti halnya penyakit kanker serviks. Adapun untuk mendalami dan mengetahui informasi selengkapnya, anda bisa menyimak ulasan singkat berikut ini.


Keputihan merupakan cairan yang berasal dari kelenjar di dalam vagina dan leher rahim. Pada dasarnya, cairan ini berwarna putih agak kental ini memiliki kebaikan ataupun manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti halnya membawa keluar sel-sel mati dan juga bakteri dari dalam tubuh. Sehingga kebersihan vagina tetap terjaga dan juga terhindar dari berbagai jenis infeksi.

Pada wanita yang belum memasuki masa menopause, lendir keputihan dapat di katakatan normal, apabila cairan keputihan yang keluar berwarna bening dan tidak berbau sekitar setengah sendok teh (2-5 ml). Adapun kekentalan lendir keputihan pada setiap wanita bervariasi. Dan biasanya akan lebih kental di masa-masa tertentu seperti saat ovulasi, selama menyusui, ketika gairan seks muncul, masa kehamilan, saat menggunakan alat kontrasepsi hingga sepekan sebelum menstruasi.

Meski begitu, kebiasaan wanita yang membersihkan vagina menggunakan produk pembersih kemaluan yang mengandung pewangi dan antiseptik bisa saja mmbuat keputihan menjadi tidak normal. Begitupun akibatnya bagi wanita yang menggunakan pantyliners setiap hari, menggunakan celana atau pakaian dalam yang ketat, serta menggunakan produk mandi yang beraroma.

Adapun kategori keputihan yang tidak normal atau berbahaya sendiri umumnya dapat menjadi pertanda anda mengidap jenis penyakit tertentu. Mulai dari infeksi hingga sebagai ciri-ciri kanker serviks. Untuk itu, di perlukan pengetahuan yang lebih mendalam akan kondisi ini untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Ciri-ciri keputihan berbahaya yang wajib anda waspadai

Berikut adalah tanda-tanda keputihan tidak normal yang bisa anda kenali sebagai ciri penyakit tentu yang mungkin anda derita.

1. Vaginosis bakteri

Adalah infeksi ringan pada vagian yang di sebabkan oleh bakteri merugikan (patogen). Penyakit ini pada umumnya membuat keputihan berubah warna menjadi putih, abu-abu, ataupun kuning dengan bau amis, terjadinya pembengkakan pada vagina ataupun vulva.

2. Infeksi jamur

Adapun pada kondisi ini, ciri-ciri keputihan tidak normal yang terjadi adalah berwarna putih yang disertai rasa ggatal, bengkak dan rasa sakit di sekitar vulva. Selain itu, saat berhubungan seksualpun vagina akan terasa sakit.

3. Penumpahan lapisan rahim setelah mlahirkan (lokia)

Kondisi ini umumnya menyebabkan keputihan abnormal berupa keputihan yang berubah warna menjadi merah muda.

4. Trikomoniasis

Adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang di sebabakan oleh organisme kecil bernama trichomonas vaginalis. Penyakit membuat keputihan menjadi berwarna kuning atau kehijauan, berbusa dan juga berbau tidak sedap. Kondisi ini pula biasanya membuat vagina menjadi gatal dan juga terasa nyeri saat buang air kecil.

5. Penyakit menular seksual

Kondisi ini pula menyebabkan ketidak abnormalan pada keputihan dengan ciri keputihan berwarna kuning atau keruh yang juga di sertai dengan beberapa kondisi lainnya seperti nyeri pinggul, pendarahan di luar siklus haid, dan juga keluarnya urine tanpa di sadari.

Jika anda mengalami beberapa ciri keputihan yang mencurigakan seperti di atas sebaiknya anda periksakan kondisi anda ke dokter untuk segera mendapatkan penangan yang tepat.

Dan karena keputihan sendiri adalah cara terbaik  tubuh untuk melindungi vagina dan area sekitarnya, penggunaan antiseptik atau pewangi saat membersihkan vvagina  pun di rasa tidak perlu. Cukup dengan menggunakan air hangat dan menggunakan sabun yang tidak mengandung bahan-bahan keras.

Pada umumnya penggunaan antiseptik dan pewangi sendiri justru dapat mengganggu keseimbangan bakteri dan jamur alami pada vagina yang menyebabkan ruam. Selain itu, bersihkan vagian dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri dari anus pindah ke vagina.

Adapun bagi anda yang kini tengah mengalami ketidaknyamanan akibat keputihan abnormal, kini telah hadir solusi alami yang aman dan nyaman untuk menuntaskan masalah keputihan tersebut yaitu dengan walatra bersih wanita kapsul. Pilihan wanita masa kini tustaskan berbagai permasalahan kewanitaan. Adapun untuk informasi selengkapnya, anda bisa klik Walatra Bersih Wanita Kapsul.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar ciri-ciri keputihan berbahaya. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi bentuk kewaspadaan khususnya bagi kaum wanita.

By Nida Saripah - Kewanitaan Rabu, 08 November 2017 11:55:13

Related Post :
Manfaat
Manfaat Buah Sawo Yang…

Banyak manfaat mengonsumsi buah…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Dia Manfaat…

Walaupun rasanya asin, ternyata…

Manfaat
Beragam Manfaat Jambu Biji…

Jambu biji memiliki nama…

Penyakit
Metode Terapi Parkinson Secara…

Metode terapi parkinson secara…

Alami
Inilah Ramuan Tradisional Untuk…

Ramuan tradisional untuk mengatasi…

Tips
Cara Memutihkan Gigi Yang…

Tips dan cara memutihkan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…

  • darah haid menggumpal tanda penyakit apa ?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    darah haid saya menggumpal sebesar ibu jari kurang lebih itu pertanda penyakit apa ya ? saya takut tidak bisa punya anak


Kewanitaan
Hal Sepele yang Bisa Sebabkan Timbulnya Keputihan

Kelembaban pada area kewanitaan bisa…

Kewanitaan
Berbagai Penyebab Mood Buruk Pada Wanita Saat Haid

Inilah berbagai penyebab mood buruk…

Kewanitaan
Mengapa Menstrual Cup Lebih Baik dari Pembalut? Ini Alasannya

Dibandingkan dengan pembalut, penggunaan menstrual…

Kirim Pertanyaan
Top